Friday, 31 January 2014

English Book Reading Challenge 2013 Wrap Up Post


Wrap Up Post terakhir yang ketinggalan buat tahun 2013 kemarin, hehe...

English Book Reading Challenge ini lumayan ringan sih. Targetnya cuma 12 buku dalam setahun. Tapi karena saya memang baca banyak buku inggris, jadi lumayan panjang juga daftarnya.

Daftar buku inggris yang dibaca tahun 2013:

1.   Finale by Becca Fitzpatrick
26. The Pact by Jodi Picoult

Thursday, 30 January 2014

Me Before You


Judul : Me Before You
Penulis : Jojo Moyes
Tebal : 656 halaman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Lou Clark tahu banyak hal. Dia tahu berapa langkah jarak antara halte bus dan rumahnya. Dia tahu dia suka sekali bekerja di kedai kopi The Buttered Bun, dan dia tahu mungkin dia tidak begitu mencintai pacarnya, Patrick.

Tetapi Lou tidak tahu bahwa dia akan kehilangan pekerjaannya, dan peristiwa apa saja yang akan menyusul kemudian.

Setelah mengalami kecelakaan, Will Traynor tahu dia sudah tidak berminat lagi untuk melanjutkan hidupnya. Dunianya kini menyusut dan tak ada lagi suka cita. Dan dia tahu betul, bagaimana mesti menghentikannya.

Namun Will tidak tahu bahwa sebentar lagi Lou akan masuk ke dunianya dengan membawa warna-warni ceria. Mereka berdua sama-sama tidak menyadari, betapa mereka akan membawa perubahan besar ke dalam kehidupan satu sama lain.

Review:
Buku ini cukup fenomenal, menurut saya. Soalnya buku ini muncul terus di timeline goodreads saya tahun lalu dengan rating yang nggak tanggung-tanggung, 5 bintang terus. Padahal saya sudah jarang buka goodreads, lho. Jadilah, saya penasaran. Apalagi selain rating-nya bagus, bukunya tebal.

Ceritanya sebenarnya sederhana. Kita akan disuguhkan dilema baru, yaitu mengenai hak untuk di-euthanasia. Saya ingat dulu kalau zaman debat di SMA, tema euthanasia sering kali muncul. Apakah membunuh seseorang atas dasar kemanusiaan itu diperbolehkan? Apakah membunuh tetaplah membunuh, apapun alasannya?

Will Traynor adalah seorang pengacara sukses, kaya, senang bertualang, tampan, dan banyak disenangi wanita. Hanya karena satu hari sial, ia mendapatkan kecelakaan. Tulang punggungnya rusak di bagian C5-6 dan dia harus hidup di kursi roda selamanya. Lumpuh, gampang sakit, lemah, terus-menerus bergantung pada orang lain, namun... otaknya tetap brilian dan mampu menyadari segalanya. 

Will orang yang kuat. Tapi akhirnya ia pun harus menyerah kalah dan ia memutuskan ingin mati. Seluruh keluarganya tentu saja menolak. Mereka berusaha membujuknya sehingga Will pun dengan berat hati memberikan waktu 6 bulan terakhir untuk keluarganya. 

6 bulan yang singkat. Ibu Will mencari seseorang yang bisa mengubah pikiran Will dalam kurun waktu tersebut. Dan masuklah Lou Clark. Lou ini tipikal cewek yang biasa-biasa saja. Ia datang dari keluarga kelas bawah dan ia hanya bekerja sebagai pelayan kafe. Saat kafe tempatnya bekerja tutup, ia pun ditawarkan bekerja mengurus Will dengan gaji tinggi.

Lou mengupayakan segala cara untuk membuat Will gembira dengan mengajak pria itu jalan-jalan. Interaksi keduanya sangat lucu kadang-kadang saking sederhananya. Pada akhirnya, mereka saling jatuh cinta. Tapi apakah cinta itu cukup untuk mengubah pikiran Will?

Saya cukup suka dengan idenya. Saya sempat merenung sendiri. Apakah saya setuju dengan pilihan Will? Sayangnya saya tidak setuju. Menurut saya dia egois dan pilihannya itu membuat orang tuanya sedih. Lagipula apa bedanya itu dengan bunuh diri? Memang hak sih hak. Tapi kesannya beda dengan euthanasia orang sakit yang sudah tidak bisa memberikan keputusan apapun. Yah, saya mengerti sih kenapa Will begitu. Bagi orang yang pernah merasakan kebebasan dan keindahan di luar sana tanpa batasan, menjadi lumpuh adalah neraka. Hanya saja saya bukan orang seperti itu. Saya lebih takut mati daripada hidup lumpuh. Saya tidak tahu apa yang menanti saya setelah mati. 

Ending dari cerita ini membuat saya tidak puas sebenarnya. Saya menghabiskan 656 halaman hanya untuk kembali ke titik awal. Tapi saya sangat menyukai kehidupan Lou yang sederhana itu. Yah, saya memang penggemar cerita kehidupan di desa/kota kecil gitu, hehe...

Secara keseluruhan, saya mengerti kenapa buku ini fenomenal. Tapi sayangnya saya tidak merasa buku ini sebagus dan sesuai dengan rating-nya. 

3/5

Catatan:

Buku ini saya dapat dari Secret Santa misterius yang baik hati itu. Dia menghadiahkan saya buku ini bersama dengan pembatas buku yang lucu-lucu. 

Dan tentu saja disertai dengan riddle yang mengarah kepada sang Santa. 


Dari gambarnya, saya langsung terpikir kalau Santa-ku ini penggemar Roald Dahl. Tapi saya tidak mau asal yakin dulu, soalnya empat quotes di atas bukan dari buku Roald Dahl saja. 

"Those who don't believe in magic, will never find it." 
(ini beneran Roald Dahl sih)

"You can't find someone who doesn't want to be found."  
(kalau ini dari Isabel Allende)

"You have to believe. Otherwise, it will never happen."  
(ini dari Neil Gaiman)

"One of the saddest things in life, is the thing one remember."  
(saya suka quote Agatha Christie ini)

Hmm... apa hubungan quotes ini sama si Santa ya? Saya pikir pasti si Santa pernah baca buku dari keempat pengarang ini. Matilah. Saya harus cari di goodreads. Satu-satu, pelan-pelan. 

Entah benar atau tidak, entah saya teliti atau tidak, untungnya saya hanya nemu dua orang yang pernah baca buku empat pengarang itu. Dua orang itu adalah Mba Maria Hobby Buku dan Mba Zelie. Karena cuma Mba Zelie yang nulis di bagian profile kalau dia penggemar Roald Dahl, maka saya rasa dialah Santa misterius saya. 

Benar nggak, Mba Zelie? Hehe... Makasih banget bukunya yagh, muachhh :D 

Tuesday, 28 January 2014

Paris: Aline


Judul : Paris: Aline (Setiap Tempat Punya Cerita #1)
Penulis : Prisca Primasari
Tebal : 224 halaman
Penerbit : Gagas Media

Ini tentang sebuah pertemuan takdir Aline dan seorang laki-laki bernama Sena. Terlepas dari hal-hal menarik yang dia temukan di diri orang itu, Sena menyimpan misteri, seperti mengapa Aline diajaknya bertemu di Bastille yang jelas-jelas adalah bekas penjara, pukul 12 malam pula? Dan mengapa pula laki-laki itu sangat hobi mendatangi tempat-tempat seperti pemakaman P√®re Lachaise yang konon berhantu? 

Wednesday, 22 January 2014

Mistress of The Game


Judul : Mistress of The Game
Penulis : Tilly Bagshawe
Tebal : 600 halaman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Sepeninggal Kate Blackwell, sang ratu berlian, cicit-cicitnya bertikai memperebutkan kendali Kruger-Brent---perusahaan internasional bernilai jutaan dolar. Tapi hanya satu orang yang bisa memegang kendali…

Lexi Templeton, kompetitor kejam yang cantik sekaligus pintar, bertekad untuk mengikuti jejak nenek buyutnya dan menjadi penguasa berlian. Sedangkan sepupunya yang tampan dan penuh tipu muslihat, Max Webster, akan melakukan apa pun demi mendapatkan Kruger-Brent. Ia akan merayu, mengkhianati, bahkan membunuh demi mendapatkan kesuksesan. Dan Gabriel McGregor bertekad untuk memenuhi takdirnya, tak peduli apa yang terjadi.

Dalam keluarga yang dipenuhi rahasia dan dendam, pemain yang bisa memenangi permainan mungkin menjadi satu-satunya yang bisa bertahan hidup.

Monday, 6 January 2014

Books Read in 2013

List of books read in 2013 (based on genre):

A. Historical Romance
1. Kingdom of Dreams by Judith McNaught
2. Until You by Judith McNaught
3. Just Like Heaven by Julia Quinn
4. A Night Like This by Julia Quinn
5. The Sum of All Kisses by Julia Quinn
6. The Bride by Julie Garwood
7. Annie's Song by Catherine Anderson
8. The Bridgertons: Happily Ever After by Julia Quinn
9. The Touch of Fire by Linda Howard

B. Young Adult Fantasy
1. Finale by Becca Fitzpatrick
2. The Lightning Thief by Rick Riordan
4. The Titan's Curse by Rick Riordan
7. Blessed Heart by Adam Aksara
8. Delirium by Lauren Oliver
9. Pandemonium by Lauren Oliver
10. Requiem by Lauren Oliver
11. City of Bones by Cassandra Clare
12. City of Ashes by Cassandra Clare
14. City of Fallen Angels by Cassandra Clare
15. City of Lost Souls by Cassandra Clare
17. Insurgent by Veronica Roth
18. Poison Study by Maria V. Snyder

C. Fantasy
1. The Host by Stephenie Meyer
2. Cloud Atlas by David Mitchell
3. Lapis Lazuli by Fenny Wong
5. Heaven's Net Is Wide by Lian Hearn

D. Modern Romance
1. Lukisan Keempat by Rina Suryakusuma
2. Suami Sempurna Untuk Tatiana by Astrid Zeng
4. Good Fight by Christian Simamora
5. Camar Biru by Nilam Suri
6. The Weight of Silence by Heather Gudenkauf
7. Unforgettable by Winna Efendi
8. Three Weddings And Jane Austen by Prima Santika
9. Celebrity Wedding by aliaZalea
10. Sunset Bersama Rosie by Tere Liye
11. Kastil Es dan Air Mancur yang Berdansa by Prisca Primasari
12. Where Rainbows End by Cecelia Ahern
13. Friends Forever by Danielle Steel
14. Fly To The Sky by Nina Ardianti & Moemoe Rizal
15. Forever Mine by Cherry Zhang
16. Forgiven by Morra Quatro

E. Teenlit and Young Adult
1. Waiting For You by Susane Colasanti
4. Perfect Chemistry by Simone Elkeles
5. Rules of Attraction by Simone Elkeles
6. What Happened To Goodbye by Sarah Dessen
7. Glam Girls by Nina Ardianti
8. Secret Admirer by Karizza Rakmavika

F. Historical Fiction and Classic Literature
1. Great Expectations by Charles Dickens
2. Pride And Prejudice by Jane Austen

G. Psychology and Philosophy
2. Nineteen Minutes by Jodi Picoult
3. Brida by Paulo Coelho
H. General Fiction
1. Ayah, Mengapa Aku Berbeda? by Agnes Davonar
4. The Thirteenth Tale by Diane Setterfield

I. Non Fiction

J. Anthology
1. Fantasy Fiesta 2011
2. Where's My Hero? 

K. Suspense Romance
1. Smash Cut by Sandra Brown
2. The Witness by Nora Roberts
3. Big Boned by Meg Cabot

Yah, waktu berlalu cepat sekali. Tiba-tiba tahun 2013 sudah pergi dan kini 2014 datang dengan awal yang baru lagi. Selama satu tahun kemarin, saya cuma berhasil membaca 80 buku saja. Itupun dengan terburu-buru di akhir. Sepertinya semakin usia bertambah, waktu yang tersedia semakin kurang. Saya tidak bisa lagi seperti dulu, membaca ratusan buku dalam setahun. Mungkin di tahun 2014, saya malah akan mengurangi target saya lagi. :)

Di tahun 2013, saya kembali banyak membaca buku fantasi seperti tahun lalu. Saya sedang kecanduan genre itu entah kenapa. Padahal dulu sih saya nggak suka. Mungkin selera saya sudah berubah? Yang jelas saya masih belum puas membaca buku-buku genre tersebut.

Untuk tahun 2014, saya hanya menargetkan untuk membaca 75 buku saja, dikurangi 10 buku dari target sebelumnya. Saya penasaran apa yang akan saya baca di tahun baru ini. Apakah masih tetap terikat dengan dunia sihir dan fantasi? Hehe...

Top 10 best books I read in 2013 (not in order):
1. Kingdom of Dreams by Judith McNaught (historical romance)
2. The Last Olympian by Rick Riordan (young adult fantasy)
3. The Host by Stephenie Meyer (fantasy)
4. Lapis Lazuli by Fenny Wong (fantasy)
5. When Rainbows End by Cecelia Ahern (modern romance)
6. Friends Forever by Danielle Steel (modern romance)
7. Forgiven by Morra Quatro (modern romance)
8. I For You by Orizuka (young adult)
9. Nineteen Minutes by Jodi Picoult (psychology)
10. The Thirteenth Tale by Diane Setterfield (fiction)

Happy New Year!!!