Monday 21 December 2020

Old Man and the Sea


Judul : Old Man and the Sea
Penulis : Ernest Hemingway
Tebal : 112 halaman
Penerbit : Kepustakaan Populer Gramedia

Berlatar di Teluk Meksiko, Lelaki Tua dan Laut merupakan karya mengagumkan Hemingway yang berkisah tentang seorang nelayan tua, seorang anak lelaki, dan seekor ikan raksasa. Dalam jalinan cerita yang ketat, Hemingway memperlihatkan keindahan dan kesedihan yang unik dan tak lekang waktu seorang manusia berhadapan dengan ombak kehidupan. Buku ini mengantarkan Hemingway meraih Hadiah Pulitzer pada 1953. Setahun kemudian, pada 1954, Hemingway meraih hadiah Nobel di bidang kesusastraan atas jasanya melahirkan dan mengembangkan gaya baru dalam sastra modern.

Review: 
Buku ini sangat tipis dan sederhana. Isinya tentang seorang nelayan tua yang berusaha keras menangkap ikan besar setelah puluhan hari dia tidak menangkap satu ikan pun. 

Mungkin isi buku ini terkesan tidak penting. Berhalaman-halaman hanya membahas tentang detail kegiatan si nelayan dalam menunggu si ikan, membunuh si ikan, mengikat si ikan ke kapal, menghadapi para hiu, dan juga kembali ke pantai. Tapi apa yang saya dapat setelah membacanya adalah sebuah kehidupan. Bahwa hidup hanyalah sebuah rangkaian penantian, perjuangan, dan hari-hari yang sama. Terkadang bahkan setelah berusaha setengah mati pun, kita bisa saja tidak mendapatkan apa pun di akhir. Aneh sekali bagaimana sebuah kisah yang sederhana bisa membuat saya merasa semakin rendah hati dan berpikir positif terhadap hidup. 

Jadi, saya akhirnya mengerti kenapa buku ini membuat Hemingway mendapatkan hadiah Pulitzer. Sangat pantas.

4/5



No comments:

Post a Comment