Tuesday, 28 February 2012

Infinitely Yours

Judul : Infinitely Yours
Penulis : Orizuka
Tebal : 304 halaman
Penerbit : Gagasmedia

Ah, ini satu lagi buku korban K-Pop. Hahaha...

Ceritanya mengenai Jingga yang sedang melakukan tour ke Korea demi bertemu dengan tour leader pujaannya, Yun Jae. Tapi sialnya, sebelum naik pesawat PSP-nya jatuh dan rusak gara-gara seseorang menyenggolnya. Ternyata orang yang bertanggung jawab adalah Rayan, cowok jutek yang juga ikut tour bersamanya. 

Apa ya? Menurut saya sih ceritanya tidak spesial dan biasa saja karena saya sudah pernah nonton Hello Stranger, film Thailand bertema sama. Orang asing ketemu di Korea dan mengikuti tour romantis sehingga jatuh cinta. Bahkan kesialan dan petualangan di dalam buku ini hampir sama dengan film Thailand itu. Ada gembok cinta di N Seoul Tower, dompet dicopet sehingga harus nginep di tempat orang nggak dikenal dan dikira suami istri... Dan yang pasti ada kebetulan-kebetulan nggak masuk akal di dalamnya yang menunjukkan kekuatan takdir bahwa kedua tokoh utama memang sudah seharusnya bersama.

Terus kedua tokoh utamanya adalah stereotipikal drama korea. Cewek ceria, ceroboh, kekanak-kanakan, cerewet, dan selalu positif (tipe cewek paling annoying dan paling saya nggak suka dari novel) dengan cowok jutek, kaku, nggak romantis, galak, namun punya sisi lembut. Yah, agak sotoy sedikit. Saya nggak banyak nonton drama korea sih tapi rata-rata yang saya tonton karakter tokoh utamanya begitu. 

Tapi saya tetap harus akui buku ini lumayan bagus. Kenapa? Kosa kata Korea dan deskripsi lokasi wisata di buku ini cukup menarik sehingga saya juga dapat sedikit pengetahuan. Lalu gaya penulisan Orizuka ini apik dan mengalir sekali. Enak dibaca. Ternyata Orizuka sudah mengarang belasan buku hanya dalam waktu singkat. Pantas saja gaya tulisannya sudah lancar begini. Tapi Infinitely Yours adalah buku pertamanya yang saya baca (Ketinggalan zaman nih saya =.=). Mungkin saya harus baca bukunya yang lain supaya bisa membandingkan. Hehehe...

Oh, ya. Menurut saya, buku ini entah kenapa cocok buat orang travelling. Duduk di pesawat sambil baca buku ini... Kayaknya asyik juga tuh. Terus sambil dengerin lagu-lagu K-pop yang jadi judul tiap bab novel di buku ini. Aihhh... 


Sunday, 26 February 2012

Worth Any Price

Title : Worth Any Price (Bow Street Runners #3)
Writer : Lisa Kleypas
Number of Page : 388
Publisher : Avon Books

Nick Gentry, the bad thief-taker in Lady Sophia's Lover had now become the best runners in Bow Street. He was asked by Lord Radnor to find his long lost fiancee, Miss Charlotte Howard.

Charlotte "Lottie" worked in Stony Cross Park (we meet Marcus Westcliff again!). Nick went to the estate, disguising himself as Lord Sydney. He found her and wanted to bring her back to Lord Radnor. However, he didn't expect to want her for himself.

Marcus, Earl of Westcliff didn't trust Lord Sydney. He tried to protect Lottie by doing the background check behind Nick's back. When everything was revealed, Lottie was very angry and disappointed. As a gentleman, Marcus offered her a marriage. Lottie refused him for he was a peer and she was not. Instead, she offered herself to Nick. She asked for Nick's protection and in return she would be his mistress.

Well, that's surprising. I didn't expect it to come, haha...

Nick wanted more. He would agree only if Lottie married him. He wanted her to be his wife an not a mistress. Desperately needed safety, Lottie accepted.

So, the story is about marriage of convenience. The first hundred pages was so engaging that I could not stop reading. But, it was getting boring and boring after the two characters had married. It's not that the story is bad, it's just lack of conflicts. The only problem was Nick who could not easily trust other people. He was quite bad-tempered although I could understand his burden. The horrible past kept haunting him and unfortunately he hurt Lottie because of that.

Furthermore, the relationship between the two was not really explored. It was mostly just sex. Nick was an expert in bed and the whole love scenes only tried to show his skills. Okay, it's smoking hot. But seriously, there was even Tantric lovemaking mentioned. *rolling eyes

Never mind. Maybe the intimacy which made them fall in love with each other. It's unbelievable, yes. But, it's Lisa Kleypas. I don't know how she could make such simple story makes sense. Moreover, I like some little details about Ross and Sophia. It was fun to know more about what happen to the characters from previous book.

I think from Bow Street Runners series, I like the second book most. Ross and Sophia are so adorable. And I also like these series more than the Wallflowers series although the Hathaways series are still the best. Hehehe... 

Bow Street Runners series : 
3. Worth Any Price


Friday, 24 February 2012

The Diary of A Young Girl-Anne Frank

Title : The Diary of A Young Girl-Anne Frank
Edited by : Otto H. Frank and Mirjam Pressler
Number of Page : 351
Publisher : Penguin Books

"... What's the point of the war? Why, oh, why can't people live together peacefully? Why all this destruction?... Why are millions spent on the war each day, while not a penny is available for medical science, artists or the poor? Why do people have to starve when mountains of food are rotting away in other parts of the world? Oh, why are people so crazy?"

Anne Frank is probably the youngest and the most complex individual I've ever known. Reading her diary is like reading adult's journal. The way she thinks is just too deep and I cannot even believe that she wrote this diary at the age of thirteen.

It was that time, in Hitler's and World War II era when Anne Frank and her family had to hide in the secret house. They tried to survive for almost three years in that little place because they were Jewish. Once German knew their location, they would surely be tortured and killed. 

Eight people in that house... They had to be quiet all the time, eat almost the same food everyday... I could imagine how boring that was. They tended to have bad mood all the time. And in that kind of situation, Anne Frank grew up as teenager.  

When I decided to read this book, I expected it to be full of historical informations. Well, of course I was wrong. This book is just a diary of a girl trying to understand the world around her. Sometimes it was quite boring when nothing happened. The contents were pretty much about daily activities, telling about what she ate, what she did during the day, the schedules of the other family members, and those usual stuffs. But, the strength of this book is Anne herself. She was strong, witty, and full of passion. She was never afraid and always positive. She grabbed her hopes and her dreams, waiting for the outside war to end. Everything she wrote about her feelings amazed me in the way that I could relate all of them with myself. I mean growing up is not easy, especially in time like that.  I could see that she changed throughout those three years become a wonderful person.

Anne liked to write. She wanted to be a journalist. I believed if she was still here, she would be a good writer. Her writing is good, the words are neat and full of meanings. 

Ironic. That's what I think about her life. Few months before German was defeated, someone betrayed her family and told the authorities about their location. Anne Frank died due to typhus epidemic in working camps. The only one who lived was her father. He edited all her diaries and tried to spread his daughter's words around the world. 

"To be honest, I can't imagine how anyone could say 'I'm weak' and then stay that way. If you know that about yourself, why not fight it, why not developed your character? Their answer has always been: 'Because it's much easier not to!' This reply leaves me feeling rather discouraged. Easy? Does that mean a life of deceit and laziness is easy too? Oh, no, that can't be true. It can't be true that people are so readily tempted by ease... and money."

"I've often imagined how nice it would be if someone were to confide everything to me. But now that it's reached that point, I realize how difficult it is to put yourself in someone else's shoes and find the right answer."

"We're all alive, but we don't know why or what for; we're all searching for happiness; we're all leading lives that are different and yet the same... We have many reasons to hope for great happiness, but... we have to earn it. And that's something you can't achieve by taking the easy way out. Earning happiness means doing good and working, not speculating and being lazy. Laziness may look inviting, but only work gives you true satisfaction." 

"People who are religious should be glad, since not everyone is blessed with the ability to believe in a higher order. You don't even have to live in fear of eternal punishment; the concepts of purgatory, heaven and hell are difficult for many people to accept, yet religion itself, any religion, keeps a person on the right path. Not the fear of God, but upholding you own sense of honour and obeying your own conscience. How noble and good everyone could be if, at the end of each day, they were to review their own behaviour and weigh up the rights and wrongs. They would automatically try to do better at the start of each new day and, after a while, would certainly accomplish a great deal. Everyone is welcome to this prescription; it costs nothing and is definitely useful. Those who don't know will have to find out by experience that 'a quiet conscience gives you strength'!"
The secret house of Frank's now becomes historical place worth to visit in Holland. Through her diaries, Anne Frank has taught us about humanity and freedom rights. And for me, she becomes one of the most favorite character I've read in a book.


Monday, 20 February 2012

Where She Went

Judul : Where She Went (If I Stay #2)
Penulis : Gayle Forman
Tebal : 240 halaman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Cover-nya nggak kalah bagus sama buku pertamanya. Great job, Gramedia!

Karena saya suka banget sama buku pertamanya, saya langsung baca buku ini. Penasaran banget. Kali ini cerita ditulis dari sudut pandang Adam Wilde, pacar Mia.

"Jika kau tinggal, aku akan melakukan apa saja yang kauinginkan. Aku akan berhenti main band, pergi bersamamu ke New York. Tapi jika kau ingin aku menghilang, aku juga akan melakukan itu. Aku tadi bicara dengan Liz dan dia berkata mungkin kembali ke kehidupan lamamu akan menyakitkan, bahwa mungkin akan lebih mudah bagimu jika menghapus kami dari kehidupanmu. Dan itu akan sangat menyebalkan, tapi aku akan melakukannya. Aku sanggup kehilangan kau seperti itu asalkan aku tidak perlu kehilangan dirimu hari ini. Aku akan melepaskanmu. Jika kau tetap hidup."

Permohonan Adam di saat Mia koma itulah yang akhirnya membuat Mia kembali. Dia hidup sekalipun harus mengikuti berbagai terapi fisik dan juga mental untuk menghadapi kehilangannya.

Pada awalnya Adam begitu takut menyentuh Mia. Dia begitu hati-hati melindungi Mia dari segala hal. Namun saat akhirnya mereka berpisah karena Mia harus ke New York untuk kuliah, Mia memutuskan hubungan mereka dengan dingin. Tanpa penjelasan dan pemberitahuan.

Perlakuan Mia yang kejam itu membuat Adam terpuruk. Dia akhirnya mengarang lagu satu album penuh. Dan dengan lagu itu ia membuat bandnya, Shooting Star terkenal dengan sangat cepat.

Namun Adam tidak puas dengan hidupnya. Ia berubah jadi bajingan yang suka mainin cewek, minum obat-obatan, dan bahkan dia sampai bermusuhan dengan anggota bandnya sendiri.

Sampai suatu hari ia bertemu lagi dengan Mia yang sedang konser di New York. Tiga tahun sudah berlalu. Keduanya sudah sukses di dunianya masing-masing. Adam sebagai gitaris band rock yang digilai para remaja dan Mia sebagai pemain cello muda yang berbakat. Mereka saling mengobrol, membicarakan masa lalu sambil berjalan-jalan menelusuri Kota New York di waktu malam.

Oke, saya punya banyak komentar untuk buku ini. Hahaha... Pertama, saya suka sekali tokoh Adam. Dia lemah, romantis, dan penyayang sekali. Dia tidak sempurna sekalipun di mata orang lain ia nampak sebagai sosok selebritis yang cukup hebat. Saya mengerti kenapa para pembaca banyak yang jatuh cinta dengan Adam. Narasinya begitu jelas menunjukkan betapa sakit hatinya dia saat Mia memutuskannya.

Beberapa kalimat yang membuat saya ikut sedih bersama Adam.

Saat bertemu pertama kalinya setelah tiga tahun berlalu :
...dan tiba-tiba saja dia ada di sana. Benar-benar ada. Daging dan tulang, bukan hantu. 
Naluri pertamaku bukanlah memeluknya atau menciumnya atau meneriakinya. Aku hanya ingin menyentuh pipinya, yang masih merah setelah pertunjukan tadi. Aku ingin menembus ruang yang memisahkan kami, yang hanya beberapa meter--bukan berkilo-kilometer, bukan di seberang benua, bukan tahunan--dan mengusapkan jemariku yang kapalan ke wajahnya. Aku ingin menyentuhnya untuk memastikan ini benar-benar dirinya, bukan salah satu mimpi yang sering sekali menghantuiku setelah dia pergi, mimpi ketika aku melihatnya sejelas pada siang hari, siap menciumnya dan merengkuhnya, lalu aku terbangun dan menyadari bahwa Mia berada di luar jangkauanku. 

Saat Mia memberitahu kalau dia benci Adam karena sudah memaksanya tinggal dengan kalimat janji yang diucapkannya saat dia koma :
Tapi aku akan melakukannya lagi. Aku tahu itu sekarang. Aku akan mengucapkan janji itu seribu kali dan kehilang dirinya seribu kali lagi demi mendengarnya bermain tadi malam atau menatapnya dalam cahaya pagi. Atau bahkan tanpa itu sama sekali. Hanya tahu bahwa dia ada di luar sana. Hidup.

Saat Mia tidak ingin keluarganya menonton konser Adam :
"Apa? Apa sih masalahnya?" aku bertanya.
Dia menggeleng. Bibir terkatup rapat.

"Ceritakan saja. Pasti tidak lebih buruk daripada yang kupikirkan, bahwa kau malu karena Shooting Star begitu jelek sampai neraka pun menolak kami."
Dia menggeleng lagi. "Kau tahu itu tidak benar. Hanya saja," dia berhenti, seakan mempertimbangkan keputusan besar. "Band. Ketika kau bersama band, aku sudah  merasa perlu membagimu bersama semua orang. Aku tidak ingin menambahkan keluargaku juga ke sana." Kemudian dia kalah dalam pertempuran dan menangis.
Seluruh kejengkelanku lumer. "Dasar anak tolol," aku membujuknya, mencium dahinya. "Kau tidak membagiku. Kau memilikiku."

You don't share me. You own me... 

Saya langsung kelepek-kelepek di situ. Hahaha...

Tapi... saya lebih suka buku pertama dibandingkan ini. Aneh, memang. Semua orang kebanyakan lebih suka buku kedua karena Adam-nya. Hanya saja saya merasa ceritanya membosankan. Sebagian besar isinya adalah tentang perasaan mellow si Adam dan keluhan-keluhan patah hatinya. Ya, saya tahu dia sedih. Tapi sudahlah, just get to the point already. (Jahat ya saya? T.T)

Belum lagi alasan Mia memutuskan Adam secara tiba-tiba itu. Ampun, deh. Nyebelin banget. Ngomong dong kalau nggak suka atau apalah. Jangan mendiamkan orang sembarangan, apalagi Adam kan pacarnya. Saya langsung nggak suka sama si Mia yang aneh ini.    

Untuk gaya penulisan, saya salut deh. Kerasa banget bedanya sama If I Stay. Jelas sekali narasinya sangat cowok, sama sekali nggak seperti narasi Mia. Keren banget.

Anyway, saya tetap cukup suka dengan ceritanya. Selain tokoh Adam-nya yang karakternya kuat banget, saya juga suka dengan lirik-lirik lagu ciptaan Adam yang ditulis di awal beberapa bab. Kalau album Collateral Damage itu beneran ada, saya yakin pasti langsung terkenal. Liriknya bo! Rimanya bagus, artinya sangat jelas penuh kemarahan, jenius lah pokoknya. Ekstra bintang buat lirik-lirik lagunya itu!

Seri If I Stay :
1. If I Stay 
2. Where She Went


If I Stay

Judul : If I Stay (If I Stay #1)
Penulis : Gayle Forman
Tebal : 200 halaman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Pertama saya mau komentar soal cover-nya. Bagus banget sampai menggoda saya buat beli, padahal kalau dilihat dari sinopsis di belakang buku saya pikir saya nggak bakal suka sama buku ini.

Tapi gara-gara baca banyak review bagus soal buku ini, saya pikir coba deh. Siapa tahu beneran bagus.

Dan ternyata betul, lho. Saya suka banget buku ini.

Suatu pagi di musim dingin, Mia Hall harus menghadapi kenyataan kalau kedua orang tuanya dan adik laki-laki satu-satunya meninggal. Mereka berempat sedang tamasya keluarga bersama dan sialnya kecelakaan mobil harus merenggut orang-orang yang paling disayangi Mia.

Kebingungan, Mia dalam bentuk arwah menatap tubuhnya sendiri yang terluka parah. Mia asli yang koma memang tidak bisa apa-apa, tapi Mia arwah bisa menyaksikan semuanya. 

Selama satu hari penuh di rumah sakit itu, Mia arwah kembali berkelana mengingat masa lalunya dan pada akhirnya ia harus memilih... Haruskah ia tinggal atau pergi untuk selama-lamanya?

Menurut saya, cerita ini sangat unik. Memang idenya biasa saja, apalagi saya sempat tahu drama Korea berjudul 49 days yang konsepnya cukup mirip dengan ini : arwah pasien koma yang berkelana. Hanya saja saya harus memuji cara penulisan penulis yang rapi dan kata-katanya yang menyesakkan. Perpindahan antara kenangan masa lalu dan kejadian masa kininya begitu lancar sehingga saya bisa tenggelam masuk ke dalam ceritanya. 

Entah kenapa, saya iri pada Mia yang punya segalanya. Saya iri dengan kedua orang tuanya yang begitu pengertian dan dinamis (Saya tetap memilih orang tua saya sendiri, tentunya). Saya ingin sekali punya sahabat seperti Kim, setia dalam banyak hal kepada Mia. Saya juga ingin bisa seperti Mia, berbakat dalam bidang musik. Mia yang pandai bermain cello diterima di universitas musik terkenal, Juilliard. Selain itu, Mia punya pacar yang sangat baik bernama Adam.

Dengan kata lain, hidup Mia sangat sempurna sampai akhirnya kebahagiaan itu direnggut di hari bersalju itu.

Ada beberapa bagian yang membuat saya menangis parah. Salah satunya adalah bagian si Grandpa yang berkata pada Mia di saat koma :

"Tidak apa-apa,” katanya. “Kalau kau mau pergi. Semua orang ingin kau tinggal. Aku ingin kau tinggal lebih daripada apa pun yang kuinginkan di dunia ini.” Suaranya tersekat emosi. Dia berhenti, berdeham, menarik napas, dan melanjutkan. “Tapi itu kemauanku dan aku bisa mengerti mungkin itu bukan kemauanmu. Maka aku hanya ingin memberitahumu bahwa aku mengerti jika kau pergi. Tidak apa-apa kalau kau harus meninggalkan kami. Tidak apa-apa jika kau ingin berhenti berjuang.” 

Nyessss, dah...

Lalu di bagian Kim meminta Mia untuk tinggal sekalipun dia tahu berapa besar kehilangan yang dialami Mia. Dan beberapa bagian yang menjelaskan adik Mia, Teddy juga bikin saya merinding. Teddy ini lebih muda jauh dari Mia. Dia sayang banget sama kakaknya itu. Dan di saat Mia sadar kalau adiknya benar-benar sudah pergi... sakit rasanya (*lebay) membaca sewaktu narasinya berkata bahwa dia tidak bisa lagi membacakan Harry Potter untuk adiknya itu, ia tidak akan lagi bisa melihat sikap hiperaktif adiknya yang lucu... Rasanya saya mengerti betapa besar kesedihan yang akan dihadapi Mia jika ia tinggal.

Jadi, pada akhirnya apa yang harus dipilih Mia arwah? Pergi atau tinggal?

Buku yang sangat bagus sekali, padahal tipis banget nih. Keren lah pokoknya. Top!


Saturday, 18 February 2012

What Happens In London

Judul : What Happens In London (Bevelstoke #2)
Penulis : Julia Quinn
Tebal : 440 halaman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Saya sudah lupa kapan saya baca seri pertama dari Bevelstoke ini. Lama banget saya nunggu terjemahannya keluar. Saya sudah lupa bagaimana cerita buku pertamanya, The Secret Diaries of Miss Miranda Cheever. Tapi saya ingat kalau dari semua karya Julia Quinn saya paling nggak suka buku itu.

Yah, karena sudah baca buku pertamanya saya harus baca yang keduanya dong.

What Happens In London bercerita tentang Olivia Bevelstoke, adik dari Turner (hero buku pertama) dan sahabat Miranda (heroin buku satu). Kebetulan dia punya tetangga baru yang tinggal di rumah sebelah. Dan menurut gosip, si tetangga yang bernama Harry Valentine (jangan tanya kenapa namanya sesuai dengan tanggal 14 Februari) pernah membunuh tunangannya.

Dasar si Olivia. Dia gatel pengen nyelidiki si Harry. Jadi, dia sengaja memata-matai si Harry lewat jendela rumahnya.

Harry jelas nggak bodoh. Dia tahu ada wanita pirang yang suka ngintip dia lagi kerja. Penasaran dong. Nah, dia jadi mulai iseng deh. 

Pokoknya singkat cerita mereka nanti akhirnya ketemu. Dan seperti biasa, Julia Quinn selalu berhasil bikin saya ketawa dengan dialog antartokohnya.

Oke, sekarang pendapat saya. Julia Quin adalah salah satu pengarang favorit saya selain Lisa Kleypas dan Sandra Brown. Saya biasanya susah suka sama satu pengarang, kecuali... saya sudah baca banyak karyanya dan saya menemukan kalau seluruh bukunya konstan bagusnya. Nah, Julia Quinn adalah salah satu pengarang seperti itu. Saya suka banget sama selera humornya yang witty dan cynical. 

Tapi untuk buku ini... saya tidak begitu suka dengan hubungan yang dia ciptakan antara hero dan heroinnya. Tidak ada spark dan chemistry yang bikin saya sadar : Oh, mereka sedang jatuh cinta. Datar sampai saya bosan sendiri. Saya merasa Harry dan Olivia lebih cocok berteman saja. 

Nah, buku ini menunjuk sedikit ke arah hero yang bakal muncul di buku ketiga, Sebastian Grey. Alamak! Saya yakin saya bakal suka si Sebastian yang iseng dan bajingan ini. Haha...

Terakhir, saya kasih tiga bintang ke buku ini karena endingnya. Seumur-umur saya baca buku nggak pernah nemu cara melamar seunik itu. The most creative way of proposing a woman! Wow! Lewat jendela cuy... Saya sampai ngakak sendiri.


Thursday, 16 February 2012

The Kite Runner

Title : The Kite Runner
Writer : Khaled Hosseini
Number of Page : 340
Publisher : Bloomsbury 

"It's wrong what they say about the past, I've learned, about how you can bury it. Because the past claws its way out.”

This novel is about forgiveness and redemption. The main character, Amir was one of the lucky child in Afghanistan because his father was rich. But, he was also the coward that tried to win his father's heart.

Amir had a friend named Hassan. Hassan was the son of a servant and he was not as lucky as Amir. Unfortunately, he was more brave and athletic than Amir. Hassan was good with slingshot, he was also the best kite runner, and that made Amir feel a bit jealous.

"For you, a thousand times over."

As the story goes, we could see how loyal and unconditional love that Hassan had toward Amir. He defended Amir so many times. However, when Hassan was cornered by three bad guys Amir did not help him. He was too afraid and he just stood there watching his friend being raped.

The sin... the guilt... Amir would bring all his regrets throughout his lives. He could not face Hassan after what he did.

After the Russians invasion, Amir and his father migrated to America. Amir saw it as a chance to forget his past.

Years fly... until one day he got a call from someone in Afghanistan.

"There is a way to be good again."

Amir returned to his home country to deal with everything, including saving Hassan's son, Sohrab.

"I wondered if that was how forgiveness budded; not with the fanfare of epiphany, but with pain gathering its things, packing up, and slipping away unannounced in the middle of the night.”

I always like dramatic and sad stories. I like novels that can hurt my heart and make me cry because that way I know that the writer has successfully brought me into the story itself. And Khaled Hosseini is definitely one of that writer. He got talents with words. The way he describes things is so beautiful that I kept repeating the passages. 

"I want to tear myself from this place, from this reality, rise up like a cloud and float away, melt into this humid summer night and dissolve somewhere far, over the hills. But I am here, my legs blocks of concrete, my lungs empty of air, my throat burning. There will be no floating away.”

See? That was just so beautiful. I mean the words. (don't ask why I stupidly love words =.=) Furthermore, the story is so heart-wrenching. There were a lot of memories and after several years later the character would rekindle all of those memories. I always like that kind of story--remember the past, bits and pieces of memories--because those things engrave in my mind and my heart more than stories which only tell the very little part of character's lives. That's why I love story from childhood until the character becomes adult.

Okay, that was out of topic.

What should I say more? This book is just perfect. I like this one more than A Thousand Splendid Suns although The Kite Runner less makes sense in term of plots. I mean there are too many cruelties and coincidences. But like I say, I love dramatic stories and dramatic stories do not make sense.

The ending was very good. The hope arose from simple activity which was the kite fighting. Same as Hassan, Sohrab liked playing kites. And Amir, feeling like twelve-year old again, showed Sohrab how to play kites. 

"It was only a smile, nothing more. It didn't make everything all right. It didn't make ANYTHING all right. Only a smile. A tiny thing. A leaf in the woods, shaking in the wake of a startled bird's flight. But I'll take it. With open arms. Because when spring comes, it melts the snow one flake at a time, and maybe I just witnessed the first flake melting."

Oh, one more. The most important moral in this story is the one said by Amir's father. 

"There is only one sin. and that is theft... when you tell a lie, you steal someones right to the truth... When you kill a man, you steal a life. You steal a wife's right to a husband, rob his children of a father. When you tell a lie, you steal someone's right to the truth. When you cheat, you steal the right to fairness. There is no act more wretched than stealing." 

Fat full five stars! 


Wednesday, 15 February 2012

Secret Garden

Judul : Secret Garden
Penulis : Frances Hodgson Burnett
Tebal : 320 halaman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama 

Saat ayah dan ibunya meninggal karena wabah kolera di India, Mary Lennox dipulangkan ke Inggris untuk tinggal bersama pamannya, Archibald Craven. Mary yang sangat egois dan pemarah tidak disukai siapapun. Ia juga merasa dibuang sejak dulu. Semasa hidupnya, kedua orang tuanya sibuk dengan urusan masing-masing dan membiarkan pelayan memanjakan Mary.

Mary benci tinggal di rumah Mr. Craven. Sepi, kosong, dan membosankan. Mr. Craven senang bepergian dan tidak peduli pada siapapun.

Mary merasa kesepian dan ia pun mulai menjelajah rumah besar pamannya. Dan ia menemukan sebuah taman terbengkalai yang tidak pernah dimasuki siapapun lagi sejak sepuluh tahun yang lalu. Dengan penemuannya itu, Mary mulai berkenalan dengan teman baru. Bahkan ia pun mulai mengubah sikapnya.

Di samping petualangannya, Mary pun berhasil membuka rahasia pamannya dan juga menciptakan kebahagiaan bagi orang lain.

Menurut saya, cerita ini bikin hati tenang dan damai. Bayangkan kesenangan seorang anak kecil mengubah taman yang sudah jelek jadi indah lagi. Ditambah lagi, penjelasan penulis mengenai pemandangan taman begitu detail sehingga saya seakan berada di taman itu sendiri.

Tapi saya lebih suka karya Frances Hodgson Burnett yang satu lagi, A Little Princess, karena lebih berisi dan memiliki moral yang kuat. Secret Garden tidak terlalu menonjolkan aspek moral dan lebih mendeskripsikan imajinasi saja. Dan menurut saya, buku-buku seperti itu terasa seperti tidak ada tujuannya. Jadi, tiga bintang saja untuk deskripsi tamannya.


Tuesday, 14 February 2012

The Mysterious Benedict Society and The Perilous Journey

Title : The Mysterious Benedict Society And The Perilous Journey 
(Mysterious Benedict Society #2)
Writer : Trenton Lee Stewart
Number of Page : 440
Publisher : Little, Brown Company

More adventures and riddles again. I was so excited meeting the children again.

One year had passed since the last adventure, the four children would meet again in Mr. Benedict's house. However, something happened. Mr. Benedict was captured by the evil Mr. Curtain. And only The Mysterious Benedict Society who could save him.

This time, we would get clues and riddles from Mr. Benedict himself. He had prepared presents for the four of them. And to find the presents, they had to solve the riddles. These riddles brought them to interesting yet dangerous journey.

Another warm story with great friendship morals. The book taught us how to appreciate other despite of their weakness. Recommended to all creatures in the world, haha...


Monday, 13 February 2012

The Fifth Mountain

Judul : The Fifth Mountain
Penulis : Paulo Coelho
Tebal : 320 halaman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

The Fifth Mountain adalah karya ke-7 Paulo Coelho yang saya baca setelah The Alchemist, The Winner Stands Alone, Eleven Minutes, The Pilgrimage, By The River Piedra I Sat Down And Wept, dan The Zahir. Saya memang penggemar karya-karya penulis Brasil ini. Biasanya buku-bukunya berisi filsafat sederhana yang mendamaikan hati (euh, bahasanya berlebihan).

Buku ini sebenarnya bertema sederhana. Paulo Coelho hanya memodifikasi cerita Nabi Elia yang ada di alkitab dengan tambahan karakter-karakter. Kisah yang biasanya saya baca sambil-lalu-asal-tahu di alkitab bisa jadi satu buku yang keren banget nih. Ceritanya lumayan seru dengan bumbu cinta dan perseteruan antar orang-orang penting di Kota Akbar.

Cerita dibuka dengan Nabi Elia yang dikejar-kejar utusan Ratu Izebel yang kebetulan memerintahkan agar seluruh nabi dibinasakan. Si Ratu ini mau menjadikan Baal sebagai dewa-dewa Israel dan dia menolak Tuhan.

Singkat cerita, Elia sampai ke kota kecil bernama Akbar. Di sini dia ketemu janda beranak satu yang sangat miskin. Seperti dalam alkitab, janda itu akan memberi makan Elia dengan sedikit makanan yang dimilikinya. Namun, persediaan makanan itu tidak akan pernah habis.

Selain itu, ada juga kejadian mukjizat yang dilakukan Elia. Ia membangkitkan anak si janda dari kematian. Tapi seperti cerita lainnya, orang-orang tetap menolak Tuhan dan membenci Elia. 

Yah, karena saya sudah tahu ceritanya jadi saya cuma memperhatikan bagian modifikasinya saja. Tapi saya suka banget jadi saya kasih bintang empat deh.

"Kalau engkau tidak puas dengan masa lalumu, lupakanlah sekarang. Bayangkan sebuah kisah baru tentang hidupmu, dan yakinlah. Pusatkan pikiranmu hanya pada saat-saat engkau memperoleh apa yang kauidamkan. Kekuatan ini akan membantumu meraih yang kauinginkan."


Wednesday, 8 February 2012

The Mysterious Benedict Society

Title : The Mysterious Benedict Society (Mysterious Benedict Society #1)
Writer : Trenton Lee Stewart
Number of Page : 492
Publisher : Little, Brown Company

I just don't realize how I miss children books until I read this. It was a long time ago since I read children adventures like The Famous Five Enid Blyton and Roald Dahl's books. Then suddenly I picked this book and read it. And, wow! It was a wonderful, funny, and cute adventure.

Mysterious Benedict Society will amaze you who like riddles and brainstorming clues. And for myself, I love the characters because they are so cute. They are children after all.

The story started with Reynie Muldoon wanted to take a test for special kids. The test was posted in the newspaper and he wanted to try it. Well, the tests were so challenging and interesting. This was the best part of the book when Reynie met the other students who also passed the test. They were George "Sticky" Washington, Kate Wetherall, and Constance Contraire.

Actually, the test was brought by Mr. Benedict, a genious who suffered from narcolepsy (sleep suddenly without warning <--how strange is that?). He had detected a problem that happened across the country without anyone notice it. People were missing and no one knew about it. Mr. Benedict needed the four children to act as secret agents to go inside an academy in which he believed the prisoners were.

Then, the adventures began.

This book is very engaging. I keep wanting to know what happen next. And I like Constance because she was just so cute with her clumsiness and grumpiness. She was short and always left behind. I also like Reynie for his thoughtfulness. Even I like Kate for her dexterity and Sticky for his sticky mind. Ah, I just love the children. I want to hug them all. Kyaaaaaa!

Nice reading.


Saturday, 4 February 2012

How's Life?

Sebenernya judul post ini terinspirasi sama lagu Back To December-nya Taylor Swift. Tapi nggak ada hubungannya sama isinya sih. Jadi, nggak penting.

Tujuan saya tulis post ini karena saya tiba-tiba sadar kalau saya sudah lama nggak nulis apa-apa di blog selain review buku. Kan daripada bosen, saya tambah-tambah yang aneh.

Jadi, how's life?

Pertama, saya ganti template blog. Lagi. Soalnya udah bosen sama yang lama. Terus kan saya udah beres baca buku tentang vampir, jadi blognya nggak boleh gelap-gelap lagi dong. Nah, temanya kali ini adalah kayu. Kembali ke alam yang soothing dan mendamaikan hati (eaaaa). Ahay!

Sekarang karena saya lagi mau bikin final dissertation, saya bakal nggak update blog dulu deh. Mau konsentrasi dulu. Paling saya update buat utang novel yang belum di-review. Ada beberapa yang udah beres baca tapi belum dibikin review-nya.

Terus apa lagi ya? Oh, saya sekarang lagi les IELTS buat daftar sekolah lagi. Rencananya sih mau ambil master, tapi harus cari-cari beasiswa dulu. Ada yang mau nyumbang? (Kalimat terakhir nggak usah dibaca)

Sekian dulu deh. Saya kalau nulis beginian suka nulis yang aneh-aneh. Jadi, mending stop aja.

Buku yang bakal di-review selanjutnya :
1. Mysterious Benedict Society - Trenton Lee Stewart
2. The Fifth Mountain - Paulo Coelho
3. Mysterious Benedict Society And The Perilous Journey - Trenton Lee Stewart
4. Secret Garden - Frances Hodgson Burnett

Thursday, 2 February 2012

Warna Langit

Judul : Warna Langit (Color Trilogy #3)
Penulis : Kim Dong Hwa
Tebal : 322 halaman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

"Betapa anehnya bagaimana pohon yang gundul ini bisa tampak rimbun dan indah hanya dengan seekor kupu-kupu hinggap padanya."

"Itu karena makhluk-makhluk hidup ini menunjukkan kasih sayang mereka satu sama lain. Apa gunanya mendandani penjaja keliling dengan pakaian sutra? Padanya, pakaian itu hanya seperti seutas tali yang tergantung dari tiang. Sebaliknya kalaupun kau hanya mendandaninya dengan kain compang-camping, sepanjang kau melakukannya dengan sepenuh perasaan dan kehangatan, maka dia akan memperoleh kekuatan dan tampak hidup."

Buku terakhir dari seri ini bercerita tentang penantian. Ehwa menanti Duksam dan ibu Ehwa menantikan si tukang gambar keliling. 

Di sini banyak sekali interaksi antara ibu dan anaknya. Saya bisa merasakan betapa sayangnya ibu Ehwa terhadap Ehwa. Dengan sabar, ia mendidik dan menasehati Ehwa untuk bersabar dalam penantiannya. Ibu Ehwa ini bener-bener penyayang dan juga bijaksana. 

Pernikahan Duksam dan Ehwa dilakukan secara adat Korea. Kita bakal bisa melihat adat kebudayaan Korea zaman itu. Terutama saya cukup takjub dengan tradisi bebek mandarin yang dilempar bisa menentukan jenis kelamin anak pertama. Ada-ada saja.

Tak hanya Ehwa, ibu Ehwa pun mendapat happy ending-nya sendiri bersama si tukang gambar. 

Betapa sederhana kehidupan zaman dulu. Perempuan hanya begitu saja. Pencapaian terbesar seorang wanita hanyalah menikah dan punya anak. Namun pencapaian terakhir bagi wanita adalah menikahkan anaknya sendiri. 

"Kurasa sudah menjadi takdir perempuan untuk selalu menunggu... Tak pernah kusadari bahwa akan datang suatu waktu ketika aku akan memandangi gerbang desa, menantikan putriku."

Untuk trilogi ini saya beri tiga bintang karena buku ini adalah novel grafis. Saya tetap lebih suka prosa soalnya dibandingkan komik/manga/manhwa. Tapi ceritanya keren banget!   

Color Trilogy :
3. Warna Langit


Wednesday, 1 February 2012

Warna Air

Judul : Warna Air (Color Trilogy #2)
Penulis : Kim Dong Hwa
Tebal : 320 halaman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Cerita berlanjut masih di kota kecil yang sama, Namwon. Ehwa kini sudah menjadi gadis remaja yang mulai centil dan iseng. Petualangannya bersama sahabatnya, Bongsoon bener-bener lucu. Apalagi Bongsoon itu suka sok tahu dan sok pintar soal masalah-masalah orang dewasa.

Setelah patah hati oleh dua orang laki-laki dulu, kini Ehwa bertemu seorang pegulat dan juga petani bernama Duksam. Pertemuan awal mereka cukup unik karena terjadi saat Ehwa sedang mandi (Alamak!!). Mereka jatuh cinta namun Duksam lebih berkonsentrasi bekerja keras untuk mencari uang agar bisa menikahi Ehwa.

Namun, bos sekaligus tuan tanah Duksam yang bernama Master Cho naksir Ehwa dan ingin menjadikan gadis itu istrinya. Master Cho tua ini datang ke makcomblang dan meminta bantuannya untuk menjodohkan dirinya dengan Ehwa. Bener-bener cara zaman dulu banget. Si makcomblang datang menawarkan sejumlah harta pada ibu Ehwa agar mau menikahkan anaknya dengan si Master Cho. Tentu saja ditolak.

Duksam yang tahu soal itu sangat marah. Ia memberontak hingga akhirnya dikejar-kejar pesuruh Master Cho, mau dibunuh. Duksam kabur dan ia meminta Ehwa menunggunya sukses supaya mereka bisa menikah.

Masih dengan gaya bahasa puitis dan vulgarnya, Kim Dong Hwa menyihir saya untuk masuk ke dalam dunia zaman dulu yang digambarkannya. Saya suka sekali dengan gambarnya.


Warna Tanah

Judul : Warna Tanah (Color Trilogy #1)
Penulis : Kim Dong Hwa
Tebal : 320 halaman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Buku pertama dari novel grafis Korea ini bercerita tentang kehidupan wanita Korea zaman dulu. Setting bertempat di sebuah kota kecil bernama Namwon.

Kita akan dibawa melalui perjalanan Ehwa menuju kedewasaan. Bagaimana keluguan anak perempuan zaman itu dalam menghadapi banyak pertanyaan mengenai cinta dan seksualitas. Kebetulan ibu Ehwa adalah seorang janda yang memiliki kedai minum. Tamu-tamu pria di situ suka bicara vulgar dan seringkali Ehwa mendengarnya. Di situlah dimulai pertanyaan-pertanyaan Ehwa.

Ini hanyalah kehidupan sehari-hari Ehwa di kota kecil. Cinta pertama Ehwa pada biksu muda dan seorang putra terpelajar juga penantian ibu Ehwa akan cinta dari seorang tukang gambar yang senang berkelana...

Ceritanya sangat indah. Bahasanya sangat puitis dan banyak menyangkut tentang bunga. Di sini memang wanita digambarkan sebagai berbagai macam bunga. Lembut dan juga kuat. Rasanya seperti membaca sebuah karya seni yang sangat mendamaikan hati.

Saya paling suka bunga tiger lily dan bunga kamelia.

"Tiger lily adalah satu-satunya bunga yang senang hati menghadap ke arah matahari dan mekar meskipun tidak ada siapa-siapa di dekatnya untuk menyaksikan."
(menggambarkan si biksu muda yang hanya bisa dikagumi dari jauh)

"Kamelia benar-benar bunga yang tahan cuaca... Itu sebabnya kamelia juga bunga yang konyol-kamelia satu-satunya bunga yang cintanya bertepuk sebelah tangan. Tak peduli betapa indah bunga kamelia menghias dirinya, tak satu pun kupu-kupu akan mendarat di atas kelopaknya bahkan sampai kuntum bunga terakhir telah merekah. Ketika kupu-kupu keluar, bunga-bunga ini sudah terlelap. Sebab hanya ketika kupu-kupu tertidur bunga-bunga ini menjadi hidup."
(diucapkan saat di biksu memutuskan cinta Ehwa~~ hebat bener diputusin pake puisi =.=)

Gambarnya cantik sekali. Saya serasa dibawa ke tempat pedesaan itu. Pemandangannya bagus banget, banyak pohon dan bunga-bunga yang mekar di tengah hujan musim semi.

Kekasihku tiba, tapi bukan menyambutnya,
Aku hanya bisa menggigit ujung celemekku dengan ekspresi hampa--
Betapa kikuknya diriku.

Hatiku merindukannya, sebesar dan senyalang bulan yang purnama
Namun aku malah menyipitkan mata, tatapanku
setajam dan setipis bulan sabit.

Namun bukan aku melulu yang bertingkah begini.
Ibuku dan ibu dari ibuku sama konyol dan canggungnya saat masih gadis...

Tapi cinta yang datang dari hatiku meluap-luap,
Seterang dan semerah besi panas dalam tungku pandai besi. (Kim Dong Hwa)