Thursday 2 April 2020

The Murder of Roger Ackroyd


Judul : The Murder of Roger Ackroyd (Hercule Poirot Mysteries #4)
Penulis : Agatha Christie
Tebal : 352 halaman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Roger Ackroyd tahu terlalu banyak. Ia tahu bahwa wanita yang ia cintai meracuni suami pertamanya yang kejam. Ia juga curiga bahwa wanita itu diperas seseorang. Dan kini… wanita itu bunuh diri. Malam itu Roger menerima sepucuk surat berisi informasi yang sangat fatal. Sayang sekali, sebelum ia sempat membaca surat itu sampai selesai, seseorang menikamnya hingga tewas. Hercule Poirot pun terpaksa menunda masa pensiunnya untuk menyelidiki kasus ini.


Review:
Entah kenapa saya sedang ingin baca buku misteri. Kebetulan sekali saya punya buku ini. Banyak yang bilang kasus Hercule Poirot ini adalah yang paling bagus. Saya sih tidak menaruh ekspektasi apa-apa. Karena misteri bukan genre favorit saya, yang saya inginkan cuma seberapa besar kasus pembunuhannya bisa mengecoh dan menipu saya.

Yah... saya tidak banyak membaca cerita detektif sebenarnya, tapi entah kenapa buku ini tidak membuat saya terpukau. Mungkin karena saya baru membaca One of Us is Lying karya Karen M. McManus dan saya pernah membaca karya Agatha Christie berjudul Misteri Tujuh Lonceng. Dua buku tersebut membuat saya menebak siapa pembunuh Roger Ackroyd berdasarkan apa yang pernah saya baca itu. Jadi, kebetulan saja pas jawabannya. 

Tapi saya mau objektif menilai buku ini. Ceritanya tentang pembunuhan orang kaya di kota kecil bernama Roger Ackroyd. Narator utamanya adalah seorang dokter bernama James Sheppard. Selain itu, ada Hercule Poirot datang ke kota itu untuk pensiun. Tapi dasar detektif kepo. Tidak mungkin dia pensiun saat ada kasus pembunuhan terjadi.

Seperti biasa, Agatha Christie pintar membuat pembacanya berputar-putar di tempat kebingungan dengan segala informasi yang dipaparkan. Jenius banget. Padahal yang diselidiki tempatnya itu-itu lagi. Tersangkanya juga itu-itu lagi. 

4/5

No comments:

Post a Comment