Sunday, 30 September 2018

The Hero of Ages


Judul : The Hero of Ages (Mistborn #3)
Penulis : Brandon Sanderson
Tebal : 724 halaman
Penerbit : Tor Fantasy Books

Who is the Hero of Ages?

To end the Final Empire and restore freedom, Vin killed the Lord Ruler. But as a result, the Deepness--the lethal form of the ubiquitous mists--is back, along with increasingly heavy ashfalls and ever more powerful earthquakes. Humanity appears to be doomed.

Having escaped death at the climax of The Well of Ascension only by becoming a Mistborn himself, Emperor Elend Venture hopes to find clues left behind by the Lord Ruler that will allow him to save the world. Vin is consumed with guilt at having been tricked into releasing the mystic force known as Ruin from the Well. Ruin wants to end the world, and its near omniscience and ability to warp reality make stopping it seem impossible. She can't even discuss it with Elend lest Ruin learn their plans!


Review:
Ini adalah contoh seri yang direncanakan dengan sangat bagus. Kalau buku pertama tentang heist, buku kedua tentang cerita pengepungan, buku ketiga ini lebih ke arah misteri.

Satu tahun telah berlalu sejak konflik di buku kedua selesai. Elend yang kini adalah seorang Mistborn jauh lebih leluasa untuk mengalahkan setiap daerah di kerajaannya. Sudah tidak ada kerajaan yang bisa mengalahkan kombo Elend dan Vin. Mereka berdua terlalu kuat untuk bisa dikalahkan.

Tapi justru bukan kekuasaan yang perlu dikhawatirkan. Dengan hujan abu yang semakin pekat, semua tanaman mati dan cadangan makanan terancam habis. Belum lagi soal kabut yang kini menjadi berbahaya, membunuh banyak orang seperti wabah. Satu-satunya petunjuk yang bisa dikumpulkan oleh Elend adalah tempat-tempat rahasia yang dibangun oleh Lord Ruler.

Saya tidak akan menyebutkan lebih lanjut soal misterinya. Menurut saya, seri Mistborn sangat epik dalam segi perencanaan dan kreativitasnya. Semua hal kecil yang disebutkan di buku-buku sebelumnya akan dijelaskan di buku ini. Lengkap pokoknya. Saya sampai tercengang saat satu demi satu rahasia terbuka. Mulai dari asal-usul kaum Kandra, apa itu kabut yang selalu ada di sekitar mereka, bagaimana seorang Inquisitor diciptakan, dan kenapa Vin jauh lebih kuat dari Mistborn lainnya. Keren sumpah.

Warning: Spoiler!

Tapi saya punya ganjalan sedikit. Hero of Ages terlalu jelas hingga bisa ditebak sejak awal. Kalimat-kalimat di awal bab sangat khas Sazed, jadi saya langsung tahu. Lalu saya agak merasa si Spook terlalu enak sampai disembuhkan secara total dan dikabulkan keinginannya di akhir. Tapi saya mengerti kenapa dia yang dipilih. Lagipula dia cukup pintar dan berkharisma di buku ini.

Oh, saya agak kurang suka bagian Vin yang bersatu dengan kabut di akhir. Mungkin karena saya memang belum terbiasa membaca fantasi yang menceritakan dewa dan sesuatu di atas dewa. Saya lebih suka yang agak membumi. Sihir dan makhluk gaib sih tidak masalah. Tapi manusia menjadi dewa itu tidak masuk dalam selera saya.

Di luar semua kekurangan minor itu, seri Mistborn adalah seri yang fenomenal buat saya. Endingnya bagus. Bikin saya nangis, patah hati, dan juga lega. Sedihnya memuaskan. Tapi favorit saya tetap buku keduanya.

Saya akan baca buku-bukumu, Brandon Sanderson. Pasti! I'm really impressed.

Seri Mistborn Era 1:
1. The Final Empire
2. The Well of Ascension
3. The Hero of Ages

5/5

1 comment: