Sunday 28 July 2019

The Last Star


Judul : The Last Star (The 5th Wave #3)
Penulis : Rick Yancey
Tebal : 400 halaman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Makhluk Lain itu musuh kita. Kitalah musuh kita.

Mereka ada di bawah ini, di atas sana, di mana-mana. Mereka menginginkan Bumi, mereka menginginkan kita menempatinya. Mereka datang untuk memusnahkan kita, mereka datang untuk menyelamatkan kita.

Namun di balik teka-teki ini ada satu kebenaran: Cassie dikhianati. Begitu juga Ringer. Zombie. Nugget. Dan 7,5 miliar manusia yang tadinya hidup di planet kita. Mula-mula dikhianati oleh Makhluk Lain, sekarang oleh sesamanya. Pada hari-hari terakhir, para penghuni Bumi yang tersisa harus memutuskan apa yang lebih penting: menyelamatkan diri sendiri… atau menyelamatkan apa yang menjadikan kita manusia.
 


Review:
Menurut pengamatan saya, kebanyakan penulis yang membuat premis cerita bombastis seringnya terjebak dengan tujuan ceritanya sendiri. Mereka tidak tahu ingin dibawa ke mana ceritanya supaya terus membuat pembaca terkejut dan tidak bisa menebak arah jalan ceritanya. Inilah kenapa saya lebih memilih cerita yang tradisional daripada cerita dengan ide unik dan luar biasa. Karena biasanya cerita seperti itu berakhir dengan kesimpulan yang tidak sesuai dengan ekspektasi.

Seperti kasus seri The 5th Wave ini.

Buku kedua seri ini mengungkapkan sebuah kenyataan bahwa selama ini alien yg mereka percayai telah mengambil alih kesadaran manusia itu adalah kebohongan. Semua itu hanya percobaan untuk membuat prajurit super.

Di buku ketiga ini, para tokoh utama masih harus menghadapi musuh utama yang sama. Karena buku ini memiliki bab yang pendek-pendek, saya bacanya cepat sekali. Plotnya sendiri tidak terlalu padat sih. Tapi saya memang suka cerita yang sudut pandangnya berpindah-pindah dan menciptakan cakupan dunia yang lebih besar. Ada satu bagian tentang bom yang dipasang di tenggorokan anak kecil dan akan meledak karena jumlah karbon dioksida yang mencapai batas. Menurut saya, itu bikin syok. Sakit jiwa gitu. Teganya menggunakan anak kecil untuk menipu orang-orang yang merasa kasihan. Terus tahu-tahu: BAM! Mereka semua mati. 

Saya hampir tidak punya karakter yang saya pedulikan di buku ini. Kecuali mungkin Ringer. Cassie masih menyebalkan dan suka marah-marah. Interaksi antarkarakter di buku ini juga tidak memberi inspirasi sama sekali. Hanya pindah dari satu tempat ke tempat lain. Satu-satunya yang saya suka adalah endingnya. Cukup menohok karena penggambaran Rick Yancey yang puitis menggunakan rasi bintang Cassiopeia. Megah gitulah. Jadi, setidaknya seri ini jadi cukup memorable buat saya karena endingnya itu.

Seri The 5th Wave:
3. The Last Star

3/5

No comments:

Post a Comment