Monday 16 June 2014

Life Before Legend


Judul : Life Before Legend (Legend #0.5)
Penulis : Marie Lu
Tebal : 38 halaman
Ebook oleh :  Putnam Juvenile

Inilah kisah Day dan June sebelum mereka bertemu di Legend. Keduanya masih berusia dua belas tahun. 

Day kelaparan setelah berhari-hari tidak makan. Saat itu ia masih amatir dalam mencuri makanan. Ia kerap mengeluhkan negaranya yang menyebalkan dan juga kakinya yang pincang. Terseok-seok ia pun sampai di pelabuhan dan diselamatkan oleh seorang cewek yang lebih tua tiga tahun darinya. Di sana ia bekerja selama tiga hari dan mendapatkan pengalaman ciuman pertamanya. 

June sebagai seorang prodigy berhasil masuk ke universitas dalam usia yang sangat muda. Baru sebentar saja ia sudah menjadi sasaran bully senior-seniornya. Walau badannya kecil, ia tidak takut membela dirinya sendiri. Lagipula ilmu bela dirinya tidak kalah dari kakak-kakak kelasnya. Ia pun mengeluh pada Metias karena dirinya tidak punya teman. 


Review:
Karena ini novela, review ini akan singkat saja. Seperti yang saya tuliskan di review Champion, buku ketiga seri Legend sebelumnya, saya suka sekali dengan June. Jadi, saya sangat bersemangat membaca bagian dia. Saya juga sempat bertemu dengan Metias sebentar. Menurut saya, June beruntung memiliki kakak sebaik dia. Saya juga masih merasa sedih dengan kesepian seorang June dan di novela ini kesendiriannya benar-benar terlihat lebih jelas lagi. Untungnya dia tidak lemah. June bisa melawan. Ditambah lagi, dia akhirnya berhasil lompat kelas jauh di atas murid-murid universitas tahun pertama lainnya. Keren! 

Bagian Day sebenarnya agak membosankan di awalnya. Saya tidak terlalu penasaran dengan kisah ciuman pertama Day. Tapi saya suka adegan saat dia menyabotase truk pembawa kargo. Sepertinya itulah awal dari legenda Day sebagai seorang penolong masyarakat miskin. Selain itu, ada bagian saat dia menghina June yang bisa hidup enak-enak sebagai prodigy. Yah, dia tidak tahu saja kalau nantinya dia akan jatuh cinta pada si June.

Saya selalu senang membaca sedikit cerita mengenai tokoh yang saya sukai. Rasanya seakan kembali terhibur untuk kedua kalinya. Ada kesedihan juga karena Day dan June masih polos di sini. Mereka tidak tahu tragedi yang menanti mereka di tahun-tahun selanjutnya. 

Seri Legend:
1. Legend
2. Prodigy
3. Champion

4/5

5 comments:

  1. ternyata ada pre-quel-nya ya... *baru tau*

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup2... tapi ga perlu baca dari yg ini dulu kok :)

      Delete
  2. Mirip the maze runner yg memiliki pre quel ( the kill order ) eh ternyata br tau kalo nvel ini ada pre quelnya. Kira2 udah di cetak ga? Selain e book

    ReplyDelete
  3. Mirip the maze runner yg memiliki pre quel ( the kill order ) eh ternyata br tau kalo nvel ini ada pre quelnya. Kira2 udah di cetak ga? Selain e book

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sptnya belum ada versi cetaknya. Soalnya pendek, jadi masih ebook. Btw, bagusan ini dibanding maze runner. Makin lama, maze runner makin ga masuk akal sih...

      Delete