Wednesday, 21 December 2011

Blood Promise

Title : Blood Promise (Vampire Academy #4)
Writer : Richelle Mead
Number of Page : 493
Publisher : Puffin
My rating : 4/5

I am not used to read book series continuously. I usually leave them for other books so that I won't feel bored.

But, for this I made exception. The third book of Vampire Academy gives me the best cliffhanger and I can't wait for reading the next book. 

Rose left St. Vladimir Academy. She left her best friend and dropped out from school to find Dimitri. She once promised Dimitri that if one of them became strigoi, the other had to kill because death was better than being a strigoi.

And that was Rose gonna do. She went to kill the man she loved. I know it was such a reckless and stupid act from Rose. But who could blame her? She just loved Dimitri that much.

At the end of previous book, Rose threw away her dignity and asked Adrian Ivashkov for money. Using his crush to her, she knew she was wrong doing that. But, Adrian gave the money and made Rose promise if she came back, she had to give him chance to date with her. 

I think I change my preference now. Switch to Adrian Ivashkov because he is easy-going, understanding, funny, narcisstic, and rich. Who doesn't want such a guy?

Okay, back to topic.

Rose went to Russia, funded by Adrian. She believed Dimitri was in his hometown, Baia. Her adventure was dangerous, yes. But she could protect herself better now because she could sense the presence of strigoi. She felt nauseous everytime there was strigoi nearby.

I could say that this journey of finding Dimitri was boring. Most of the time Rose was in sad and mourning condition. She met Dimitri's family, Sydney the Alchemist, other spirit user and shadow-kissed guardian, and many more. 

The plot was getting interesting when she joined the unpromised guardian (free guardian who didn't want to protect certain moroi) to Novosibirsk which was believed as the most possible place to find strigoi.

And Rose met Dimitri. 

Red eyes, pale skin, fang, and strigoi. But the resemblance with Dimitri that she had known before made Rose hesitate. She could not bring herself to kill him. Hence, he kidnapped Rose.

Being strigoi made Dimitri have a real character, not as perfect as before. He was fierce and cruel now. He wanted Rose to become strigoi too so that they could be together forever. He feeded on Rose and the effect from vampire's endorphin made Rose could not think clearly. *sigh... Dimitri, how bad you are using Rose like that. 

Poor Rose.

But, Rose was strong. She freed herself but Dimitri chased her. 

"We need to be together."
"Because I want you."
"Wrong answer."

Rose drived the stake to Dimitri's heart. He fell down into the river and Rose had a feeling that she didn't stake properly. Damn, I cried here. Killing the man you love? Seriously, is that a bad joke or what? Oh, Rose... why did you have to face something like that?


The story was chaos. While Rose was hunting Dimitri, Lissa was also in problem herself. Rose visited Lissa's mind time to time and with the help of other spirit user, she saved Lissa. 

I miss you. When will you be back?
Thank you. Thank you for being there for me. 

Ah, I am always touched with a friendship like this. Lissa and Rose, I just like the bond between them.

Hmm... actually I have a complaint. I was dissapointed that Richelle Mead destroyed my Christian. He was so bad to Lissa. I meant he as her boyfriend should know, understand. He shouldn't go away like that when Lissa was in trouble. I thought Christian was the kind of person who didn't care much about reputation. And yet he broke up with Lissa because of some of her bad actions. Actions that she did because of a compulsion.

Never mind. I love Adrian now. His character is getting more and more lovable. I always laugh whenever he says something stupid. This is Adrian's cheery voicemail : "I know how devastated you must be to miss me, but leave a message, and I'll try to ease your agony as soon as possible." Aigooo... narcisstic bastard.

Oh, yes. Rose met her father here. I think I don't mind having such a cool and powerful father like that. Hahaha... Rose called him "old man".

And the surprise is... Yeah, you will have known already anyway. Rose got a package from Russia.

...Dimitri was still alive and he was going to find Rose and kill her.

Dreamer gonna read other books now, saturated with Vampire Academy...


Shadow Kiss

Title : Shadow Kiss (Vampire Academy #3)
Writer : Richelle Mead
Number of Page : 443 
Publisher : Razorbill
My rating : 5/5

Unbelievably twisted. I didn't expect this book would turn out this way. Thanks to my restraining ability not to peek into spoiler. I was really surprised and very heart broken reading this. 

The story began with the announcement of field experience exams for novice guardian. Every novices would be assigned to certain moroi and guard them. Once in awhile some adult guardians would attack them pretending like strigoi and the novices had to show the best efforts defending their moroi. This made the story interesting. I didn't feel bored since the beginning, not like the first and second book where the excitement happened too much later. 

Rose thought she would be assigned to Lissa, her moroi best friend. But instead she got Christian Ozera. She protested and was told that she had to try protecting other moroi who had no bond with her. So, she obeyed. 

At the end of second book, Rose had faced the death of her friend, Mason. She also killed two strigoi which made her famous as a good if not the best novice guardian at school.

However, she failed the first test in a bad way. Why? Because she saw Mason's ghost. She was panicked and thought that that was because of stres. But, the problem was she didn't want to tell anybody about that. She was afraid people would think she was crazy. So, she just said that she was messed up. Then, she was ordered to have counseling since everyone thought that was the effect of  having seen a friend's death.

Rose thought the ghost thing would go away. But, it didn't. She kept seeing them in random time. And still she didn't want to tell anyone. 

Later she found that it was the side effect of shadow-kissed. She was dead before and had gone to the world of death. That was why she saw ghosts. Moreover, she also caught the spirit magic effect from Lissa. She became easily angry and always in bad mood because of Lissa. 

Rose was confused and scared. She knew that the former shadow-kissed guardian in the past, Anna died because of insanity. And she didn't want that. At the end she confided to Dimitri, her instructor. He supported Rose and I could see how obvious his love to her was. I was touched because he understood Rose and always be there where she needed him.

Until there was strigoi attack. Massive strigoi attack at school. Rose was the the first one knew there would be an attack because Mason's ghost told her. Okay, I thought the fighting was interesting because Christian joined. He used his fire magic, helping Rose. The combining strength made Rose killed the most.

I just love Christian Ozera, kyaaaaa...

But, I didn't see it coming. The ending got me chilled and sad. Rose was devastated, so was I. No comment here. The best plot ever!

You will lose what you value most...
It hadn't been me that Rhonda was talking about. It hadn't even been Dimitri's life.
What you value most.
It had been his soul. 

Solid five stars, of course!

Dreamer is preparing for her 2012 resolution...


Monday, 19 December 2011

Whitney, My Love

Judul : Whitney, My Love (Westmoreland #2)
Penulis : Judith McNaught
Tebal : 792 halaman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
My rating : 5/5

Wow! Novel ini sangat tebal tapi tidak membosankan sih. Malah novel ini menjadi salah satu historical romance favorit saya. Dan sudah pasti saya bakal membaca karya Judith McNaught yang lain.

Cerita dimulai dengan si Whitney Stone waktu masih berusia 15 tahun. Dia gadis tomboy yang suka berkuda dan melakukan hal-hal gila lainnya. Tapi semua yang dia lakukan adalah demi menarik perhatian Paul Sevarin, pemuda yang dicintainya. Yah, nggak berhasil sih karena Paul hanya menganggapnya anak kecil yang konyol.

Hanya saja tingkahnya itu memalukan bagi ayahnya. Jadi, Whitney dikirim ke Paris untuk tinggal bersama bibi dan pamannya. Nah, di Paris ini Whitney diajari menjadi lady.

Dan dia sukses. Kebetulan saat debut, kakak salah satu temannya yang terkenal playboy juga berpengaruh bernama Nicholas duVille mengajaknya dansa. Jadi, para bujangan lain mulai memperhatikan Whitney. Mereka tertarik dengan keceriaan dan kebebasan Whitney.

Namun hati Whitney hanya untuk Paul. Dia berharap bisa pulang dan memamerkan dirinya pada Paul.

Di salah satu pesta topeng di Perancis, Whitney membuat seorang pria berjubah dan bertopeng hitam tertarik padanya. Pria itu adalah Clayton Westmoreland, Duke of Claymore. Pria itu sudah mengenal Whitney beberapa lama namun Whitney yang memiliki banyak penggemar tidak pernah memperhatikan Clayton. Jadi, di situ si duke bersikap misterius sementara Whitney sempat mengejek kalau dia nggak percaya kalau Clayton seorang duke. 

Clayton yang ingin menjadikan Whitney sebagai miliknya menyuruh orang menyelidiki keluarga Whitney. Dan ternyata ayah Whitney bangkrut. Kesempatan dong. Clayton membayar 100 ribu pounds untuk membayar utang-utang ayah Whitney dengan balasan diizinkan mendekati Whitney juga memiliki Whitney. 

Kontrak pertunangan pun ditandatangani. Clayton menyewa rumah di dekat estat ayah Whitney dan menyamar sebagai Clayton Westland, orang biasa yang bukan duke.

Whitney disuruh pulang. Dan dia pulang dengan bergaya karena disuruh ayahnya membeli gaun-gaun yang cantik. Gaun-gaun yang dibeli dengan menggunakan uang Clayton, pastinya.

Whitney yang nggak tahu kalau dia sudah ditunangkan dengan Clayton masih mengharapkan cinta dari Paul. Dan memang Paul jadi suka sama dia. Sementara itu, Clayton mendekati Whitney perlahan-lahan. Dia membiarkan Whitney memuaskan cinta monyetnya pada Paul asal tidak melanggar batas. 

Oh, my God. Saya melting di sini. Clayton itu baik banget. Pendekatannya smooth and yet dangerous. Wow! Ini duke sih seksi gila. Dia juga menghargai kecerdasan Whitney. Dia nggak peduli kalau Whitney nggak bisa menjahit atau apapun. Dia mengajari Whitney main kartu dan bersedia menemani Whitney main catur. Aihhhh!

Tapi saat Paul melamar dan Whitney memberitahu ayahnya, si ayah marah dan membeberkan semuanya. Whitney jadi benci sama Clayton karena merasa jadi budak belian. Tapi Clayton tetap sabar sampai Whitney pun akhirnya sadar kalau dia cinta sama Clayton. Dia membatalkan pertunangannya dengan Paul.

Hanya saja... kesalahpahaman membuat Clayton marah banget sama Whitney.

Oke. Ceritanya terlihat pendek. Tapi salah pahamnya banyak banget hingga buku ini jadi tebal kayak gini. Saya yang tadinya suka banget sama Clayton jadi agak bingung juga melihat sikapnya yang suka cemburu buta dan menarik kesimpulan sendiri. Mungkin memang dia sudah cinta mati sama Whitney kali ya. Sampai dia jadi gila sendiri. Tapi coba dibicarakan baik-baik toh. Kan sudah gede, jangan ngambek terus kabur dan marah-marah. Kasihan si Whitney yang jadi sasaran salah paham. Sudah jelas si Whitney itu cinta sama dia, eh malah dikira punya selingkuhan. Ya, ampun! Untung saja si Whitney bisa sabar dan memahami si Clayton. Walau Whitney agak bodoh karena cinta matinya buat si Clayton (dia sampai rela membuang harga dirinya untuk minta maaf dan bahkan nggak marah pas Clayton yang sedang cemburu melakukan itu dengan kasar atau bisa dibilang pemerkosaan) tapi saya tidak bisa komentar. Wanita zaman dulu kan nggak kayak sekarang. Diperkosa ya tinggalin saja cowoknya. Zaman dulu mana bisa. Bisa malu-maluin kalau kayak gitu. Lagipula Whitney tahu Clayton menyesal sudah "melakukan" itu sama dia. Nyesel banget sampai Clayton rela melepaskan Whitney buat nikah sama Paul dan bahkan memberi Whitney uang lebih supaya bisa hidup senang dengan si Paul yang miskin. 

Yah, kesimpulannya... Cerita ini bikin saya gemas, kesal, sedih, juga ketawa. Whitney dan Clayton yang tampak sempurna di awal jadi terlihat adatnya begitu sudah menikah. Terutama adat jeleknya Clayton. Tapi pada akhirnya selalu ada pengertian dan minta maaf yang bikin saya salut dengan Judith McNaught karena bisa menulis cerita ini. Whitney dan Clayton terasa real dengan kekurangan masing-masing. Lagipula saya memang suka banget tokoh-tokoh yang banyak kekurangan namun bersedia minta maaf dan bertanggung jawab atas kesalahannya. 

Ah, suka sama si Clayton yang bermata abu... (nggak nyambung)

Endingnya manis sekali. Terutama tentang adat istiadat para duchess Westmoreland sehabis melahirkan seorang pewaris. Saya terharu membacanya.
Sekilas tentang novel ini. Ternyata ini novel pertama Judith McNaught. Tapi karena novel ini banyak yang suka, penulis memutuskan menulis prekuel dan seri lanjutannya mengenai nenek moyang Westmoreland dan adik Clayton. Seri terjemahan Gramedia ini adalah versi yang sudah direvisi. Tadinya bagian ending itu nggak ada.

Such a good book. Love it so much!

Dreamer gonna go to Bali soon, yay!


Tuesday, 13 December 2011

You're The Apple of My Eye

Saya baru nonton film ini. Judulnya You're The Apple of My Eye. Yah, judul Mandarinnya sih beda sama judul Inggrisnya sih. Kalau dari Mandarin diterjemahin, artinya mungkin kira-kira seperti ini : A Girl That We Chased Together All Those Years (mencoba menterjemahkan dengan Mandarin pas-pasan =.=).

Film ini berasal dari novel dengan judul sama dan ternyata based on true story. Ceritanya bagus, lucu, sweet, dan mengharukan. Saya jarang suka film model begini, saya lebih suka yang banyak action dan teknologinya, tapi film ini sukses bikin saya puas dan tersenyum di akhir.

Karena film ini bagus, jadi gatel mau taruh di blog. Ya, sudahlah. 

Oke, dimulai.

Ko Ching Teng si tokoh utama adalah cowok nakal dan pembuat onar di sekolahnya. Dia itu tipe yang malas belajar dan iseng banget. Saya suka sama tingkahnya yang aneh-aneh. Saya juga suka teman-temannya yang gokil dan gila semua.

Ada satu kali Ko Ching Teng ini dihukum guru dan akhirnya disuruh duduk di depan seorang murid teladan bernama Shen Jia Yi.

Nah, Shen Jia Yi ini cewek biasa yang alim banget. Seluruh anggota geng gila Ko Ching Teng suka sama cewek ini, sementara Ko Ching Teng sendiri agak sebel sama ini cewek. Gimana nggak? Cewek ini negur dia melulu kalau bikin masalah.

Tapi ada satu kali si Ko Ching Teng rela dihukum guru dengan meminjamkan buku pelajarannya pada Shen Jia Yi yang kebetulan hari itu nggak bawa buku. Dari situ, Shen Jia Yi mulai perhatian sama cowok itu. Ko Ching Teng dipaksa belajar dan diajarin sama dia supaya bisa dapat nilai bagus di sekolahnya. Dan seperti biasa, si cowok jatuh cinta dengan si cewek. *wink

Lalu cerita bergulir seperti kehidupan nyata. Lulus sekolah, kuliah, dan kerja. Bahwa apapun yang dipelajari di sekolah tidak menjamin kesuksesan di masa mendatang.

Yang bikin film ini menarik adalah keunikan masing-masing tokohnya. Saya suka banget sama teman-teman Ko Ching Teng. Saya harus akui persahabatan di antara mereka bikin saya iri. Keren banget. Ah, susah dijelaskan. Keisengan dan kenakalan mereka bikin saya bernostalgia akan masa high school dulu. Hidup si tokoh utama ini benar-benar colorful banget. Dan perjalanan hidupnya sangat menarik sehingga tidak heran akhirnya dibikin novel.

Pengen baca bukunya. Tapi... sayangnya dalam bahasa Mandarin. Coba kalau ada yang mau terjemahin.

Oh, ya. Saya nggak nemu trailer berteks Inggris yang bagus dari film ini. Yang ada trailer dengan teks Mandarin. Hayah... Sayang saya nggak bisa edit video, gaptek sih.

"Shen Jia Yi, I like you, really like you... I hope someday I can get you."

"My name is Ko Ching Teng. That year, I was sixteen years old. Although Shen Jia Yi and I were in the same class for three years, but the distance between good student and bad student could not be changed."

"If you don't bring the book, please stand up!"

"Thank you."

"No problem. I have no shame." 

"Why don't you like to study?"

"Because I don't want to beat the first-ranked student, so I deliberately let you win."

"I don't like boys who are more stupid than me."

"Starting from that time, studying is not a hard thing to do for me."

"I like you. You must have known that."

"I thought I was a person who has no shame. But... I just found out that in front of the girl that I like, I am just a coward."

"I want to be a great person. So that I can make the world have a little change."

"Ko Ching Teng, you joined the fight and hurt yourself. Why are you so childish?"


"Yes, I am stupid. I don't even understand anything."

"I keep thinking that every problems in the world always have answers. Actually, in life there are several things that have no answer." 

Kira-kira arti yang saya tangkap sih begitu (kayaknya ada yang harus dikoreksi). Saya pasti mau nonton lagi kalau ada kesempatan.

Ini ada trailer versi lainnya. Tapi saya lebih suka trailer yang di atas.

Dreamer tried to paint something and failed, no sense of art at all, zzz...


Monday, 12 December 2011

Size 14 Is Not Fat Either

Judul : Size 14 Is Not Fat Either (Heater Wells #2)
Penulis : Meg Cabot
Tebal : 400 halaman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
My rating : 4/5

Seperti karangan Meg Cabot lainnya, tokoh utama ceweknya pecicilan, konyol, sarkastik, dan agak gila. Yah, itu style si pengarang sih. Tapi menurut saya, agak aneh kalau cewek berusia 30 tahun sifatnya kayak gitu. Kesannya masih remaja dan belum dewasa.

Tapi ya sudahlah. Mungkin maksudnya memang pengen bikin tokohnya kekanak-kanakan. 

Cerita dimulai dengan ditemukannya sebuah kepala orang yang direbus di kompor dapur kafeteria asrama. Hebat! Kepala rebus seorang homecoming queen. Kesannya menakutkan kan? Tapi nggak. Lebih terkesan lucu karena narasi Heather, si tokoh utama memang agak gila. 

Yah, cerita berputar sekitar penyelidikan berbahaya yang dilakukan Heather. Tapi diseling dengan kehidupan pribadi Heather dan interaksinya dengan orang-orang unik yang dikenalnya. Nah, saya suka sama kehidupan sehari-harinya Heather. Mulai dari kesukaannya akan makanan berlemak padahal dia sudah gemuk, kesibukan pekerjaannya sebagai seorang asistem gedung tinggal/asrama, crush-nya sama pemilik apartemen tempat dia tinggal yang adalah kakak mantan tunangannya, ibunya yang kabur dengan uangnya ke Argentina bersama pacarnya, dan bosnya yang gay.

Seri Heather Wells ini mengambil tema yang mirip Nancy Drew. Ada pembunuhan dan si tokoh utama menyelidiki siapa pelakunya. Karena Heather Wells ini agak nekad dan gila, biasanya penyelidikannya berakhir dengan agak cacat. 

Tapi memang tokoh-tokohnya cacat semua. Ada ayah Heather Wells yang mantan narapidana tapi suka yoga, ada mantan tunangan Heather yang merongrong melulu kerjaannya, ada pegawai kafeteria yang suka nggak jelas ngomong "Mana bintang-bintang kecilku?", ada mahasiswa yang tinggal di asramanya dan naksir si Heather (padahal usianya baru 20 tahun), ada pengedar narkoba yang tinggal di depan apartemen Heather, dan seterusnya.

Ceritanya tidak bisa dijabarkan satu per satu. Pokoknya saya terhibur banget baca ini. Lucu!

Dreamer is craving Western food nowadays, sigh*...


Sunday, 11 December 2011

Blind Date

Judul : Blind Date
Penulis : aliaZalea
Tebal : 272 halaman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
My rating : 3/5

Ini adalah novel yang penuh dengan mimpi indah dan luar biasa. Direkomendasi buat orang yang ingin mengkhayal tingkat tinggi mendapatkan keberuntungan seperti tokoh utama novel ini yang bernama Titania Larasati.

Ceritanya si Titania ini memergoki pacarnya, Brandon ML sama asisten di kantornya. Alasan si Brandon selingkuh itu karena nggak tahan. Si Titania nggak pernah mau kasih seks ke dia. Dan parahnya selama tiga tahun pacaran si Brandon itu sudah nipu Titania habis-habisan dengan banyak perempuan. Itu sebabnya si Brandon itu sweet banget sama Titania selama ini sebagai cerminan rasa bersalah.

Dan parahnya Brandon bilang kalau nggak ada cowok yang bakal mau sama si Titania selain dia. Kurang ajar sekali!

Nah, untuk membuktikan kalau Brandon salah si Titania membayar jasa blind date 2000 dolar buat dapat pasangan. Dan cerita bergulir dengan kisah blind date Titania.

Terus-terang saya suka ide dasar ceritanya. Catchy dan cocok sama metropop. Tapi banyak tapinya nih... Jadi saya bikin list aja.

1. Settingnya di Amerika. Oke, tokoh utamanya ceweknya orang Indonesia sih. Tapi nggak tahu kenapa ya. Bahasanya jadi kaku banget. Pake "saya-kamu" dan banyak bahasa Inggrisnya. Menurut saya, novel Indonesia itu harus pakai bahasa Indonesia. Yah, setidaknya kalau pakai bahasa Inggris jangan satu paragraf penuh. Cukup bilang kalau dia lagi ngomong pakai bahasa Inggris. 

2. Tidak realistis. Kebetulan yang dialami si Titania ini nggak masuk akal sama sekali. Dia ketemu cowok tokoh utamanya, Reilley di waktu dan tempat yang TIDAK MASUK AKAL. Pertama, waktu Titania mutusin Brandon dan si Brandon melawan... Reilley ada di situ untuk menolong. Kedua, mereka ketemu di toko swalayan dan si Reilley kebetulan butuh bantuan buat milih bahan makanan. Ketiga, di tengah jalan waktu mobil Titania bannya kempes dan si Reilley datang tiba-tiba membantu betulin ban. Keempat, Titania sedang ikut pesta Halloween di kantornya dan digangguin si Brandon. Eh, si Reilley nongol nyelamatin dia lagi. Kelima dan yang paling parah, Reilley menjadi pasangan blind date yang ditunjukkan oleh perusahaan jasa blind date Titania. Di situ saya langsung WHAT????!!! Duh, kalau mau bikin mimpi ya kira-kira dikit. Kebetulannya bikin jengkel nih.

3. Tokoh cowoknya terlalu sempurna. Oke, ini harusnya kelebihan novel ini. Tapi saya suka tokoh yang masuk akal dan membumi. Walaupun saya harus mengakui Reilley ini tipe yang sebagian besar cewek mau. Pengertian, baik, sweet, kaya, ganteng, cinta mati sama si cewek, nggak pernah marah-marah... Jiahhh... mimpi di siang bolong. 

Yah, itu saja deh. Alurnya sih biasa-biasa saja. Agak boring karena si Titania ini cuma punya teman curhat satu doang, yaitu adiknya. Yah, interaksi dia cuma seputar Reilley-adiknya-Brandon. Sudah, deh. Bosan pasti.

Tapi karena saya cukup terhibur dengan hubungan Reilley-Titania yang kaku (pake "saya-kamu") dan cute, jadi saya kasih bintang tiga deh. 

Warning : Jangan banyak baca buku beginian soalnya nanti kecewa lihat orang di dunia nyata tidak sesempurna tokoh di dalam novel.

Dreamer is in holiday, yay!


Saturday, 10 December 2011

Someone To Watch Over Me

Title : Someone To Watch Over Me (Bow Street Runners #1)
Writer : Lisa Kleypas
Number of Pages : 362
Publisher : Avon
My rating : 3/5

One night, a waterman called bow street runners (police) because he found a dead woman drowned in the river. Grant Morgan came to the scene and checked the victim. To his surprise, the woman was still alive. 

But, she didn't remember who she was.

Grant knew her. He hated her actually. In the former life, Vivien Duval was a courtesan who liked to slept with men only for money. A high class prostitute who had once spread the false rumor about him just because he refused to sleep with her.

Grant was kinda excited to find the woman he hated became vulnerable and desperately needed his protection. He planned to take advantage of her condition and he would make her feel sorry for what she had done. 

Only, he found out that this Vivien Duval was a kind, heart-warming, lovely, and smart woman. He could not help falling in love with her although he didn't want to admit that he felt that way toward the courtesan.

Romance and suspense. Grant investigated the cases about Vivien when her murderer was still out there thinking that she was dead. 

Could it be that the same person has different personalities just because of amnesia? Of course, not. The woman Grant loved was Vivien's twin sister, Victoria. 

Okay, in my opinion this story was quite boring. Simple story and yet it is dragged and dragged and dragged until 362 pages without any climax. I even had already known the murderer since the beginning and the suspense was very dull. The ending was good and complete. Too complete actually, it made me think that the ending was just too long. I know Lisa Kleypas just wants to explain about anything so that there are not anything missing or unfinished. So, I am okay with that although it increases the degree of the boringness.

However, I like the characters. I like Victoria more that Grant actually. She was cute and funny. She was easily blushed and seemed very innocent. I would like to meet that kind of person in real life to become her friend. On the other hand, Grant was the kind of person who was always in control, competent, and mysterious. But, he was very sweet to Victoria. Sweetness excessive, I kept saying : "Awww... Owwww..." during the reading process.

Yeah, ordinary book. Nothing special, except the way Lisa Kleypas writes. As always, I love her writing. Many people might think the writing was just too much with description, but I like description. It makes everything so real and it is easier to imagine the situation if the description is very detail. 

Until next time...

Dreamer is in swaying mood,


Friday, 9 December 2011

Dan Hujan Pun Berhenti

Judul : Dan Hujan Pun Berhenti...
Penulis : Farida Susanti
Tebal : 322 halaman
Penerbit : Grasindo
My Rating : 4/5

Saya tertarik membeli buku ini karena ternyata pengarangnya dapat penghargaan khatulistiwa award kategori penulis muda berbakat. Tapi saya nggak berharap terlalu tinggi sih.

Eits, jangan salah. Saya sangat terkejut, lho. Begini ya. Waktu buku ini terbit si penulis paling baru berusia 17 tahun. Bagaimana cara orang semuda itu menciptakan novel dengan cerita berat, dark, dan rumit model begini? 
*geleng-geleng kepala

Menceritakan seorang murid SMA bernama Leo, blasteran Jepang-Indo yang nggak pernah mau percaya sama orang lain. Dia bersikap berandalan dan selalu membuat onar. Dia juga menganggap semua orang di sekitarnya itu hanyalah budak yang bisa dia manfaatin sebagai kedok kalau hidupnya normal.

Padahal jelas dia nggak normal.

Ternyata Leo punya masa lalu yang kelam. Ayahnya suka memukulinya, ibunya juga nggak peduli sama dia, dan itu membuatnya kabur dari rumah. Dia hidup cuma dari uang yang dikirim kakaknya. Karakter Leo ini memang menyebalkan. Kurang ajar, keras kepala, dan pastinya agak sedikit gila karena psikologinya rusak. Dia benci semua orang di sekitarnya. 

Kecuali Iris, gadis kecil lemah yang berhasil menembus tembok hatinya. Tapi di akhir Iris mengusirnya pergi dan di hari yang sama... Iris tertabrak mobil dan meninggal.

Kehilangan membuat Leo semakin skeptis sama dunia. Dia tidak menyayangi siapapun kecuali adik dan kakaknya karena mereka bertiga mengalami nasib yang sama dengan memiliki orang tua sinting dan tak berperasaan.

Itulah latar belakang seorang Leo.

Sebenarnya novelnya lebih bersifat banyak flashback. Cerita di buku ini dimulai dengan awal yang aneh, yaitu pertemuan Leo dengan cewek yang sedang menggantung teru-teru bozu. Apa itu teru-teru bozu? Itu tuh, boneka yang dipercaya orang Jepang sebagai penangkal hujan. Biasanya digantung di luar rumah (lihat cover buku buat jelasnya). 

"Hei! Kenapa menggantungkan itu?"
"Biar hujan nggak turun."
"Memangnya kenapa kalau turun?"
"Aku keburu mati sebelum aku bunuh diri."
"Kamu mau bunuh diri?"
"Ya, asal nggak hujan."

What???? Sumpah, nggak jelas banget dialog itu. Tapi justru sangat catchy. Gila, tokoh utama ceweknya yang bernama Spiza itu mau bunuh diri.

Hebat. Cowok sama ceweknya sama-sama damaged people. 

Nah, bagaimana hubungan keduanya selanjutnya? Kenapa Spiza mau bunuh diri? Sebaiknya dibaca sendiri supaya lebih jelas.

Saya suka sama cerita buku ini. Saya suka cerita yang dalam, serius, dan terutama saya suka cerita orang yang sakit secara psikologi. Bukan sakit jiwa gitu, tapi ada yang broken dari jiwanya. Makanya pas saya tahu kedua tokoh utamanya broken, saya langsung semangat bacanya. (Tampaknya yang sakit jiwa itu saya, ya...)

Terus-terang ini teenlit pertama yang bisa menjadi kandidat buku favorit saya. Romantisnya dapat, sedihnya dapat, frustrasinya dapat, bahkan emosinya juga dapat. Tapi sayang. Mungkin karena penulisnya masih muda, atau mungkin saya yang sudah terlalu tua, yang jelas banyak dialog yang terasa aneh. Kekanak-kanakan mungkin. Jokenya bahkan saya nggak dapat di mana letak lucunya. Rasanya kok garing ya. Karena ceritanya sendiri sudah dark, mungkin lebih baik nggak usah ada joke sama sekali. Malah jadi bikin saya mutar mata dan es-we-te sendiri. Apalagi ada bagian di mana si Leo ngomong sambil nge-rap kayak orang negro. Please, deh. 

Tapi secara keseluruhan saya suka banget ceritanya yang beda banget sama teenlit biasanya. Bagaimana si Leo berkembang menjadi pribadi lebih dewasa dan mau memaafkan, bagaimana hidup menawarkan kesempatan kedua, bagaimana sebuah pengorbanan bisa menunjukkan berapa indah sebuah kehidupan itu...

Aduh, tapi itu... percakapan dalam huruf kapitalnya banyak amat. Tokoh-tokohnya senang banget berteriak sama marah-marah. Mungkin lebih enak kalau dijelasin saja kalau mereka sedang berteriak daripada ditulis dengan huruf kapital. Sakit mata juga sih lama-lama, hehe...

Saya benar-benar salut sama pengarang satu ini. Keren banget bisa bikin cerita model begini. WOW!

Dreamer is happy because her mother will come to Singapore, time for shoppingggg (oops! I didn't mean to say that actually...)


Thursday, 8 December 2011

Kisah-kisah Tengah Malam

Judul : Kisah-kisah Tengah Malam
Penulis : Edgar Allan Poe
Penerjemah : Maggie Tiojakin
Tebal : 245 halaman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
My rating : 4/5
Pertama kali saya lihat buku ini di Gramedia, saya langsung tertarik ingin baca. Kenapa? Karena nama Edgar Allan Poe itu cukup familiar walau saya belum pernah baca karyanya. 

Sebagai catatan, sebenarnya buku ini memang berisi cerpen karya Mr. Poe (kok jadi cute namanya kayak Winnie the Pooh?). Tapi buku ini disusun dan diterjemahkan oleh Maggie Tiojakin, seorang jurnalis dan penulis cerpen. Dia punya website bernama Fiksi Lotus yang isinya semua tentang fiksi penulis klasik dunia. Yang suka karya klasik boleh coba lihat-lihat di situ.

Oke, kembali pada cerpen Mr. Poe. Saya kan nggak tahu jenis cerpen apa yang bakal saya temui di buku ini. Tapi begitu saya baca kata pengantarnya... Buset. Alirannya horor gotik! Mampus, deh. Saya paling nggak bisa disuruh baca horor, dijamin nggak bisa tidur. Tapi karena sudah dibeli, jadi coba baca deh.

Ternyata bukan jenis horor setan, lebih pada misteri dan cara penuturan Mr. Poe yang sedikit maniak. Malah saya suka ketawa baca tulisannya yang gila. Saya mengerti kenapa si Mr. Poe ini legendaris, jenius banget sih. Bisa-bisanya bikin cerita model beginian.

Saya bahas satu-satu saja.

1. Gema Jantung Yang Tersiksa
Judul aslinya Tell-Tale Heart yang memang salah satu cerpen terkenal si Mr. Poe. Ceritanya tentang orang yang benci sama seorang laki-laki tua. Alasannya dia nggak suka lihat matanya yang berselaput menjijikkan (jangan tanya kenapa alasannya aneh). Yang jelas si psikopat ini akhirnya membunuh si laki-laki tua, memutilasi tubuhnya, dan menguburkan bagian-bagian tubuhnya di bawah lantai. Namun, dia tetap tidak tenang karena merasa mendengar suara jantung si lelaki tua terus-menerus. Kesimpulan : wong edan!!!!

2. Pesan Dalam Botol
Ah, saya tidak begitu suka sama cerita ini. Ceritanya bersetting di kapal yang terkena badai. Seluruh awak kapal meninggal kecuali si tokoh utama dan seorang pria tua asal Swedia. Dalam keadaan terdampar, si tokoh utama berharap akan datangnya penyelamatan. Suatu hari sebuah kapal besar datang dan si tokoh utama ini berhasil masuk ke kapal itu tanpa ketahuan. Tapi anehnya, awak kapal tersebut sudah tua dan tak bersemangat. Nggak peduli sama keberadaannya. Di akhir, mereka terjebak dalam sebuah pusaran air. Tapi sebelumnya, si tokoh utama sempat berhasil menuliskan pengalamannya (atau permintaan SOS ya?) di dalam botol. Kesimpulan : nyeh...

3. Hop-Frog
Ceritanya tentang seorang raja yang suka sama lawakan. Kerjaannya menyuruh orang bikin humor di depan dia. Kalau ketawanya makin besar, makin sukalah si raja sama si tukang lawak. Nah, salah satu pelawak kesukaan raja itu namanya Hop-Frog. Suatu hari si raja minta saran dari si Hop-Frog untuk memilihkan kostum paling spektakuler dan paling lucu supaya para tamunya terpesona. Nah, si Hop-Frog milih kostum monyet berbulu buat raja dan ketujuh menterinya. Yah, di akhir si Hop-Frog kabur setelah berhasil membakar si raja dan ketujuh menterinya. Kesimpulan : sakit jiwa!!!

4. Potret Seorang Gadis 
Ini cerpen paling pendek. Tentang seseorang yang mengamati sebuah lukisan wanita. Nanti dia bakal tahu asal-usul di balik lukisan itu yang makjang. Kesimpulan : nggak jelas sih...

5. Mengarungi Badai Maelström
Bercerita tentang pengalaman seseorang mengalahkan badai terbesar di tengah laut. Kesimpulan : naon???

6. Kotak Persegi Panjang 
Menceritakan pelayaran seseorang. Di kapal tersebut ia bertemu teman lamanya yang seorang pelukis. Nah, si tokoh utama penasaran kenapa si pelukis bawa kotak peti yang berat ke mana-mana. Ia menduga kalau kotak peti itu berisi lukisan selundupan. Sebenarnya saya sudah bisa menebak sih apa isinya. Jadi, nggak begitu surprised di akhir. Kesimpulan : so-so, lah...

7. Obrolan Dengan Mummy
Salah satu cerpen yang saya suka. Antik banget. Ceritanya tentang para ahli autopsi dan arkeolog yang diizinkan mengutak-atik mumi yang dibawa langsung dari Mesir. Dengan keajaiban ilmiah, si mumi bisa hidup lagi. Mereka mengobrol tentang kemajuan teknologi dan teori-teori hebat zaman dulu. Perbincangan itu membuat si tokoh utama ingin menjadi mumi dan dibangunkan ratusan tahun kemudian supaya bisa melihat masa depan. Kesimpulan : keren...

8. Setan Merah
Setan merah di sini adalah sebuah penyakit mematikan yang membunuh banyak rakyat. Karena ketakutan, Pangeran Prospero memanggil seribu orang temannya untuk bersembunyi dalam gereja yang terisolasi dari wabah tersebut. Interior gereja mengenai kamar berwarna-warninya sukses bikin saya ketakutan. Pokoknya kalau bikin rumah, saya nggak mau warna lain selain putih! Nah, suatu kali di sebuah pesta yang diadakan si pangeran, keanehan terjadi. Sang setan merah datang dan you know what happened already. Kesimpulan : geje (ga jelas), siapa sih si setan merahnya??

9. Kucing Hitam
Black Cat ini juga karya terkenal Mr. Poe ternyata. Ceritanya tentang psikopat lagi. Alamak! Jadi, ceritanya si tokoh utama ini baik-baik saja awalnya. Dia punya istri dan sekawanan hewan peliharaan karena kebetulan dia suka sama binatang. Nah, dia paling suka sama kucing hitamnya yang diberi nama Pluto. Kucing hitam adalah lambang kesialan dan itulah yang terjadi. Si tokoh utama berubah dari baik jadi bernafsu ingin membunuh. Dia gantung si kucing setelah sebelumnya mencongkel matanya. Lalu, hidupnya kembali normal sekalipun ia dihantui mimpi tentang si kucing yang sudah ia bunuh. Suatu hari ia bertemu kucing hitam lagi yang mirip dengan si Pluto. Dasar kucing hitam! Si tokoh utama kembali jadi gila. Dia bunuh istrinya dan mengubur mayatnya di balik dinding rumah. Sampai akhirnya polisi datang dan perbuatannya terbongkar juga gara-gara si kucing hitam! Kesimpulan : saya emang nggak suka kucing sih, apalagi yang item dan budug, iuhhh...

10. Jurang dan Pendulum
Cerpen yang sangat mencekam. Ceritanya si tokoh utama dikurung dalam suatu penjara yang mengerikan. Ada jurang di salah satu bagian lantainya, sementara dia diikat di tempat tidur di mana di atasnya ada pendulum bersisi tajam yang turun sedikit demi sedikit siap menusuk badannya. Ada banyak tikus juga yang dimanfaatkan tokoh utama untuk menggigit lepas tali yang mengikatnya supaya dia bisa bebas dari pendulum. Tapi penjara ini tidak punya jalan keluar. Begitu dia berhasil lepas, dinding besi di sekitarnya berubah membara dan panas tak terkira. Dinding itu bergerak maju, maju, dan maju membuatnya tertarik untuk jatuh ke jurang sebagai penyelamatan akan rasa panas itu. Kesimpulan : hukum gantung atau guillotine jauh lebih mending deh... ini sih nakut-nakutin orang saja.

11. Pertanda Buruk 
Yeh, saya nggak begitu jelas maksud cerpen ini apa. Mungkin karena si tokoh utama punya daya imajinasinya tinggi sampai melihat hal yang bukan-bukan. Padahal jelas itu nggak ada. Kesimpulan : terlalu banyak baca buku fantasi sih, makanya jadi tukang mengkhayal...

12. William Wilson
Bisa ketebak sih ceritanya dari awal. Soalnya saya masih ingat dengan film Black Swan yang dimainkan Natalie Portman itu. Film psikologi itu menceritakan tentang kepribadian ganda yang berakhir dengan membunuh diri sendiri karena membenci sosok "saudara kembarnya". Yah, kira-kira sama kayak cerita ini. Kesimpulan : paling takut sama kegilaan seperti ini... mending gila yang lupa ingatan saja deh...

13. Misteri Rumah Keluarga Usher
Saya pikir karena ditaruh paling akhir, cerpennya pasti bagus. Eh, nggak tahunya... saya nggak suka. Ceritanya tentang orang yang berkunjung ke rumah teman lamanya yang bernama Roderick Usher. Si Roderick ini menderita penyakit aneh. Selebihnya si tokoh utama dihadapkan pada misteri rumah keluarga itu yang sangat nggak masuk akal. Sampai akhirnya rumah itu hancur ditelan badai. Kesimpulan : ya, sudahlah... rumah aneh sepantasnya hancur supaya nggak bikin dunia makin aneh...

Buku yang menarik bagi mereka yang ingin mencoba suatu genre yang unik. Saya sih kapok soalnya saya nggak dapat apa-apa dari buku ini selain sedikit teror. Lagian saya juga nggak gitu suka cerpen, kurang bisa mendalami karakternya. Mending baca cinta-cintaan saja deh. Ringan dan happy, hehe...
Dreamer is waiting for Christmas, the most wonderful day of the year...


Wednesday, 7 December 2011


Title : Frostbite (Vampire Academy #2)
Writer : Richelle Mead
Number of Pages : 327
Publisher : Razorbill
My rating : 4/5

I prefer the story of book one because there are more suspense, mystery, and hidden secrets. In Frostbite, the enemies were very clear, the strigoi. They planned to kill all royal moroi.

Rose changed a bit. She now considered her actions more, she was less reckless and bitchy. And that was because of Dimitri, her mentor. Maybe the Zen-life lectures of self-control from him did have effects to Rose's rebellious natures. Or maybe it was simply because Rose really loved him.

The story began...

Rose was supposed to take practical exam. The person who would gave the test was a legendary dhampir. But when she and Dimitri arrived at the place, the legendary dhampir and his royal moroi had already been dead, killed by strigoi. 

Royal moroi were getting anxious and scared. They decided to put all the students from St. Vladimir academy in ski resort exclusively for moroi. Well, I felt bored in this part. Nothing important happened here because all moroi were protected. Mostly ski resort part told about drama between Rose and her mother, Rose's new "friend" Adrian Ivashkov, and her relationship with Mason.

It started to get interesting when Mason, Mia, and Eddie ran away to Spokane, which was said as one of strigoi nest. They were foolishly believed that three untrained students could beat powerful strigoi.

Rose knew and she asked Christian Ozera, fire moroi who was Lissa's boyfriend to help her dodging the guards. But, in the end Christian also joined the forces. After that, there were more fighting and more adventures which were very good.

Christian Ozera!!!! He was that cool, damn.

Sadly, someone died here. T.T Why oh why? I like that character and in a matter of seconds he/she (no spoiler) was dead. Rose was shocked, so was I. I cried when Rose became so angry and devastated seeing the death that she took revenge in a dramatic way.

Dreamer is so agitated, wanna continue reading but final date line is close...


Tuesday, 6 December 2011

Your Wicked Ways

Judul : Your Wicked Ways (Duchess Quartet #4)
Penulis : Eloisa James
Tebal : 440 halaman
Penerbit : Dastanbooks
My rating : 1/5

Seri terakhir Duchess Quartet ini paling saya tunggu-tunggu. Kenapa? Soalnya saya penasaran sama Helene, Countess Godwin yang kaku dan sangat alim. Bagaimana caranya dia berbaikan lagi dengan suaminya, Rees yang suka selingkuh? Bagaimana caranya Rees menebus semua perbuatan bejatnya?

Yah, menarik sih. Kan kapan lagi dapat cerita tentang istri yang telah disakiti memaafkan suaminya? Apalagi si Rees ini bahkan mengusir Helene agar tidak tinggal di rumahnya. Yang tinggal di rumahnya malah gadis opera simpanannya. Jahat, memang.

Tapi saya kecewa, sangat sangat sangat kecewa dengan buku ini. Saya tidak tahu kenapa buku ini diterbitkan di Amerika sana. Plotnya kacau, penokohannya yang aneh, dan bahkan terlalu banyak dialog yang nggak nyambung. Nggak masuk akal sama sekali. Ditambah lagi cerita Rees-Helene ini dirusak dengan secondary characters yang tidak jelas. Secondary characters-nya itu adik Rees yang seorang pendeta dan gadis opera bekas selingkuhan Rees. Astaga. Pendeta dan si gadis opera saling berdialog tentang alkitab. Who cares? Cukup dialog pintar saja, tidak perlu menjelaskan secara detail soal alkitab. Rees dan Helene juga sama saja. Dasar maniak musik! Setiap dialognya bicara soal partitur dan lirik lagu yang bahkan nggak ada hubungannya dengan cerita utama. Ini kan buku historical romance bukan alkitab dan panduan musik opera. 

Emosi bacanya.

*Tarik napas...

Edisi terjemahan Dastanbooks juga tidak kalah buruk. Banyak typo dan terjemahan aneh yang sangat mengganggu. Mungkin penerjemahnya juga sudah kesal sama ceritanya sampai nggak peduli lagi. (*sotoy narik-narik kesimpulan).

Saya pengennya nggak kasih bintang. Cuma, saya tahu Eloisa James sudah susah-susah research soal opera dan liriknya itu. Walaupun dia gagal menarik minat baca saya.

Seri Duchess Quartet :
1. Duchess In Love
4. Your Wicked Ways

Wrong choice of book devastated dreamer's mood,