Friday 20 May 2022

Ganjil-Genap


 Judul: Ganjil-Genap
Penulis: Almira Bastari
Tebal: 344 halaman
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Gimana rasanya diputusin setelah berpacaran selama tiga belas tahun?

Hidup Gala yang mendadak jomblo semakin runyam ketika adiknya kebelet nikah! Gala bertekad pantang lajang menjelang umur kepala tiga. Bersama ketiga sahabatnya, Nandi, Sydney, dan Detira, strategi pencarian jodoh pun disusun. Darat, udara, bahkan laut "disisir" demi menemukan pria idaman.

Akankah Gala berhasil menemukan pasangan untuk menggenapi hari-hari ganjilnya?
 

Review:
Saya sangat mengerti kepanikan cewek yang mau disusul adiknya menikah. Apalagi kita tinggal di Indonesia yang cukup mengutamakan menikah sebagai tujuan hidup. Saya juga berada di posisi yang sama seperti Gala, hanya bedanya saya tidak punya lingkaran pergaulan yang peduli soal status pernikahan seseorang. 

Gala ini cukup sial. Masalahnya, dia punya pacar yang dia anggap sudah pasti jadi suaminya di masa depan. Belasan tahun pacaran, tiba-tiba diputusin dengan alasan: "bukan kamu orangnya". Jujur, saya sih bingung ya dengan sikap pasif dan nerima soal pasangan hidup. Kalau sudah terasa hambar dan ada yang kurang, tolong dibicarakan dengan jelas atau putus saja sekalian dari awal. Terus menurut buku ini, Gala seorang INTJ. Seharusnya dia lebih paranoid dan suka menganalisis. Tapi saya anggap itu hanya kekeliruan orang awam tentang tes MBTI secara iseng.

Lalu bagaimana proses pencarian pacar seorang Gala? Seperti biasa, Almira Bastari ini paling jago dalam membuat dialog kocak dan persahabatan super asyik di dalam bukunya. Lucu sekali membaca interaksi sahabat-sahabat Gala mencarikan pasangan buat dia. Saya sih cukup skeptis orang bisa menemukan belahan jiwa secepat itu, kecuali kalau banyak tutup sebelah mata dan hanya demi alasan praktis.

Saya cukup suka dengan ending buku ini. Untung saja dia tidak jadian sama "cowok" itu. Saya sudah cringe sejak awal perkenalan mereka. Apalagi sudah pakai maksa-maksa segala dan sampai nyusul keluar negeri dong. Red flag banget!

4/5

No comments:

Post a Comment