Friday 3 November 2023

Find Me


 Judul : Find Me (Shatter Me 4.5 & 5.5)
Penulis : Tahereh Mafi
Tebal : 224 halaman
Penerbit : Harper Collins

Kenji will do anything to protect the people he loves...

In Shadow Me, he must continue to help lead the resistance while supporting Juliette as she reel from Warner's betrayal.

In Reveal Me, he will be forced to stand up to the people he trusts the most in order to save those he cares about.

Review:
Terkadang saya suka bertanya-tanya apakah cerita seri Shatter Me ini bagus atau tidak ya. Plot dan dunianya itu sebenarnya nggak jelas banget. Tapi karakter-karakternya itu loh. Kenji dan Warner adalah karakter yang terlalu memorable untuk dilupakan. Dan karena saya pembaca yang lebih peduli sama karakter daripada plot, jadilah saya betah baca seri ini.

Saya selalu suka tokoh Kenji yang ceria dan selalu suportif sama Juliette. Sayangnya, buku-buku yang ditulis dari sudut pandang orang pertama itu terasa sangat sempit dan terbatas dalam menceritakan setiap aspek cerita serian ini yang sebenarnya bisa dibuat lebih menarik dan masuk akal. Terus karakter sampingan juga kurang banyak dibahas. Padahal saya pengen tahu si Kenji itu ngapain saja sih di luar jadi sahabat Juliette.    

Boleh dibilang narasi Kenji itu lebih asyik dibanding Juliette yang emosional dan selalu depresi. Saya suka saja melihat hubungan dia dengan anggota-anggota lain dalam kelompok Reestablishment yang dibangun Juliette. Kan bosan ya mengikuti Juliette terus yang fokus hidupnya jauh lebih sempit. Belum lagi dia kurang suka bergaul. Itu sebabnya novela dari sudut pandang Kenji ini lebih terasa masuk akal dan tidak tiba-tiba gitu. Soalnya Kenji selalu jadi yang paling aware duluan. Terus Juliette kan di buku kelima diculik, jadi saya tidak tahu apa-apa di luar itu. Iya, saya tahu ada sudut pandang Warner di buku itu. Tapi tahu sendirilah si Warner. Nggak pernah sadar di dunia sekitarnya ada apa.

Oh, ada bonus sikap canggung dan konyol Kenji saat berhadapan dengan Nazeera. Lucu juga itu berdua. Nggak nyangka Nazeera yang cool itu ternyata clueless juga sebenarnya.

Seri Shatter Me:
1.5, 2.5 Unite Me
4.5, 5.5 Find Me

4/5

No comments:

Post a Comment