Friday 22 June 2018

The Final Empire


Judul : The Final Empire (Mistborn #1)
Penulis : Brandon Sanderson
Tebal : 643 halaman
Penerbit : Tor Books

For a thousand years the ash fell and no flowers bloomed. For a thousand years the Skaa slaved in misery and lived in fear. For a thousand years the Lord Ruler, the “Sliver of Infinity,” reigned with absolute power and ultimate terror, divinely invincible. Then, when hope was so long lost that not even its memory remained, a terribly scarred, heart-broken half-Skaa rediscovered it in the depths of the Lord Ruler’s most hellish prison. Kelsier “snapped” and found in himself the powers of a Mistborn. A brilliant thief and natural leader, he turned his talents to the ultimate caper, with the Lord Ruler himself as the mark.

Kelsier recruited the underworld’s elite, the smartest and most trustworthy allomancers, each of whom shares one of his many powers, and all of whom relish a high-stakes challenge. Only then does he reveal his ultimate dream, not just the greatest heist in history, but the downfall of the divine despot.

But even with the best criminal crew ever assembled, Kel’s plan looks more like the ultimate long shot, until luck brings a ragged girl named Vin into his life. Like him, she’s a half-Skaa orphan, but she’s lived a much harsher life. Vin has learned to expect betrayal from everyone she meets, and gotten it. She will have to learn to trust, if Kel is to help her master powers of which she never dreamed.


Review:
What's wrong with you, Sab? Kenapa kau baru baca buku ini sekarang? Kalau banyak orang bilang Brandon Sanderson itu penulis bagus, bacalah. 

Ya, saya telat baca buku super keren ini. Saya tidak pernah menginginkan kekuatan sihir sebesar saya mau jadi Mistborn. Sumpah, saya terlalu terkesan dengan sistem sihir yang diciptakan Brandon Sanderson di buku ini. Memang kedengarannya lame, menelan logam yang akan memberi kekuatan berbeda-beda tergantung logamnya. Tapi prakteknya... Damn! Keren sangat.

Ceritanya tentang Kelsier, seorang ketua geng pencuri yang ingin menjatuhkan pemimpin kota yang disebut Lord Ruler. Dia merencanakan sebuah heist dengan mengumpulkan orang-orang yang bisa membantunya. 

Salah satu orang baru yang ditemukan Kelsier adalah Vin. Dia ini seorang Mistborn, tapi tidak pernah tahu soal kekuatannya itu. Ia termasuk ke dalam anggota geng pencuri juga dan sering disiksa oleh pemimpinnya. Tapi Vin dipertahankan di geng itu karena dia selalu berhasil membuat si pemimpin sukses dalam menipu lawannya. Vin tidak tahu kalau apa yang dilakukannya sebenarnya adalah salah satu kekuatan Mistborn.

Di bawah bimbingan Kelsier, Vin nantinya bisa menguasai kekuatannya. Ia juga akan menyusup sebagai mata-mata ke dalam kaum bangsawan dan mempelajari lebih lanjut tentang dunia yang selama ini tidak dikenalnya. 

Saya tidak akan membahas lebih lanjut soal ceritanya karena buku ini sangatlah epik. Saya sangat terkesan sampai-sampai saya langsung memesan seluruh buku yang ditulis oleh Brandon Sanderson. Kemungkinan besar tahun ini saya akan membaca semua bukunya. 

Yang paling saya suka dari buku ini selain sistem sihirnya adalah karakter Kelsier. Sebenarnya sih dia tidak terlalu spesial. Arogan, terlalu percaya diri, dan tukang telat hahaha...Tapi dia sangat karismatik sebagai guru Vin dan juga pemimpin geng. Entah kenapa setiap kali dia muncul, saya selalu semangat bacanya. Saya percaya sekali kalau semua orang dengan mudahnya mau mengikutinya. Saya juga pasti begitu. Saya bisa merasakan passion-nya untuk mengalahkan Lord Ruler. Saya juga suka dengan keinginannya untuk membebaskan kaum skaa (budak). 

Lalu ada Vin. Saya tidak bisa terlalu connect dengan tokoh ini. Tapi saya bersimpati dengan nasibnya. Saya juga bisa mengerti rasa tidak percayanya kepada semua orang karena selama hidupnya ia selalu berusaha bertahan sendirian. Latar belakang hidupnya cukup menyedihkan sih. Dan saya suka sekali bagaimana dia sangat menyayangi Kelsier. Di mata Vin, Kelsier tidak hanya penyelamatnya, gurunya, temannya tapi juga keluarganya. 

Oh, saya lupa menyebut soal Elend Venture. Bangsawan satu ini super lucu. Pertama kali dia muncul, dia sedang kesal karena Vin mengambil tempat rahasianya untuk membaca. Ih, saya punya kelemahan sama tokoh-tokoh yang suka baca buku. Saya tahu kalau Vin jatuh cinta terlalu cepat sama si Elend. Hampir seperti instalove. Tapi saya sudah bias. Elend suka baca buku dan saya pasti langsung jatuh cinta juga, hahahaha... 

Pokoknya ya. Seperempat bagian terakhir buku ini bikin saya tidak bisa berhenti membaca saking kerennya. Saya syok, nangis, terkejut... Lengkap sudah. Plot twist-nya banyak banget. Wow.

Dan itu suratnya... Sialan. Bikin saya langsung banjir air mata. 

Kritik saya mungkin cuma soal gaya penulisan Brandon Sanderson yang sangat sederhana dan kurang indah untuk buku fantasi. Tapi peduli amat. Menurut saya, penulis berhasil menuliskan adegan-adegan action paling bagus dan menegangkan. Salah satu penulis terbaik yang pernah saya baca dalam menggambarkan adegan fighting.

Buku kedua segera saya lahap. Cus!

5/5

No comments:

Post a Comment