Wednesday, 1 April 2015

Enter The Magical Realm-Fairy Tale


Hari ini tepat tanggal 1 April. Sesuai jadwal, saya akan membahas salah satu subgenre dari Science Fiction & Fantasy sekaligus memasang Giveaway.


Subgenre Fairy Tale dalam bahasa Indonesia biasanya disebut dongeng. Kalau menurut Wikipedia, Fairy Tale adalah cerita fantasi yang menggunakan dasar plot dan karakter cerita rakyat. Contoh karakter cerita rakyat misalnya: peri, goblin, raksasa, penyihir, dsb. Ciri khas Fairy Tale yang paling terkenal adalah kalimat yang diawali dengan kata "Once Upon A Time". Dalam bahasa Indonesia diterjemahkan "Pada suatu saat".


Far far away-Di negeri yang jauh sekali
A long time ago-Dahulu kala
Once upon a time-Pada suatu saat
Happily ever after-Hidup bahagia selamanya

Kata-kata di atas adalah ciri-ciri Fairy Tale yang paling umum. Saking umumnya, Fairy Tale juga digambarkan sebagai suatu ending cerita yang sangat sempurna karena semua tokohnya bahagia dan karakter jahatnya berhasil dikalahkan. Poof!

Tapi Fairy Tale bukan melulu soal dongeng putri-putrian macam Cinderella dan Putri Tidur. Fairy Tale bisa saja berakhir tragis dan kelam, seperti dongeng-dongeng Grimm Brothers. 

Supaya lebih jelas, saya membagi Fairy Tale ke beberapa jenis. 

1. Legenda
Legenda membicarakan asal usul sesuatu. Entah itu tempat, benda, manusia, atau apapun. Legenda adalah sebuah cerita rakyat yang biasanya disampaikan dari mulut ke mulut. Contoh yang terkenal misalnya: legenda Don Juan, Loch Ness Monster, Robin Hood, dst.

Eh, Indonesia juga punya legenda loh. Siapa yang tidak tahu Sangkuriang? Legenda Sangkuriang itu menceritakan asal usul Gunung Tangkuban Perahu yang ada di Lembang. Menurut saya, Sangkuriang itu salah satu legenda yang bikin saya geli-geli sendiri. Masa anak jatuh cinta sama ibu kandungnya sendiri? Iuhh...

Contoh lain legenda di Indonesia adalah Timun Mas, Malin Kundang, Lutung Kasarung, dan masih banyak lagi.

2. Mitos
Ini nih dongeng yang bikin kita suka paranoid nggak jelas. Biasanya mitos menceritakan dewa-dewi dan makhluk-makhluk gaib. Dulunya mitos digunakan untuk menjelaskan fenomena alam yang tidak bisa dimengerti. 

"Kenapa bisa ada petir, Ma?" 
"Soalnya Dewa Zeus lagi marah."
"Kenapa Dewa Zeus marah?"
"Soalnya Percy Jackson mencuri tongkat petirnya."

Tentu saja mitos paling terkenal adalah mitos Yunani dengan dewa-dewinya yang super banyak dan suka kawin antarsaudara kandung. Ada juga mitos dewa-dewi Mesir yang menjaga piramida dan para Firaun. 

Kalau di Indonesia, ada Nyi Roro Kidul. Ratu pantai selatan itu suka menculik orang-orang secara acak. Katanya sih orang yang diculik itu pasti memakai baju merah atau hijau. Saya ingat waktu saya pergi ke Pangandaran. Saya masih kecil waktu itu. Terus si Mama memperingatkan supaya saya nggak pake baju merah atau hijau kalau main ke pantai. Ya, gara-gara kepercayaan pada si Nyi Roro Kidul itu. Jadinya, saya beneran ketakutan. Takut diambil beneran sama si ratu pantai selatan. Eaaaa...

Masih banyak mitos yang beredar di Indonesia. Misalnya, makan tidak boleh sambil jalan-jalan karena bisa jadi kuda (logikanya di mana????) atau kalau lagi datang bulan nggak boleh masuk pura karena bisa kerasukan (kalau yang ini, saya tetap takut sih).

3. Sage/Saga
Sage berhubungan dengan sejarah. Ceritanya tentang kepahlawanan atau aksi heroik dan kesaktian seseorang di masa lalu. Salah satu yang paling terkenal adalah cerita orang-orang Viking. Ramayana dan Mahabharata juga masuk ke dalam kategori ini, menurut saya.

Sage di Indonesia itu contohnya seperti Ciung Wanara, Joko Tingkir, dan si gendeng Wiro Sableng 212. Haha... 

4. Fabel
Inilah cerita kesukaan anak-anak. Siapa sih yang tidak suka membaca tokoh-tokoh binatang yang bisa berbicara? Contohnya sangat banyak. Katak yang Ingin Menjadi Kerbau, si Tikus dan si Singa, Kelinci dan Siput Lomba Lari, dll. 

5. Dongeng Modern
Nah, jenis terakhir ini saya buat sendiri sebenarnya. Saya ingin memisahkan dongeng-dongeng terkenal zaman dahulu dengan dongeng yang ditulis oleh pengarang terkenal. 

Contoh pertama adalah kumpulan dongeng Grimm Brothers. Ciri khas dongeng Grimm Brothers ini sangat kejam, aneh, kelam, dan tidak bahagia. Tokoh utamanya kebanyakan berakhir mati secara tragis. 

Hans Christian Andersen juga termasuk dalam penulis dongeng. Pasti kalian pernah mendengar Gadis Korek Api, Si Itik Buruk Rupa, dan Thumbelina kan? Itulah beberapa karya terkenal beliau.

Alice in Wonderland karya Lewis Caroll? Gulliver's Travels karya Jonathan Swift? Keduanya juga dongeng.

Selain dongeng terkenal di atas, masih banyak dongeng modern lainnya. 


               






Buku-buku Katie DiCamillo: The Tale of Despereaux, The Miraculous Journey of Edward Tulane, Flora & Ulysses, The Magician's Elephant, The Tiger Rising, Because of Winn-Dixie

                                                                                                            Charlotte's Web oleh E.B. White


The Tale of Peter Rabbit oleh Beatrix Potter

Hampir semua film kartun Disney termasuk dalam golongan Fairy Tale: Cinderella, The Little Mermaid, Sleeping Beauty, Aladdin, Beauty And The Beast, Snow White, Peter Pan, Mickey Mouse, Donald Duck, The Lion King, Pocahontas, dst. 


Tangled mengambil dasar dongeng Rapunzel.
Bolt (hanya karena saya suka hamsternya)


You don't know this overrated fairy tale? Shame on you.

Buku-buku yang menggunakan elemen fairy tale
Beberapa dongeng terkenal digunakan oleh penulis masa kini untuk membuat cerita lain. 


The Lunar Chronicles oleh Marissa Meyer menggunakan Cinderella, 
Little Red Riding Hood, dan Rapunzel dalam setting yang jauh lebih modern.


Percy Jackson series oleh Rick Riordan berdasarkan mitologi Yunani.

Saya rasa artikelnya sudah kepanjangan. Semoga saja saya sudah berhasil menjelaskan subgenre Fairy Tale ini. 
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Giveaway!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Saya akan menghadiahkan dua buku fantasi terjemahan untuk dua orang pemenang. 


A Game of Thrones oleh George R.R. Martin
Across The Universe oleh Beth Revis

Syarat utama untuk mengikuti Giveaway ini adalah dengan mengisi Google Form di bawah ini. Semuanya harus diisi ya, termasuk menjawab lima pertanyaan yang berhubungan dengan Fairy Tale. Semoga beruntung!




Subgenre dan Giveaway lainnya:
1.   Dystopia oleh Lina
2.   Superhero oleh Steven
3.   Dark Fantasy oleh Raafi
4.   Urban Fantasy oleh Dion
5.   Science Fiction oleh Threez
6.   Myth oleh Alvina
7.   Magical Realism oleh Cindy
8.   Post Apocalyptic oleh Ira
9.   Steampunk oleh Ren
10. Romance Fantasy oleh Wardah
11. Dieselpunk oleh Sasti
12. Supernatural oleh Andrea
13. High Fantasy oleh Yovano
14. Time Travel oleh Arkian
15. Paranormal Romance oleh Priska


30 comments:

  1. Aku sukaaa fairy tale. Rasanya kayak jadi anak kecil lagi, kalau baca itu. wkwkwk. Tapi fairy tale sekarang udah mulai banyak yg ngga happily ever after ya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya... sama, aku juga banget fairy tale. Kayaknya salah satu bacaan favorit sepanjang masa. Apalagi pas masih kecil. Aku juga kurang suka fairy tale yang nggak bahagia, makanya aku kurang ngefans sama Grimm Brothers.

      Delete
  2. Kalau orangpakai baju hijau di pantai memang sulit dilihat, karena seolah sama warnanya dengan laut. Sudah begitu pantai selatan ombaknya memang besar. Kalau tenggelam dan hanyut, kemungkinan sulit ditemukan. Akhirnya orang-orang bilang kalau orang itu 'diculik' nyi roro kidul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah, ternyata begitu alasannya. Tapi beneran sih, itu bikin takut aja. hehe...

      Delete
  3. aku demen sama Fairy Tale, dan aku nyaris demen sama semua film-film Disney Princess.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disney Princess!!! Ih, aku demen banget itu lol

      Delete
  4. Aku paling suka Fairy Tale: Anastasia. Ceritanya keren banget, cuma versi aslinya tragis banget. Dan jujur, sampe sekarang gak ngerti itu yang beku-beku bisa overrated gitu ._.v

    udah submit :D makasih GA-nya hehehe~

    Chantia Ahwazuaiyah
    @cheonchan
    link share: https://twitter.com/cheonchan/status/583281395860008961

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anastasia kerennn, lagu2nya juga. Dimitrinya juga #eh Emang bener kan si beku overrated? Nggak tau, saya tetep lebih suka Disney Princess soalnya. :)

      Delete
  5. Keren infonya. Masih suka bingung antara saga dan mitos dkk :)
    Anyway cover Charlotte's Web bikin penasaran baca :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih juga udh berkunjung :) Itu Charlotte's Web cover film sih benernya. Tadinya mau pasang cover buku, tapi cover filmnya catchy banget :)

      Delete
  6. Saga sama Legenda kadang suka ketuker, terima kasih informasiny :)
    terima kasih juga giveawaynya :))

    ReplyDelete
  7. aku suka fabellll :D kalo fairy tale yang lainnya lebih enak cerita-cerita klasik atau yang lama-lama. buku fairy tale zaman sekarang rasanya kok rada beda gitu, gak se-asyik dulu. dulu bikin happy, kalo sekarang banyakan seriusnya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, fairy tale ttp lebih bagus yg klasik sih. Yg modern sih biasanya emang cuma demen yg ada binatangnya. Apalagi kalau binatangnya lucu, pasti demen langsung :)

      Delete
  8. Baca postingan ini jadi kangen sama buku2 legenda indonesia kayak timun emas, klenting kuning dsb.. udah susah nyarinya yak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mba... Kekurangan anak zaman sekarang itu melewatkan kisah dongeng Indonesia yang keren pas zaman dulu. :)

      Delete
  9. Aku ngisi 2 kali kak, maaf TT TT soalnya yang pertama kepencet enter duluan pas baru mau ngisi pertanyaan nomor 2 huhuhu

    btw charlotte's web covernya bikin penasaran ><

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, noted... Nanti diperiksa responsenya :)

      Delete
  10. Aku pernah baca kalo fairy tale ini ga masuk kategori fantasi. Perbedaan mencoloknya dari segi logika. Kalo fantasi biasanya ada penjelasan logis dari dunia fantasinya, sedangkan fairy tale, karena dasarnya dari cerita mulut ke mulut, jadi ga jelas logikanya. Kenapa bisa ada serigala masih tetap hidup walau perutnya sudah diisi batu, kenapa bapaknya cinderella ga pulang2, dll. Titik beratnya pada nilai moralnya aja.
    Tapi kalo dongeng modern, mungkin sudah overlapping ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, ya? Baru tau kalau fairy tale nggak masuk fantasi. Tapi memang genre fantasi ini banyak tumpang tindihnya. Nggak ada aturan yang baku. Soal nggak masuk logika, saya rasa kurang pas. Banyak karya fantasi yang tidak masuk ke logika sebenernya. Kayak Weird Fiction. Banyak yang bilang Weird Fiction juga masuk ke fantasi. Tapi nggak yakin juga. Hehe...

      Delete
  11. Duh kalau aku cenderung tahu yang udah diadaptasi jadi film >,< suka Fairy Tale juga sih :D jadi ingat dulu bahkan sampai sekarang kalau ada semacam Princess yang tayang di tv pasti usahain nonton, bairpun udah nonton berkali-kali x) duh nggak ada bosannya kalau Princess :D dulu sih tahunya princess itu cuma Cinderrella, Ariel, Aurora, Snowwhite tapi sekarang udah tahu banyak Princess ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha... iya, dulu saya juga gitu. Kalau ada film Princess, pasti maksa nonton. Bahkan termasuk film Barbie. #ya,sayamemangpencintabarbiemovie

      Delete
  12. kak sab, maap google docsnya keisi 2 kali yang pertama kepencet enter jadi tersubmit padahal belum selesai hehe. Yang kedua udah yang sebenernya :D

    ReplyDelete
  13. Udah ngisi yeey! Semoga beruntung ^^
    Btw charlotte's aku baru baca satu :( tapj seruuu banget! Aku suka, aku suka! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekalian nonton film adaptasinya :)

      Delete
  14. Yang namanya dongeng selalu ngingetin saya sama si papa. Beliau dulu suka sekali kasih dongeng, sampe saya SD pun masih suka dongeng. Dulu paling suka didongengin pas lagi mati listrik. Dalam keadaan gelap gulita, dongeng terasa lebih real karena imajinasi bermain dengan baik. Entah dongengnya itu emang sudah ada dari sananya, atau beberapa ada yang karangan beliau sendiri. Kadang saya merindukan itu saat ini, tapi sayangnya kesibukan yang dijalani sekarang sedang tidak memungkinkan untuk itu. :(

    Btw, saya udah isi form-nya. Thanks udah jadi host di giveaway kali ini. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih jg udah ikut :) Dongeng itu selalu mengingatkan akan kenangan masa dulu ya... Good old times gitu deh

      Delete
  15. sudah ngisi form-nya. wish me luck :D

    ReplyDelete