Thursday 3 January 2013

TBBR Pile of Fantasy Reading Challenge 2013



Kebetulan tahun lalu saya banyak sekali membaca buku fantasi. Biasanya saya cuma ikut satu reading challenge saja dari goodreads karena takut nggak sempat menyelesaikan target. Tapi tahun ini saya memberanikan diri ikut challenge lain yang diadakan oleh Maria dan Ally di blognya, yaitu tantangan membaca buku fantasi.

Untuk ketentuan mengikuti challenge ini, bisa dilihat di sini. Dijamin menarik karena ada hadiahnya, hehe...

Sebelum saya membuat daftar bacaan fantasi yang akan dibaca tahun ini, saya akan bercerita dulu soal pertemuan saya dengan genre ini. Sebenarnya sih saya dulu nggak suka sama fantasi. Saya dulu suka baca suspense, petualangan, dan cerita detektif. Favorit saya dulu adalah seri Lima Sekawan-nya Enid Blyton dan Conan. Oh, saya juga suka banget sama seri Putri Huan Zhu hahaha...

Bacaan fantasi pertama saya adalah Harry Potter. Dulu saya suka sekali sama seri karangan J.K. Rowling ini. Tapi walaupun begitu, saya tetap saja tidak tertarik membaca buku fantasi yang lain. Mungkin itu karena saya menganggap cerita fantasi itu nggak nyata dan kosong, tidak bisa ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. 

Dua tahun lalu saya memutuskan untuk membuat blog khusus buku. Di lingkungan teman-teman dan sekolah saya dulu tidak ada yang suka membaca seperti saya. Jadi, saya suka bingung kalau mau cerita heboh soal buku-buku yang saya baca. Jadi, saya bikin blog. Khusus untuk curhat, marah-marah, ngomel, memuji buku-buku yang sudah saya baca. Dan tiba-tiba saya tergabung dalam BBI, kelompok blogger buku Indonesia. Saya sih nggak sadar soal keberadaan organisasi itu. Tahu-tahu sudah ada di daftar BBI. Sejak saat itu, saya mulai serius bikin review buku dan bukan sekedar komentar-komentar nggak jelas, hehe...

Menjadi anggota BBI itu membuat saya bikin banyak "dosa". Dosa beli buku yang tak terbendung. Sebentar lihat review, tertarik, dan langsung pesan bukunya. Akhirnya saya jadi terbuka terhadap segala macam genre. Segala dilahap, termasuk fantasi yang tadinya tidak terlalu saya suka. Eh, ternyata... saya malah jadi kepincut sama genre ini. Apalagi kalau pengarangnya pintar membuat deskripsi dunianya yang aneh. Keren banget pokoknya.

Ya, sudah dulu cerewetnya... Sekarang saya mau bikin daftar buku fantasi yang bakal dibaca tahun ini. Daftarnya bisa diubah sewaktu-waktu.

1.  City of Bones (The Mortal Instruments #1) by Cassandra Clare
2.  City of Ashes (The Mortal Instruments #2) by Cassandra Clare
3.  City of Glass (The Mortal Instruments #3) by Cassandra Clare
4.  City of Fallen Angels (The Mortal Instruments #4) by Cassandra Clare
5.  City of Lost Souls (The Mortal Instruments #5) by Cassandra Clare
6.  Divergent (Divergent #1) by Veronica Roth
7.  Insurgent (Divergent #2) by Veronica Roth
8.  Finale (Hush, Hush #4) by Becca Fitzpatrick
9.  Cloud Atlas by David Mitchell
10. Mantra Die Irae by Clara Ng
11. The Lightning Thief (Percy Jackson and The Olympians #1) by Rick Riordan
12. The Sea of Monsters (Percy Jackson and The Olympians #2) by Rick Riordan
13. The Titan's Curse (Percy Jackson and The Olympians #3) by Rick Riordan
14. The Battle of The Labyrinth (Percy Jackson and The Olympians #4) by Rick Riordan
15. Delirium (Delirium #1) by Lauren Oliver
16. Pandemonium (Delirium #2) by Lauren Oliver
17. Fantasy Fiesta 2011

Additional Challenge:
1.  Indo fantasy : Lapis Lazuli by Fenny Wong
2.  Award Winners : Heaven's Net Is Wide by Lian Hearn
3.  Mythology : The Last Olympian (Percy Jackson and The Olympians #5) by Rick Riordan
4.  Film Adaptation : The Host by Stephenie Meyer
5.  High Fantasy : Stardust by Neil Gaiman

Banyak amat =.= Semoga saja bisa selesai, soalnya kalau nggak dipaksa... Timbunan akan terus menumpuk, hehe...

No comments:

Post a Comment