Tuesday, 18 June 2019

The Infinite Sea


Judul : The Infinite Sea (The 5th Wave #2)
Penulis : Rick Yancey
Tebal : 400 halaman
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama

Bagaimana cara melenyapkan miliaran manusia penghuni Bumi? Lenyapkan sisi kemanusiaan mereka.

Nyaris mustahil rasanya selamat dari empat Gelombang pertama. Tetapi Cassie Sullivan berhasil, dan sekarang ia hidup di dunia baru, dunia tanpa rasa percaya pada sesama. Saat Gelombang 5 menyapu segalanya, Cassie, Ben, dan Ringer dipaksa berhadapan dengan tujuan utama para Makhluk Lain: pemusnahan umat manusia.

Maka mereka pun terlibat dalam pertempuran terdahsyat: antara hidup dan mati, cinta dan benci, harapan dan kenyataan.


Review:
Wah, saya tidak menyangka rahasia di balik Gelombang 5 yang menghancurkan dunia itu. Saya cukup syok sewaktu semuanya diungkapkan di akhir-akhir.


Buku kedua ini masih sama dengan buku pertama: diceritakan dari berbagai sudut oleh tokoh-tokoh yang berbeda. Cassie sebagai tokoh utama bukanlah yang paling penting dan istimewa. Ben juga hanyalah seseorang yang berusaha menjaga keutuhan anggota-anggota timnya. Evan Walker terkesan spesial hanya karena identitasnya sebagai alien padahal karakternya sangat lemah.

Jadi, hanya satu yang paling menonjol. Dia adalah Ringer. Dibandingkan Cassie yang pemarah, Ringer lebih praktis dan dingin. Dia benar-benar tokoh cewek kuat yang sudah ditempa hingga mencapai titik apatis. Tapi saya suka keberanian dan sikap memberontaknya. Dan menurut saya, penulis tahu itu. Dia menghabiskan sepertiga bagian akhir buku untuk sudut pandang Ringer. Pokoknya bagian itu sangat penting. 

Saya tahu kenapa banyak yang tidak suka lanjutan seri ini. Plotnya hampir tidak ada, mirip banget sama buku pertamanya sebenarnya. Tapi ceritanya unik dan tidak tertebak sama sekali. Saya malah membacanya dengan sangat mengalir dan cukup cepat. Saya suka bagaimana rahasia dibuka satu per satu sehingga membuat dunianya terkesan luas dan tidak sempit lagi seperti buku pertamanya.

Tinggal lanjut buku ketiganya, nih. Hehe...

4/5

1 comment: