Monday 13 February 2012

The Fifth Mountain


Judul : The Fifth Mountain
Penulis : Paulo Coelho
Tebal : 320 halaman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

The Fifth Mountain adalah karya ke-7 Paulo Coelho yang saya baca setelah The Alchemist, The Winner Stands Alone, Eleven Minutes, The Pilgrimage, By The River Piedra I Sat Down And Wept, dan The Zahir. Saya memang penggemar karya-karya penulis Brasil ini. Biasanya buku-bukunya berisi filsafat sederhana yang mendamaikan hati (euh, bahasanya berlebihan).

Buku ini sebenarnya bertema sederhana. Paulo Coelho hanya memodifikasi cerita Nabi Elia yang ada di alkitab dengan tambahan karakter-karakter. Kisah yang biasanya saya baca sambil-lalu-asal-tahu di alkitab bisa jadi satu buku yang keren banget nih. Ceritanya lumayan seru dengan bumbu cinta dan perseteruan antar orang-orang penting di Kota Akbar.

Cerita dibuka dengan Nabi Elia yang dikejar-kejar utusan Ratu Izebel yang kebetulan memerintahkan agar seluruh nabi dibinasakan. Si Ratu ini mau menjadikan Baal sebagai dewa-dewa Israel dan dia menolak Tuhan.

Singkat cerita, Elia sampai ke kota kecil bernama Akbar. Di sini dia ketemu janda beranak satu yang sangat miskin. Seperti dalam alkitab, janda itu akan memberi makan Elia dengan sedikit makanan yang dimilikinya. Namun, persediaan makanan itu tidak akan pernah habis.

Selain itu, ada juga kejadian mukjizat yang dilakukan Elia. Ia membangkitkan anak si janda dari kematian. Tapi seperti cerita lainnya, orang-orang tetap menolak Tuhan dan membenci Elia. 

Yah, karena saya sudah tahu ceritanya jadi saya cuma memperhatikan bagian modifikasinya saja. Tapi saya suka banget jadi saya kasih bintang empat deh.

"Kalau engkau tidak puas dengan masa lalumu, lupakanlah sekarang. Bayangkan sebuah kisah baru tentang hidupmu, dan yakinlah. Pusatkan pikiranmu hanya pada saat-saat engkau memperoleh apa yang kauidamkan. Kekuatan ini akan membantumu meraih yang kauinginkan."

4/5

4 comments:

  1. yup2... buku filosofis yg sederhana banget nih :)

    ReplyDelete
  2. buku Paolo Coelho yg aku baca cuman The Alchemist dan itu pun ga selesai, hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... yg alchemist emank kurang greget sih kataku :)

      Delete