Wednesday 23 March 2011

Recommended Historical Romance Series

Gue mulai baca genre historical romance pas gue nemuin novel Gone With The Wind di lemari koleksi Mama gue. Karena itu novel terkenal, gue coba baca. Tapi waktu itu gue masih kecil, rasanya bosen aja baca yang serius-serius kayak gitu. Tapi bagus banget ceritanya. Jadi, ampe sekarang masih inget.



Itulah awalnya. Tapi gue baru mulai suka dan rajin baca historical romance sejak Gramedia nerbitin buku-buku terjemahan dalam genre itu. Waktu itu gue tertarik beli novel karya Lisa Kleypas, The Wallflower Series.


Secrets of Summer Night
It Happened One Autumn
Devil in Winter
Scandal in Spring
A Wallflower Christmas

Lima buku ini lumayan bagus kok. Tapi bukan tipe buku yang bakal gue baca dua kali. Soalnya agak bosan dan alurnya begitu-begitu saja. 

Lalu suatu hari...

Gue nggak sadar buku apa yang gue beli. Gue cuma tertarik sama sinopsis di belakangnya. Yang satu tentang sahabat yang akhirnya bakal jatuh cinta (pasti begitu, karena gue selalu suka mainstream romance yang dua tokoh utamanya sudah pasti jadian akhirnya) dan satu lagi tentang cowok yang suka sama cewek tapi kakaknya terus ngelarang cowok itu. Hahaha... pokoknya itu cowok pasti jadi suka sama kakaknya. 

Tau-taunya itu buku ternyata satu seri. Dan seri itu adalah historical romance terbagus yang pernah gue baca. Satu-satunya seri yang bikin gue maki-maki karena punya banyak tugas dan ujian. Satu-satunya seri yang nggak bisa berhenti gue baca sebelum beres.

Novel manakah itu? Bridgerton series karangan Julia Quinn.



 The Duke And I
The Viscount Who Loved Me
An Offer From A Gentleman
Romancing Mister Bridgerton
To Sir Phillip With Love
When He Was Wicked
It's In His Kiss
On The Way To The Wedding

Seri ini menceritakan tentang anak-anak keluarga Bridgerton yang namanya berdasarkan abjad : Anthony, Benedict, Colin, Daphne, Eloise, Francesca, Gregory, dan Hyacinth. Yang bikin gue suka sama buku ini adalah gaya penulisan pengarangnya. Dia suka sekali menuliskan lelucon sinis dan sarkasme yang bikin gue ngakak sepanjang gue baca bukunya. Mungkin dari segi penokohan dan adegan, seri Bridgerton tidak terlalu istimewa. Bahkan kadang-kadang dialog para tokohnya suka melenceng dari sifat seharusnya tokoh tersebut. Tapi karena buku ini berhasil menghibur gue dan bikin gue ketawa-ketiwi kayak orang gila, gue jadi cinta banget sama seri ini. Terutama keluarga Bridgertonnya. Aw! Gue sampe beli buku versi Inggrisnya yang bukan versi terbitan Amerika.


Kyaaaaa!! Cantik banget covernya (lebay mode on). Coba seberapa sukanya gue sama ini buku sampe bela-belain beli versi Inggrisnya yang harganya mahal.

Selain Bridgerton series, seri historical romance yang bagus menurut gue adalah The Hathaway series karya Lisa Kleypas. Menurut gue ceritanya cukup unik untuk genre ini karena keluarga yang menjadi tokoh utamanya dikucilkan dari masyarakat kelas atas. Mereka diwariskan gelar oleh salah satu sepupu jauhnya sehingga mereka tidak tahu bagaimana bersikap layaknya bangsawan. Seru deh. Tapi nggak bikin ngakak kayak Julia Quinn karena lebih serius. Menurut gue, Lisa Kleypas lebih berbakat dari Julia Quinn dalam hal menulis kalau dilihat dari penokohan, deskripsi, dan kalimat dialog. Tapi gue lebih suka humor Julia Quinn.


 Mine Till Midnight
Seduce Me At Sunrise
Tempt Me At Twilight
Married By Morning
Love in The Afternoon

Hmm... Kenapa ya judul karangan Lisa Kleypas selalu berpola untuk setiap serinya? Yang Wallflower Series semuanya bertuliskan tentang musim sedangkan The Hathaway Series semuanya punya unsur masa waktu dalam satu hari (midnight, sunrise, twilight, morning, afternoon). Bagus juga.

Oh, iya. Ada historical romance yang bukan serian dan cukup bagus. Ceritanya bukan tentang bangsawan tapi tentang orang biasa di masa zaman perang. Kalau elo suka tipe yang ceritanya sangat membumi dan tokohnya realistis seperti gue, gue yakin elo pasti suka  karangan LaVyrle Spencer.

 Morning Glory
Hummingbird

Bagus banget dua buku ini. Tokohnya beneran real banget, dengan kelemahan manusiawi. Gue nggak gitu suka tokoh yang super sempurna, kaya, tampan/cantik, baik, pinter, bla bla bla. Sebel gue bacanya kalo tokohnya terlalu sempurna.

Nah, sekarang gue update. Kan gue udah baca banyak nih. Gue mau nambah Judith Mcnaught sekarang. Asyik banget buku dia soalnya banyak lika-liku drama dan ceritanya mengharukan banget. Tiga bukunya yang udah gue baca semuanya gue suka.



Whitney, My Love
Something Wonderful 
Kingdom of Dreams
 
Silakan dicoba membaca! Semoga ketagihan!

Cheers from  The Book Worm,


:)

35 comments:

  1. hai... boleeh ya sharing dikit tentang Historical Romance karena aq juga menggilai (lebay) novel yg bergenre seperti itu.. ada karyanya Johanna Lindsey tentang Malory Family tu cerita bagus banget buat di ikutin hampir sama julia quinn bridgerton series dan tentan Viking Trilogy cerita jaman perang bangsa viking.. pokoknya kereen deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai,,,cm sharing dikit ttg historical romance. coba deh karangan julie garwood kisah para highlander/liard top banget ceritanya

      Delete
  2. Thx sarannya... saya memang sdg cari seri Malory,tapi kbetulan selalu habis di toko buku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sist tukeran koleksi yuk please add fb anilavictoria@gmail.com

      Delete
    2. Saya jual seri malory 6 buku siapa tau minat, cek instagram lovers.book

      Delete
    3. @hinda mau dunk, sya suda follow y. tpi klo bs yg dri buku k3-end

      Delete
  3. cobain baca yg Judith McNaught deh.. Buku2 dy bagus2 bgt, mengharukan, dan siapin tissue aja klo bc buku2nya dy.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah, iya... saya belum update postingan ini. Judith Mcnaught emang salah satu author historical romance favorit saya skrg hehe...

      Delete
  4. buku Judith Mac Naught emang bagus2 :), coba yang Almost Heaven atau Paradise (ini Contemporer sih). Ada juga yang bagus sperti series Bridgerton. Pengarangnya Mary Balogh, yang paling kusuka cerita kakak paling sulung judulnya Slightly Dangerous.

    ReplyDelete
  5. Iya, aku mau coba contemporer si Judith Mcnaught. Mary Balogh ya? Sering denger namanya hehehe... Aku cek dulu deh. Thx rekomendasinya piyo :)

    ReplyDelete
  6. Sudah coba baca Julie Garwood?,ada the bride,the wedding,the gift,shadow music ..itu yang aku baca ...yang paling keren menurutku shadow music.

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum nih, udah punya e-booknya tapi blm pernah disentuh hehehehe...

      Delete
  7. Sabrina Jeffries, yang The Royal Brotherhood series jg seru..ada juga judul'a My wicked pirate, author'a rona sharon ga trlalu trknal ^^mnrut aq sih.crta'a bgus bgt ga akn nyeselll bca'a

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, nih... saya udah jarang baca hisrom skrg, belum sempet update apa2 >.< thx for the recommendation, though...

      Delete
  8. HAI AKU JUGA SALAH SATU PENGGEMAR HISTORICAL ROMANCE...WALLFLOWER,BRIDGERTON,HATHAWAY SEMUA SDH AKU BACA. TAPI YG PALING BERKESAN SERIAL MALORY-ANDERSON FAMILY BY JOHANNA LINDSEY.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yay! hidup historical romance, hehehe...
      oh, suka mallory family ya. Entah kenapa saya ga gitu click sama tokoh2nya :)

      Delete
    2. Sonya Patricia3 April 2013 at 21:16

      oh ya,,,,lalu diantara semua historical romance mana yg paling berkesan? btw aku paling senang share ttg historical romance..

      Delete
    3. Paling berkesan bridgerton sama hathaway family! hehehe... Tapi aku suka banget sama judith mcnaught akhir2 ini, lagi seneng yg banyak dramanya :)

      Delete
  9. Kebetulan lagi pengen baca Historical Romances nih.
    Nice info. >.<b

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... ayo dicoba baca... bagus beneran kok :)

      Delete
  10. Judith mc yg judulnya once and always wajib dibaca

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe... dah pny ebooknya :) tgl dibaca...

      Delete
    2. Pertm x bc..once n always..so romantc..thankx..nunggu nvel eloisa blm dng lg...empty without it

      Delete
    3. Ah, iya. Mau coba baca si once and always. Tapi Judith Mcnaught ga pernah ngecewain sejauh ini

      Delete
  11. Ampe dh punya ol johana n lisa.k novels..judith mc.naught yang smtng wndrfl ma witney ssh bgt nyai buku..d best dah .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cari di toko buku online. Biasanya masih ada stok :)

      Delete
  12. Iy ni..emg bgs bgt judith berhbng johana ma lisa dh pny smua..dah ngubrek2 tk ol..te2p kosong stock..ada g yg mo jual smthng wonderful ma witney ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih... udah lama buku itu soalnya. Kalo HR biasanya cepet abisnya. Kemungkinan cetak ulangnya agak lama, kecuali beli yang versi Inggris asli.

      Delete
    2. saya ada whitney my love, mba evi sms aja 087871474946

      Delete
    3. Sory m.reni br liat..dah dapat..biar tebel bgt.g brenti baca.super romantic..pas abis,sdih bgt coz want it more..

      Delete
  13. hai, ikutan share ya. . . aq jg penggemar hisrom, semua udah aq bc mulai judith, lisa k, johanna, julia london, tessa dare,christina doods. . . mereka favoritku. . boleh cb baca bukunya. . . dijamin asyeek. . . .

    ReplyDelete
  14. mau nanya nih .. ada cerita di wattpad dan gue suka sama ceritanya tpi gak tau judul aslinya karena ada penulis di wattpad kadang suka ganti judul cerita sama pemerannya .. kalo ada yang tau novel dengan jalan cerita seperti ini tolong komen yah .. jadi dia seorang lady dari kalangan keluarga terhormat dan tiba-tiba ayahnya menikah kembali dengan seorang perempuan yang dia sendiri gak tau bagaimana ayahnya bisa tertarik dengan perempua tersebut . perempuan tersebut juga memiliki anak gadis yang sebaya dengan nya dan suatu hari ada seorang duke datang . duke tersebut pernah membunuh kakenya si perempuan dan dia datang untuk menikahi salah satu anak perempuan ayahnya dan yang dipilih saudari tirinya ... perempuan ini merasa tidak terima dan akhirnya dia mendatangi duke ini unutk bersepakatan

    ReplyDelete
  15. Ikutan sharing yaa... Awal baca hisrom itu kenal sm malory nya Johanna Lindsey, trus berkembang ke lisa kleypas, sabrina Jeffries, Julie garwood dan sukaaaa bgt sm serial hisrom action ala gaelen foley ❤❤ udh ada yg prnh baca seri gaelen blm?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Julie garwood bagusss. Baru baca soalnya. Kalau gaelen foley belum sih, coba nanti saya cek :)

      Delete