Tuesday, 31 January 2012

Last Sacrifice

Title : Last Sacrifice (Vampire Academy #6)
Writer : Richelle Mead
Number of Page : 594
Publisher : Razorbill
My rating : 5/5
At last, I finished all the books of the series. I might ramble in this post, so I will warn you that there's gonna be spoiler.

Because this is the last book, I will conclude everything that I feel.

Starting from the good part :
1. Adventure. From the prison break, runaway, hiding, meeting new people, investigation, and revelation... I like all of them. I could not stop reading because they are all interesting part of this book.
2. Suspense. I'm not even sure that's the right word. I tried to guess who murdered the queen. And I thought it would be Daniella Ivashkov, but I was wrong. And the fact that I could not guess correctly proved that this book is beyond my usually clever instinct (LOL). 
3. Certain characters. Of course, I could not stand books that have no likable characters. I like Adrian Ivashkov for his good heart and because he was willing to admit his weakness. He knew he was an addict and he needed Rose as his strength. He also had cheerful personality that lightened up everyone's mood even in bad situation. And the fact that he was one of the character who did not get happy ending made me love him more (haha =.=). Beside Adrian, I also like Abe Mazur for the funny ladies-man way of his and his antique fashion style. I also like Sydney Sage, the serious and competent alchemist who also didn't get happy ending. And the last is Christian Ozera because of his fire-fighting coolness and his sarcasm. He was independent and strong despite of his bad reputation and all.
4. Concept. The new world created by Richelle Mead always amazed me. The political system, strigoi-moroi-human-alchemist-dhampir world, the guardian system... The guardian mantra never stopped getting me chills, I don't know why... They come first...
5. Couples. Okay, I never like Dimitri because for me he didn't seem to have character. He was described as a god, then what? Kind, yes. Passionate, yes. But, nothing special. Boring and bland. However, I like the fact that he ended up with Rose. They deserved each other although I also don't like Rose. Moreover, Lissa and Christian were also a good and suitable pair.
6. Breakup lines. I never felt more hurt than reading the breakup lines said by Rose and Adrian at the end. Damn. It was unfair but yet inevitable. The part when Adrian yelled and clutched his chest like his heart being ripped apart, it was just the best dramatic breakup scenes ever.
7. Dying scene. It's not even important to be mentioned here. But I like these paragraphs in one scene.
My vision was growing dimmer, the blackness and ghosts closing in, and I swore, it was like I could hear Robert whispering in my ear : The world of the dead won't give you up a second time.
Just before the light completely vanished, I saw Dimitri's face join Lissa's. I wanted to smile. I decided then that if the two people I loved the most were safe, I could leave this world. The dead could finally have me. And I'd fulfilled my purpose, right? To protect? I'd done it. I'd saved Lissa, just like I'd sworn I'd always do. I was dying in battle. No appointment books for me. 
Lissa's face shone with tears, and I hoped that mine conveyed how much I loved her. With the last spark of life I had left, I tried to speak, tried to let Dimitri know I loved him too and that he had to protect her now. I don't think he understood, but the words of the guardian mantra were my last conscious thought. 
They come first.

Now, the bad thing :
1. The ending. I believe in happy ending, but I don't believe in perfect ending. And Vampire Academy ending is damned very perfect. Rose got everything she always wanted. And she lost the bond? Seriously, it's kinda unbelievable. All the fuss and problems that she had throughout the series were just vanished. She was Lissa's guardian, Dimitri was Christian's. Then, Lissa was a queen. The weak and doll-like Lissa? It would make more sense if Ariana Szelsky was the queen. 
2. The killer. Okay, the killer wasn't Daniella Ivashkov. I was relieved because I could not stand Adrian got more hurt. But, still. It was so sad. She had already had bad reputation for having Strigoi in the family, ruined face... Oh, the reason Rose took the accusation was so laughable. Jealousy, huh?
3. Main character. Yah... Rose was not that bad. She was willingly to sacrifice everything for protecting Lissa. She was strong and she always fight for her own fate. I liked her when she changed a bit in the second book. But, toward the end she didn't get any better. She was still reckless and annoying. Well, I was still okay with that until she cheated behind Adrian. If she wanted with Dimitri, she should break up with Adrian first before sleeping with Dimitri. Oh, God. When Adrian visited Rose in her dream after she and Dimitri "did" it, I almost wanted to cry seeing Adrian was still happy. He said Rose's aura was glowing, bla, bla, bla... And Rose still didn't say anything. Poor Adrian. Cheating?! I still couldn't believe a main character did something stupid like that. I had no sympathy left for Rose already. 

That's all. I experienced love-hate relationships with this book. And after I finished it, I could not stop thinking about the story. I kept replaying every scenes in my head. Yah... I should admit that Vampire Academy is wonderful, so I give this book five star. 

The last young adult fantasy I read was Hunger Games. I still like the story of HG better than Vampire Academy. But because the writing and plot structures of VA are much more neat than HG, I think that VA is better book than HG.

T.T *cry

I always feel sad whenever I finish book series. But, I really enjoy the journey reading VA.

Vampire Academy Series : 
6. Last Sacrifice

Sunday, 29 January 2012

Enchanting Pleasures

Judul : Enchanting Pleasures (Pleasure #3)
Penulis : Eloisa James
Tebal : 520 halaman
Penerbit : Dastanbooks
My rating : 4/5

Akhirnya bisa baca seri terakhir juga. Memang biasanya karya Eloisa James sedikit membosankan karena terlalu banyak tokoh dan porsi cerita main character-nya yang terganggu. Tapi saya sudah terbiasa dengan style writing dia, jadi ya sudah deh.

Yah... untungnya yang ini bener-bener bagus. (Rating empat bintang berarti bagus, yah... saya mah pelit, kasih lima bintang cuma buat buku yang bikin saya amazed parah sampai nggak bisa tidur...)

Oke, lanjut.

Ceritanya tentang Gabrielle Jenningham yang dibesarkan di India oleh ayahnya yang seorang misionaris. Dia punya maskawin yang besar dan akhirnya dia dijodohkan dengan seorang Viscount Dewland. Dia harus menempuh perjalanan ke Inggris untuk bertemu dengan calon suaminya.

Pewaris gelar Viscount Dewland adalah Erskine "Quill" Dewland. Si Quill ini pernah cedera kepala jadi dia itu selalu migrain kalau melakukan pekerjaan berirama seperti berkuda (jangan tanya pekerjaan yang lain itu apa). Dan dia dipercaya nggak bisa punya keturunan. Nah, makanya dia nggak mau nikah. Dan Peter, adiknya akhirnya menggantikan posisinya sebagai calon suami Gabrielle.

Bertemulah si Quill ini dengan Gaby waktu jemput Gaby di dermaga. Dia pun terpesona. Dengan gaya acak-acakannya dan tidak tahu sopan santun Inggris, Gaby mampu membuat si serius Quill terhibur.

Sementara itu, Peter orang yang sangat rapi dan memperhatikan kesopanan sebel banget sama Gaby. Udah ceroboh, konyol, cerewet pula. Peter stres sendiri, dia nggak mau nikah sama si Gaby.

Tapi Quill mau. Terjadilah kesepakatan. Quill akan melamar Gaby dengan memanfaatkan sifat romantis Gaby. Dia melamar pakai puisi menjijikkan yang bikin saya geli sendiri.

"Aku membara, aku binasa."

"Matamu bagai kelap-kelip bintang."

What???? Sumpah. Quill kan kaku dan dingin. Terus dia melamar pakai macam-macam puisi lebay. Lucu gila...

Cerita setelah mereka menikah cukup rumit. Ada membahas soal putra mahkota India yang dicari-cari pemerintah Inggris, lalu membahas obat migrain supaya Quill nggak sakit lagi setiap kali mereka gituan, belum ditambah secondary character (yang terakhir sih nggak penting +.+). Pokoknya, saya harus mengacungkan jempol buat Eloisa James yang sudah sangat kreatif memanfaatkan sejarah penemuan obat, sejarah India, dan sejarah migrain untuk membumbui cerita ini.

Great story. Favorit dari seluruh buku Eloisa James yang saya baca. Dan seri Pleasure ini juga seri terbaik EJ, menurut saya yah...

Pleasure Series :
1. Potent Pleasures
2. Midnight Pleasures
3. Enchanting Pleasures

Saturday, 28 January 2012

Spirit Bound

Title : Spirit Bound (Vampire Academy #5)
Writer : Richelle Mead
Number of Page : 489
Publisher : Razorbill
My rating : 4/5

It's a bit difficult writing review for this book. Too many plots and stories inside.

Rose had to face the final practical exam for becoming the guardian. Since she had killed strigoi before, the exam was very easy for her. I even think that the exam scenes were not intriguing at all.

After she graduated, Rose and her friends went to the Moroi court to wait for the assignments. However, Rose had another plan. Dimitri had sent her many letters showing love and hate at the same time. He also wanted to find and kill her. But, Rose wanted to save Dimitri. She thought strigoi could be brought back to their original form (dhampir/moroi/human). And the only person who might know about this was Victor Dashkov's half-brother, Robert.

No one knew where Robert was, except Victor. Because Victor was in jail, Rose planned to break into jail and free him. This part was very interesting. I like the adventure and the action. Rose with Lissa and Eddie had to find a brilliant trick to save Victor.

At last, they met Robert. And it was true, strigoi could be brought back.

The plot was quite fast. A strigoi attack, Lissa and Christian captured by Dimitri, and rescue mission. Well, I had to say I was a bit disappointed here. The action was too fast that there was no tension built. I could not feel the thrill and the dangerous-you-must-be-careful feeling. Brief and simple. Suddenly, everything was done. Dimitri was dhampir again.

This book was full of politics, I think. There were a lot of discussions and meeting associated with moroi laws and decrees. They were making a new adjusment. And Rose did not like the new adjustment. She complained and even insulted Queen Tatiana in front of The Council because of the stupid adjustment.

Then, the next day Queen Tatiana was found dead in her bedroom. She was murdered. And the most possible culprit? Rose, of course. She was the one who expressed a lot of hatred to the queen the day before.

I like the story a lot. It is very complicated and deep, sometimes I think it doesn't feel like young adult novels. There are some boring parts here and there, but I still like the book very much.

However, I don't like Rose. Okay, she is bad-ass and tough. I don't like stupid and weak heroine, and Rose is far from weak. But, she is... how to say? I think she doesn't know the term "respect". She does whatever she wants the way she likes it. She loves Dimitri and yet she is blood-whoring with Adrian. She uses Adrian a lot of times, uses his money, uses his influences... Even she doesn't care that Adrian truly loves her. And the stupid thing is Adrian understands and wants to accept those. Okay, love makes people blind. But seriously? Rose should be able to restrain herself. Make decision! She has chosen Adrian and she should deal with that choice. If she still wants to pursue her love with Dimitri, at least she should break with Adrian first, not two-timing him.

The worst is Rose doesn't respect the moroi's council. Okay, she doesn't agree with their decision. But, at least don't be a crazy maniac who insults the queen in front of a lot of people. That only shows how shallow she is, cannot control the emotion at all. She just ruins her own reputation. Well, I know it's for the sake of the story. If Rose is not like that, then the story would be very flat. But, it's just a very bad example, especially comes from the main character. 

Yah... that's my opinion. I still give the book four stars for the story and all. I never lower my rating just because I don't like the characters. Bad and unlikable characters are the ones who make a story more colourful. Kind and holy characters are boring, hehehe...

Wednesday, 25 January 2012

A Tree Grows in Brooklyn

Judul : A Tree Grows in Brooklyn
Penulis : Betty Smith
Tebal : 664 halaman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
My rating : 5/5

Banyak cerita fiksi menceritakan tentang keanehan-keanehan dalam dunia fantasi, cerita cinta seperti dunia dongeng, misteri detektif yang sangat jenius, dan hal-hal luar biasa lainnya.

Sementara buku ini hanya bercerita tentang kehidupan. Kita tidak akan menemukan kejadian-kejadian luar biasa di dalamnya. Kita hanya akan menemukan seorang anak kecil bernama Francie Nolan menceritakan apa yang dia lihat dan dia alami seiring dirinya bertambah dewasa.

Francie Nolan hidup di sebuah pemukiman miskin di Williamsburg, Brooklyn. Sehari-hari ia berjalan melintasi jalan di kotanya itu dan bertemu dengan orang-orang yang menurutnya aneh. Ada pemilik toko yang membeli sampah yang dikumpulkannya, ada penjaga perpustakaan yang tidak pernah mendongak melihat wajahnya setiap ditanya, ada penjual lotre mainan anak-anak, dan masih banyak lagi. Bersama Neeley, adiknya, mereka menjelajahi tempat mereka tinggal seperti layaknya anak kecil yang berpetualang.

Ayah Francie, John seorang pemabuk. Tapi Francie sangat menyayangi ayahnya itu. Kemampuan John hanyalah bernyanyi, namun sekalipun begitu ia adalah ayah yang tulus, lucu, dan sangat bangga pada anak-anaknya. Saya sendiri terharu melihat usaha-usaha John untuk membuat anak-anaknya senang. Hanya dari hal-hal kecil, John benar-benar memperhatikan kedua anaknya.

Ibu Francie, Katie adalah wanita berkemauan keras dan berpendirian teguh. Dialah tulang punggung keluarganya karena John tidak begitu bisa diandalkan. Keinginannya cuma satu. Ia ingin semua anaknya berpendidikan. Sekolah, sekolah, sekolah... supaya mereka bisa terlepas dari jerat kemiskinan dan hidup dengan lebih baik. Saya mengagumi Katie karena kerja kerasnya. Bahkan saat dia hamil pun, dia tetap ngotot terus bekerja. Demi anak-anaknya, demi supaya mereka bisa makan, demi supaya mereka tetap bisa sekolah.

Banyak sekali kejadian kecil di buku ini yang membuat saya mencintai semua tokoh-tokohnya dengan segala kekurangannya. Francie yang keras kepala namun juga sangat dewasa. Ada satu kali dia mau disuntik. Sang dokter menghinanya sebagai anak kecil yang kotor dan miskin. Tapi Francie terakhir bilang, "Adikku yang berikut. Tangannya sama kotor dengan tanganku, jadi jangan kaget. Dan kau tidak perlu memberitahunya. Kau sudah memberitahuku."

Francie senang membaca dan berimajinasi. Ia tidak punya teman dan ia melampiaskan segala emosinya dalam tulisan. Ia selalu mendapatkan nilai A untuk karangannya di sekolah. Tapi sejak ayahnya meninggal dan hidup di keluarganya jauh lebih sulit, ia tidak lagi suka mengarang yang indah-indah. Dia menceritakan kemiskinan, kelaparan, sebagaimana adanya. Dan gurunya memberi dia nilai C. 

"Ada apa dengan tulisan-tulisanmu, Frances?"
"Aku tidak tahu."
"Kau salah satu murid terbaikku. Karanganmu sangat indah. Aku menikmati karya-karyamu. Tapi yang belakangan ini..."
"Aku memeriksa ejaannya, menulis dengan hati-hati, dan..."
"Aku berbicara tentang topikmu."
"Kaubilang kami bisa memilih topik kami sendiri."
"Tapi kemiskinan, kelaparan, dan mabuk-mabuk adalah topik yang tidak baik. Kita semua tahu hal-hal itu ada. Tapi orang tidak menulis soal itu semua."
"Orang menulis tentang apa?"
"Orang menggali imajinasi dan menemukan keindahan di sana. Seorang penulis, sama seperti seniman, harus selalu mencari keindahan."
"Apa itu keindahan?"
"Menurutku tidak ada definisi yang lebih baik daripada kata Keats: 'Keindahan adalah kebenaran, dan kebenaran adalah kebenaran.'"
"Kisah-kisah itu benar."
"Omong kosong! Yang kita maksud kebenaran, contohnya seperti bintang-bintang yang selalu ada, matahari yang selalu terbit, serta sifat baik manusia, kasih ibu, dan cinta tanah air."
"Aku mengerti."
"Senang mabuk-mabukan bukanlah kebenaran ataupun keindahan. Itu kejahatan. Pemabuk harusnya berada di penjara, bukan dalam cerita. Dan kemiskinan. Tak ada alasan untuk itu. Ada cukup banyak pekerjaan bagi semua yang ingin bekerja. Orang-orang jadi miskin karena terlalu malas untuk bekerja. Kemalasan tidak indah."
(Bayangkan Mama malas!)
"Kelaparan tidak indah. Itu juga tidak perlu terjadi. Kita punya kegiatan derma. Tak seorang pun perlu kelaparan. Nah, aku bukan orang sombong. Aku tidak berasal dari keluarga kaya. Ayahku pendeta dengan gaji yang sangat kecil."
(Tapi itu tetap gaji, Miss Garnder.)
"Satu-satunya bantuan yang dimiliki ibuku adalah sederet pembantu yang tidak berpengalaman, kebanyakan gadis-gadis desa."
(Oh begitu. Kau miskin, Miss Garnder, miskin tapi punya pembantu.)
"Kami sering tidak punya pembantu dan ibuku harus melakukan semua pekerjaan rumah sendiri."
(Sedangkan ibuku, Miss Garnder, harus melakukan semua pekerjaan rumah sendiri, dan ya, berikut sepuluh kali lipat kegiatan bersih-bersih dibanding itu.)
"Aku ingin masuk universitas negeri, tapi kami tidak punya biaya. Ayahku harus mengirimku ke sekolah tinggi biasa."
(Tapi akuilah kau sama sekali tidak kesulitan mendapat pendidikan tinggi.)
"Dan percayalah, orang miskin yang kuliah di situ. Aku  juga tahu apa artinya lapar. Gaji ayahku sering tersendat dan tak ada uang untuk membeli makan. Kami pernah hanya bisa minum teh dan makan roti selama tiga hari."
(Jadi kau juga tahu apa artinya lapar.)
"Tapi aku pasti jadi orang membosankan kalau aku hanya menulis tentang kemiskinan dan kelaparan, betul, kan? Betul, kan?"
"Ya, Ma'am."

Saya ikut kesal, marah, iri hati, juga senang bersama Francie. Saya ikut melihat bagaimana Francie berubah dari anak-anak yang percaya pada dongeng menjadi remaja berpikiran realistis dan menyadari kenyataan di sekitarnya. Saya harus acungkan jempol pada setiap tokohnya karena mau berjuang dan bersusah payah bekerja demi terus hidup dan bertahan. 

"Tuhan yang baik, biarkan aku menjadi sesuatu setiap menit dalam setiap jam hidupku.  Biarkan aku bahagia; biarkan aku sedih. Biarkan aku kedinginan; biarkan aku merasa hangat. Biarkan aku kelaparan... terlalu banyak makan. Biarkan bajuku compang-camping atau rapi.  Biarkan aku jadi tulus-jadi penuh muslihat. Biarkan aku jujur; biarkan aku jadi pembohong. Biarkan aku jadi terhormat dan biarkan aku berdosa. Tapi biarkan aku jadi sesuatu dalam setiap menit yang penuh berkah. Dan saat aku tidur, biarkan aku terus bermimpi supaya tak ada satu pun kepingan kehidupan yang terlewat." 

Novel klasik ini meninggalkan kesan warm, bittersweet, and even it made me smile after I finished the last sentence. Hidup ya seperti itu. Ada senangnya, ada susahnya. Bahkan di saat susah pun, akan selalu ada pertolongan jika kita sungguh-sungguh berdoa dan meminta. Betapa pentingnya menjaga hubungan antar sesama keluarga dan bagaimana perbuatan baik akan berbuah pada kehidupan yang baik juga.

Seperti Francie dan Neeley, saya sangat menikmati membaca buku ini. Bagi mereka, pahit-manis kehidupan miskin adalah anugerah karena mereka bisa bersenang-senang jauh lebih banyak daripada anak-anak kecil lainnya.

Dan bagi saya sendiri, novel ini mengajari bagaimana caranya mencintai sebuah kehidupan.

Sekilas tentang penulis :
Betty Smith bernama asli Elisabeth Wehner lahir di tempat yang sama dengan Francie Nolan pada tanggal 15 Desember 1896. Sebagai putri dari imigran Jerman, ia harus hidup sebagai anak miskin di Williamsburg, Brooklyn, dunia yang ia deskripsikan dengan detail di novel A Tree Grows in Brooklyn. Ia bahkan sempat keluar dari sekolah di usia 14 tahun demi membantu menafkahi ibunya. Setelah menikah dengan George H.E. Smith, Betty pindah ke Ann Arbor, Michigan. Mereka punya dua anak perempuan, Nancy dan Mary. Seperti tokoh Francie, ia tidak pernah menamatkan SMA-nya. Ia belajar secara autodidak sehingga akhirnya boleh mengambil beberapa mata kuliah di universitas. Ia menyukai jurnalisme, sastra, drama, serta menulis.

Tuesday, 17 January 2012

The Painted Veil

Judul : The Painted Veil
Penulis : W. Somerset Maugham
Tebal : 304 halaman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
My rating : 4/5

Warning : Spoiler!

Cerita dimulai dengan Kitty yang sedang ketakutan. Ia sedang berselingkuh dengan Charlie sewaktu mendengar suara dari luar pintu kamarnya. Ia tidak mau ketahuan oleh suaminya, Walter.

Dari situ kita dibawa ke masa lalu saat Kitty bertemu dengan Walter. Ia tidak mengenal pria itu sekalipun mereka sudah berdansa berkali-kali. 

Kitty terkenal sangat cantik. Banyak pria mengantri untuk menjadi suaminya. Bahkan ibunya sendiri pun lebih menyayanginya dibanding adiknya yang jelek. Dan itu membuat Kitty menjadi sombong dan juga manja. Ia seenaknya jual mahal dan menolak semua pria yang melamarnya.

Walter Fane adalah seorang ahli bakteri yang kikuk dan pemalu. Ia jatuh cinta pada Kitty dan ingin menikahinya. Beruntung, waktunya tepat. Saat itu adik Kitty akan menikah dan Kitty tidak mau dilangkahi duluan oleh adiknya yang jelek. Ia menerima lamaran Walter dan pindah ke Hongkong, tempat suaminya itu bekerja.

Tidak ada cinta yang dimiliki Kitty untuk Walter. Ia bahkan bosan dengan semua obrolan yang dilontarkan suaminya. 

Sampai ia bertemu Charlie Townsend, seorang Asistan Sekretaris Koloni yang sudah berkeluarga. Mereka jatuh cinta dan berselingkuh di belakang pasangan masing-masing.

Walter tidak bodoh, tentunya. Ia tahu dan ia merasa terhina.

"Aku tidak punya ilusi apa pun tentang dirimu," kata Walter. "Aku tahu kau bodoh, dangkal, dan berkepala kosong. Tapi aku mencintaimu. Aku tahu tujuan-tujuan dan cita-citamu vulgar dan norak. Tapi aku mencintaimu. Aku tahu kau tidak bermutu. Tapi aku mencintaimu. Konyol kalau kupikir betapa kerasnya aku berusaha merasa terhibur dengan hal-hal yang kausukai, dan betapa inginnya aku menyembunyikan darimu bahwa aku tidaklah bebal, vulgar, suka bergosip, dan tolol. Aku tahu betapa takutnya kau pada kecerdasan, dan aku berusaha sebisa mungkin untuk membuatmu mengira bahwa aku sama tololnya seperti lelaki-lelaki yang kaukenal. Aku tahu kau mau menikah denganku hanya supaya tidak kehilangan muka. Tapi aku sangat mencintaimu, jadi aku tidak peduli. Kebanyakan orang, sejauh yang kulihat, kalau mereka mencintai seseorang dan cinta mereka tidak berbalas, mereka akan merasa sangat sedih. Mereka menjadi marah dan getir. Aku tidak seperti itu. Aku tidak pernah mengharapkan kau mencintaiku, aku tidak melihat alasan apa pun yang membuatmu bisa mencintaiku, aku tidak pernah menganggap diriku sangat layak dicintai. Aku bersyukur sudah diperbolehkan mencintaimu, dan aku sangat bahagia kalau sesekali kupikir kau merasa senang padaku, atau kalau kulihat di matamu ada sedikit saja binar-binar rasa sayang. Aku mencoba tidak membuatmu bosan dengan cintaku; aku tahu itu tidak boleh terjadi, dan aku selalu waspada memperhatikan kalau ada tanda-tanda kau mulai tidak sabar dengan kasih sayangku. Apa yang oleh sebagian besar suami dianggap sebagai hak mereka, rela kuterima sebagai sesuatu yang diberikan karena belas kasihan."

"Kalau seorang lelaki tidak mempunyai apa yang dibutuhkan untuk seorang perempuan mencintainya, maka itu adalah kesalahan si lelaki, bukan si perempuan," balas Kitty.

Walter mengharuskan Kitty menemaninya ke Mei-tan-fu, desa di Cina tempat epidemi kolera merajalela. Tapi Kitty tidak mau. Namun Walter memberi pilihan. Kalau Kitty tidak mau ikut, maka Walter akan menuntut perceraian atas dasar perselingkuhan. Pada zaman itu kalau wanita ketahuan berselingkuh dari suaminya di depan umum, reputasinya akan hancur dan si wanita akan sangat dipermalukan. 

Kitty marah karena pilihan itu tidak adil. Jadi, akhirnya Walter berbaik hati akan mengajukan tuntutan cerai diam-diam dengan syarat Charlie mau menikahi Kitty.

Oh, Walter tahu sekali. Charlie tidak pernah mau menikahi Kitty. Charlie adalah si narsis yang lebih menyukai jabatannya di pemerintahan dan reputasinya yang tak tercela. Dan Kitty sangat malu juga sedih karena Charlie menolaknya. Patah hati, ia memutuskan untuk mengikuti Walter.

Kitty mengira Walter ingin dirinya mati dengan membawanya ke tempat kotor, jorok, miskin, dan penuh pasien kolera. Namun pada akhirnya ia tetap pasrah karena akhirnya ia mengerti kenapa Walter menghukumnya seperti itu. 

Kitty bergabung dengan para biarawati Perancis yang rela tinggal di situ untuk merawat pasien-pasien kolera. Seiring dengan berjalannya waktu, Kitty bertambah dewasa. Bahkan ia sadar  kalau Walter adalah orang yang sangat baik. Seluruh desa memuji suaminya yang rela bekerja keras merawat pasien dan mencari cara untuk mencegah penyebaran penyakit itu.

Sebenarnya saya berpendapat cerita ini bagus sekali. Cuma sayang sekali ending terlalu kejam. Sampai akhir Kitty tidak pernah mencintai Walter dan saya sendiri jadi tidak bisa punya simpati untuk Kitty. Memang dia berubah, tapi jahat sekali kalau dia tetap tidak membalas perasaan suaminya sampai di akhir. Bahkan Kitty masih tetap mencintai Charlie. Dasar memang bodoh atau apa. Satu-satunya kebaikan Kitty di akhir hanyalah keputusannya untuk membesarkan anaknya dengan sangat baik supaya tidak menjadi orang seegois dan sedangkal dirinya sendiri.

Selain itu, saya tidak terlalu suka buku dengan sudut pandang orang pertama ataupun sudut pandang orang ketiga yang tidak tahu segalanya. Saya jadi gemas sendiri karena tidak tahu keseluruhan ceritanya. Sama seperti buku ini. Buku ini diceritakan dari sudut pandang Kitty sehingga sampai akhir saya tidak tahu apa sih perasaan Walter sebenarnya. Apa dia datang ke Mei-tan-fu untuk bunuh diri dan sekalian mengajak Kitty? Apa dia masih mencintai Kitty? Saya ingin tahu hal-hal seperti itu.

Satu-satunya petunjuk perasaan Walter di akhir adalah kata-kata sebelum kematiannya yang diambil dari baris terakhir puisi An Elegy on the Death of a Mad Dog karangan Oliver Goldsmith.

An Elegy on the Death of a Mad Dog

Good people all, of every sort,
Give ear unto my song;
And if you find it wondrous short,
It cannot hold you long.

In Islington there was a man,
Of whom the world might say
That still a godly race he ran,
Whene'er he went to pray.

A kind and gentle heart he had,
To comfort friends and foes;
The naked every day he clad,
When he put on his clothes.

And in that town a dog was found,
As many dogs there be,
Both mongrel, puppy, whelp and hound,
And curs of low degree.

This dog and man at first were friends;
But when a pique began,
The dog, to gain some private ends,
Went mad and bit the man.

Around from all the neighbouring streets
The wondering neighbours ran,
And swore the dog had lost his wits,
To bite so good a man.

The wound it seemed both sore and sad
To every Christian eye;
And while they swore the dog was mad,
They swore the man would die.

But soon a wonder came to light,
That showed the rogues they lied:
The man recovered of the bite,
The dog it was that died.

Mungkin si Walter menganggap dirinya seperti anjing dalam puisi itu. Yang berarti dia tetap setia mencintai Kitty sampai akhir tapi terlalu sakit hati hingga tidak bisa memaafkan perbuatan Kitty.

Walter, baik sekati kau... T.T

Very depressing. Tapi saya suka sih karena kebetulan saya lagi demen cerita yang muram dan lonely kayak gini. Haha...

Buku ini telah diadaptasikan ke film sebanyak tiga kali. Yang terakhir dibuat tahun 2006 dengan judul yang sama dan diperankan oleh Naomi Watts (Kitty) dan Edward Norton (Walter). Filmnya jauh lebih bagus dari bukunya karena dibuat sedikit berbeda. Eksekusi endingnya juga tidak sekejam di novel dan romance-nya lebih kerasa. Hehe...

Berikut trailernya. Saya suka tagline-nya di akhir : "Sometimes the greatest journey is between the distance of two people."

Thursday, 12 January 2012

Cinta Di Atas Awan

Judul : Cinta Di Atas Awan
Penulis : Glenn Alexei
Tebal : 278 halaman
Penerbit : Media Pressindo
My rating : 2/5

Saya beli buku ini karena cover-nya. Sangat soothing entah kenapa. 

Cerita dimulai dengan pertemuan Karina dengan Jimmy di pesawat tempat Karina bekerja sebagai pramugari. Jimmy sedang tidak enak badan dan Karina menolongnya untuk membeli obat. Bagi Jimmy, itu cinta pada pandangan pertama.

Mereka bertemu untuk kedua kalinya di bandara. Tanpa membuang waktu, Jimmy langsung meminta nomor ponsel Karina. Dan sejak itulah mereka dekat.

Oke, saya harus jujur. Bagian ini super cheesy sih. Sebagian orang akan menganggapnya romantis. Tapi nggak tahu kenapa saya kurang suka. Menurut saya, Jimmy terlalu gombal dan mengumbar cinta.

Mereka berpacaran jarak jauh. Jadi, sulit juga. Saat Karina jatuh sakit pun, Jimmy tidak bisa berada di sisinya.

Dan hadirlah Alvin, seseorang dari masa lalu Karina. Anehnya, pertemuan Alvin dan Karina selalu kebetulan. Bahkan setiap kali Karina pingsan, Alvin hampir selalu ada di sana untuk menolongnya.

Ternyata Karina punya kelainan tulang belakang akibat kecelakaan masa kecilnya. Tulang belakangnya menekan rahimnya sehingga ia sering merasa sakit. Dokter menyarankan untuk operasi tapi Karina tak punya uang. Ia hanya bisa membeli obat pereda rasa sakit yang sepertinya persediaannya selalu habis di apotek.

Dan saat itulah Karina diperkenalkan pada Lady M. Seorang wanita asing menawarkan obat itu dengan harga murah. Ternyata obat itu mujarab. Karina pun menjadi langganan sang wanita.

Dari situlah, Karina jatuh ke dalam dunia candu.

Sebenarnya ceritanya unik. Bahkan boleh dibilang, ceritanya tidak bisa ditebak. Tapi sayang gaya bahasanya kaku dan agak aneh. Kurang enak dibaca. Pendalaman karakternya juga kurang. Alvin dan Jimmy terasa seperti tempelan saja. Yah, mungkin karena ini karya pertama si penulis kali ya. Next time pasti lebih bagus lagi dari ini.

Tapi saya cukup suka dengan ceritanya.

Wednesday, 11 January 2012

Lady Sophia's Lover

Title : Lady Sophia's Lover (Bow Street Runners #2)
Writer : Lisa Kleypas
Number of Page : 384
Publisher : Avon
My rating : 4/5

Sir Ross Cannon, the chief magistrate of Bow Street Runners had been celibate for a long time since his wife passed away. But when Sophia Sydney came to his office to apply for job, he wanted her at once.

Sophia herself had hidden purpose. She came to Bow Street to become Ross' assistant so that she could find anything that might help her destroy Ross, the man she hated. She wanted to take revenge for her brother's life, John. Ross had thrown John to the cell full of cholera patients resulting his death.

She took care Ross, slowly seduced him so that Ross would fall in love with her. She wanted to break his heart and also his reputation.

But, what she didn't expect was that she fell in love with him in the process.

Simple and ordinary plot. But, I like this more than its prequel Someone To Watch Over Me because of the romance and the suspense. The chemistry between Ross and Sophia was mild but also sweet. I really like the part where Ross bought her pink rose when he accompanied her to the market. And I like how Sophia forgave Ross instantly once she fell in love with him. Although I could easily guess the mystery behind John's death, I was very satisfied with the solution from Ross at the end.

Oh, I must say that this novel is sizzling hot. Too much love scenes. I also think some parts after their marriage are boring. But, I still like the story because of the characters themselves. Both hero and the heroine had their own scars from the past and it made me feel the sympathy for them.

Nice book, four stars! 

Sunday, 8 January 2012


 Judul : Lullaby
Penulis : Rina Suryakusuma
Tebal : 240 halaman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
My rating : 4/5

Terkecoh... tertipu... aihh!! Saya berhasil dibuat kaget dengan ceritanya. Sumpah, saya nggak nyangka banget ternyata begitu. Unpredictable!

Mengisahkan dua saudara kembar bernama Audy dan Rose. Audy menderita kelainan jantung sejak kecil sementara Rose, kakak kembarnya yang lebih pendiam sehat walafiat. Karena itulah seluruh anggota keluarga lebih mempedulikan Audy. Mereka semua bersikap seakan Rose nggak penting, seakan Rose nggak ada. Dan Audy jadi kasihan sama Rose. Dia bahkan nggak berani menggapai kebahagiaannya sendiri, yaitu menerima cinta Mardi, pria yang sangat setia mendampinginya. Si Mardi ini sabar banget deh nunggu si Audy padahal Audy nolak dia berkali-kali. 

Nah, alasan Audy menolak Mardi itu karena dia nggak mau meninggalkan Rose sendirian. Si Rose kan tipe penyendiri, sibuk kerja, dan nggak suka gaul. Audy cemas. Dia mau Rose menemukan cinta sejatinya supaya Audy sendiri bisa mengejar kebahagiaannya dengan bebas. Si Audy ini baik dan penyayang banget deh. 

Masalahnya sederhana kan? Tapi di tengah cerita, kita bakal dibawa pada pengungkapan kebenaran yang sangat mengejutkan. Wow!

Ini novel kedua Rina Suryakusuma yang saya baca. Sebelumnya saya membaca Jejak Kenangan dan saya cukup suka dengan novel itu. Tapi saya lebih suka Lullaby karena twisted plotnya dan juga karakter tokoh utamanya yang cukup kuat. 

Nice book!

Satu keluhan dari saya : kurang tebel, mau Mardi dan Audy yang lebih banyak... hehehe

Saturday, 7 January 2012

Between Shades of Gray

Title : Between Shades of Gray
Writer : Ruta Sepetys
Number of Page : 346
Publisher : Penguin USA
My rating : 5/5 

Set in 1941...

It was at the time of World War II when Lina Vilkas, her brother (Jonas), and her mother (Elena) were taken by NKVD officers. NKVD is the public or secret police of Soviet Union during Joseph Stalin era. Without knowing anything, the three of them obeyed because they were all scared. 

The story was told in first POV from Lina. She wondered whether they were arrested. She were also panicked since her Papa was not with them. 

Treated like prisoners, they were trapped in a truck for days with other people. There were teacher, collector, librarian, and many more. They didn't get food or drink regularly. 

At last they arrived at train station. They were loaded into the train wagon like cattles. Later they would all shared places of sleep, decide where to pee, and more. The journey of hundreds days began, from Kaunas (Lithuania) to Trofimovsk (North Pole). 

This was the story of struggle in time of difficulties. We could see how far the strength of a person could last. They might not like each other, but they were forced to work together so that they could survive a little longer. Some were stubborn, some were stupid, some were selfish... The book told a journey of meeting variously different people. 

Lina learnt a lot. She saw that the world around her was not fair, that she could not do anything about that. She saw her mother helping other people without hoping anything in return, treating all people in the same manner. She saw her younger brother changing from a small boy to a dependable teenager who was never hesitated to protect his family. Even bad people also had good sides. Don't judge people from appearances. There were always reasons behind everything.

And Lina found herself falling in love with the guy named Andrius Arvydas. She hardly knew him. Sometimes she misunderstood him just because she was afraid of loving others. But Andrius was a good person, less talk and more action.

Years of working and suffering. Through winter, summer, and sickness... 

I like the story very much. Full of humanity and morals. I also like the part where Lina told the memories of her family and friends before the deportation, her dreams of becoming a painter like Edward Munch... It was so real and ordinary like our own lives. But, her life was shattered... imprisoned without commiting any crimes...

This book left me with sadness, warmth, and hollow. I feel pity for Lina and others, and yet I liked seeing them care for each other. I know that these things really happened in the past although this book is just a fiction based on memories from survivors. I can't imagine what kind of lives that those real survivors had. So sad.

Anyway, this is a good book... Indeed. Ruta Sepetys's writing is very simple and yet full of meaning. Love it!

Thursday, 5 January 2012

Dunia Sophie

Judul : Dunia Sophie
Penulis : Jostein Gaarder
Tebal : 800 halaman
Penerbit : Pustaka Mizan
My rating : 4/5

Buku awal tahun yang sangat berat. Saya bacanya pelan-pelan soalnya perlu dicerna isinya.

Seperti petunjuk di sampul bukunya, Dunia Sophie adalah novel filsafat. Di dalamnya diceritakan sejarah filsafat mulai dari para filosof alam, Socrates, Plato, Aristoteles, filosof abad pertengahan hingga filosof masa kini. Saya suka sekali dengan cara Jostein Gaarder menjelaskan pemikiran para filosof tersebut juga latar belakang mereka. Sederhana dan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. 

Cerita dimulai dengan Sophie yang menerima surat dari orang tak dikenal. Surat itu bertuliskan : "Siapa kamu?" Dari situlah dimulai perjalanan dan petualangan Sophie belajar filsafat dari orang asing itu yang bernama Alberto Knox. Alasan Sophie harus belajar filsafat adalah karena seorang mayor jenderal di PBB bernama Albert Knag ingin Sophie mengenal anak perempuannya yang bernama Hilde.

Aneh? Ada penjelasan dari semua misteri itu. No spoiler.

Saya suka filsafat. Saya suka menganalisis dan mengulik segala hal. Jadi, saya langsung suka dengan isi buku ini. Tapi saya nggak kasih bintang lima karena saya nggak suka ceritanya. Buku ini berbobot, isi filsafatnya bagus, tapi ceritanya aneh. Cerita dasarnya nggak masuk akal. Kenapa seorang ayah ingin mengajarkan filsafat pada anaknya? 

Filsafat berguna bagi manusia supaya bisa memahami banyak hal di sekitarnya. Filosof selalu menjalani kehidupan seperti anak kecil. Selalu ingin bertanya, selalu ingin tahu... Dari para filosof itulah ilmu pengetahuan mulai berkembang. Sejarah filsafat memuat bagaimana manusia dari bodoh dan tidak tahu apa-apa di masa lalu menjadi makhluk yang mempunyai banyak ilmu pengetahuan.

Dulu manusia menganggap mitos tentang dewa-dewi adalah jawaban atas segala masalah. Contohnya : Suara guntur dulu dipercaya sebagai suara saat Dewa Thor mengayunkan palunya. Sekarang kita tahu kalau guntur adalah fenomena alam di mana muatan listrik saling bertabrakan di langit sana. Perkembangan pengetahuan itu semua bermulai dari orang-orang yang penasaran. Mereka mulai bertanya dan menyelidiki. Kenapa dan kenapa...

Dari buku ini, saya mendapat satu hal, yaitu : Jalanilah kehidupan seperti seorang anak kecil. Kebanyakan orang dewasa menganggap segala sesuatu sudah sebagaimana mestinya. Mereka tidak peduli dan menerima saja apa yang ada. Jika semua orang seperti itu, manusia tidak akan berkembang. Stuck selamanya di tempat yang sama. 

Sekarang saya jadi tahu sedikit banyak soal sejarah filsafat, hehe...

Sekilas tentang penulis... Jostein Gaarder lahir di Oslo, Norwegia pada tahun 1952. Dia seorang guru yang mengajar filsafat di sekolah menengah Norwegia sana walaupun sekarang dia sudah pensiun. Dia sudah mengarang banyak buku, tapi Dunia Sophie adalah bukunya yang paling bestseller.

Wednesday, 4 January 2012

Books read in 2011

List of books read in 2011 (based on genre) :

A. Historical Romance
1. Married By Morning (The Hathaways #4) - Lisa Kleypas
2. Much Ado About You (Essex Sisters #1) - Eloisa James 
3. Dancing At Midnight (Splendid Trilogy #2) - Julia Quinn
4. Kiss Me Annabel (Essex Sisters #2) - Eloisa James
5. Love in The Afternoon (The Hathaways #5) - Lisa Kleypas 
6. Victoria And The Rogue - Meg Cabot 
7. Nicola And The Viscount - Meg Cabot
8. Something Wonderful - Judith Mcnaught  
9. The Taming of The Duke (Essex Sisters #3) - Eloisa James
10. Fool For Love (Duchess Quartet #2) - Eloisa James
11. Minx (Splendid Trilogy #3) - Julia Quinn
12. Pleasure For Pleasure (Essex Sisters #4) - Eloisa James 
13. Everything And The Moon (Lyndon Sisters #1) - Julia Quinn
14. A Wild Pursuit (Duchess Quartet #3) - Eloisa James
15. Beauty Like The Night  - Liz Carlyle
16. Brighter Than The Sun (Lyndon Sisters #2) - Julia Quinn
17. Savage Thunder (Wyoming #2) - Johanna Lindsey 
18. Again The Magic (Wallflowers #0.5) - Lisa Kleypas
19. Rainwater - Sandra Brown
20. Your Wicked Ways (Duchess Quartet #4) - Eloisa James
21. Impostress - Lisa Jackson 
22. Someone To Watch Over Me (Bow Street Runners #1) - Lisa Kleypas
23. Whitney, My Love (Westmoreland #2) - Judith McNaught
24. Midnight Pleasures (Pleasures #2) - Eloisa James
25. On The Way To The Wedding (Bridgerton Series #8) - Julia Quinn
26. It's In His Kiss (Bridgerton Series #7) - Julia Quinn

B. Romance And Metropop
1. H. R. H. - Danielle Steel
2. Wedding Games - Fanny Hartanti
3. Biru - Agnes Jessica
4. Perhaps You - Stephanie Zen 
5. Promises, Promises - Dahlian  
6. Kau: Cinta Pada Pandangan Pertama - Sylvia L'Namitra
7. First Love Forever Love - Shu Yi
8. Love, Hate, & Hocus Pocus - Karla M. Nashar
9. Christmas Eve At Friday Harbour - Lisa Kleypas
10. Nila - Agnes Jessica
11. Ungu - Agnes Jessica
12. Pillow Talk - Christian Simamora 
13. Jejak Kenangan  - Rina Suryakusuma
14. A Thousand Tomorrows (Cody Gunner #1) - Karen Kingsbury
15. Size 14 Is Not Fat Either (Heater Wells #2) - Meg Cabot 
16. Blind Date - aliaZalea

C. Young Adult Fantasy
1. The Hunger Games (Hunger Games #1) - Suzanne Collins
2. Catching Fire (Hunger Games #2) - Suzanne Collins
3. Mockingjay (Hunger Games #3) - Suzanne Collins
4. The Mediator #1 & #2 : Shadowland & Ninth Key - Meg Cabot
5. Reunion (The Mediator #3) - Meg Cabot
6. Darkest Hour (The Mediator #4) - Meg Cabot
7. Haunted (The Mediator #5) - Meg Cabot
8. Twilight (The Mediator #6) - Meg Cabot
9. Vampire Academy (Vampire Academy #1) - Richelle Mead
10. Frostbite (Vampire Academy #2) - Richelle Mead
11. Shadow Kiss (Vampire Academy #3) - Richelle Mead
12. Blood Promise (Vampire Academy #4) - Richelle Mead
13. Crescendo (Hush, Hush #2) - Becca Fitzpatrick

D. Classics And Literature 
1. Jane Eyre - Charlotte Brontë
2. Ca Bau Kan - Remy Sylado
3. To Kill A Mockingbird  - Harper Lee
4. Mahabharata - Nyoman S. Pendit
5. Bumi Manusia (Tetralogi Buru #1) - Pramoedya Ananta Toer 
6. Anak Semua Bangsa (Tetralogi Buru #2) - Pramoedya Ananta Toer
7. Jejak Langkah (Tetralogi Buru #3) - Pramoedya Ananta Toer
8. Rumah Kaca (Tetralogi Buru #4) - Pramoedya Ananta Toer
9. A Little Princess - Frances Hodgson Burnett
10. Tirai Menurun - Nh. Dini

E. Teenlit And Young Adult
1. Cewek!!! - Esti Kinasih
2. Still... - Esti Kinasih
3. Remember When - Winna Efendi
4. Till We Meet Again - Yoana Dianika
5. Hujan Dan Teduh - Wulan Dewatra
6. Heaven On Earth - Kaka HY   
7. Dan Hujan Pun Berhenti - Farida Susanti

F. Philosophy
1. The Winner Stands Alone - Paulo Coelho 
2. Eleven Minutes  - Paulo Coelho
3. The Pilgrimage - Paulo Coelho
4. By The River Piedra I Sat Down And Wept - Paulo Coelho
5. The Zahir  - Paulo Coelho

6. Have A Little Faith - Mitch Albom
7. The Alchemist - Paulo Coelho

G. Fiction
1. Éclair: Pagi Terakhir di Rusia  - Prisca Primasari 
2. A Thousand Splendid Suns - Khaled Hosseini
3. Of Bees And Mist - Erick Setiawan
4. Naga Kuning - Yusiana Basuki 
5. Life Of Pi - Yann Martel

H. Non-Fiction (with information)
1. Reconnected Kids - Dr. Robert Melillo - family enrichment 
2. Kisah Tragis Oei Hui Lan - Agnes Davonar - biography
3. Nasional.is.me - Pandji Pragiwaksono - nationalism
4. Kambing Jantan (Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh) - Raditya Dika - diary

I. Antology
1. Fantasy Fiesta 2010
2. Kisah-Kisah Tengah Malam - Edgar Allan Poe/Maggie Tiojakin

Jadi, kesimpulannya... Tahun 2011 adalah tahun historical romance buat saya. Sebagian besar buku bacaan saya semuanya ber-genre itu. Mungkin itu karena saya baru mengenal genre historical romance di akhir tahun 2010. Masih maniak dan belum bosan.

Penasaran tahun ini saya banyak baca buku apa...

Top 10 best books I read in 2011 (not in order) :
1. Jane Eyre - Charlotte Brontë - English classic literature
2. To Kill A Mockingbird - Harper Lee - American classic literature
3. A Thousand Splendid Suns - Khaled Hosseini - fiction
4. First Love Forever Love - Shu Yi - romance
5. On The Way To The Wedding (Bridgerton Series #8) - Julia Quinn - historical romance
6. Shadow Kiss (Vampire Academy #3) - Richelle Mead - young adult fantasy
7. Bumi Manusia (Tetralogi Buru #1) - Pramoedya Ananta Toer - Indonesia classic literature
8. Twilight (The Mediator #6) - Meg Cabot - young adult fantasy
9. Catching Fire (Hunger Games #2) - Suzanne Collins - young adult fantasy
10. Whitney, My Love (Westmoreland #2) - Judith McNaught - historical romance

Had such good times with those books, lalala...

Tuesday, 3 January 2012


Sebelum menulis panjang lebar, saya mau mengucapkan Happy New Year 2012 buat semua makhluk di bumi. Sedikit terlambat dikarenakan kesalahan teknis. Ugh... Saya baru bertamasya di Bali dan sayangnya saya tidak bisa menemukan komputer, internet, dan waktu yang tepat untuk menulis blog. Dan sekarang saya sudah di Bandung, sibuk menjelajahi kota kelahiranku yang tercinta. (hoek, hoek...)

Another year had passed... Saya cukup puas dengan pencapaian di tahun 2011. Tidak banyak gangguan dan keributan di tahun kemarin. Bahkan saya belajar lebih banyak di tahun 2011, terutama mengenai keluarga. Sebelumnya saya selalu cuek dan masa bodoh dengan acara keluarga. Tapi setelah liburan bersama keluarga di Bali kemarin, saya menyadari keluarga lebih berarti dari segalanya dan saya akan menghargai semuanya dengan lebih baik lagi. Saya mau menyimpan kenangan baik mengenai mereka sebanyak-banyaknya karena waktu berjalan sangat cepat. There's no way going back.

Jadi harapan saya... Tahun 2012 akan menjadi lebih baik bagi semua orang. *Amin

Tahun baruan kali ini cukup berkesan buat saya. BBQ sama teman-teman sampai jauh malam, menonton kembang api yang dinyalain orang lain soalnya saya nggak modal buat belinya... Dan ternyata SBY juga tahun-baruan di Bandung. Wew...

Ah, nggak penting. 

Yah, kepala saya masih butek dengan euforia liburan jadi post ini hanya singkat saja. Saya berhasil menyelesaikan tantangan goodreads tahun lalu dengan total 90 buku. Mungkin saya akan bikin list semua buku yang saya baca tahun lalu. Dan sebagai tambahan saya sudah meng-update reading challenge tahun ini dengan 45 buku.

Until next time...